Suara Serak – Definisi dan Penyakit Terkait

Selamat datang di www.konsulgratis.com. Balik lagi bersama saya Nurul Syahraini yang telah menyiapkan informasi terbaru untuk edisi kali ini.

Pembahasan kali ini mengenai suatu kondisi yang sering dialami oleh siapa saja, yaitu Suara Serak.

Suara Serak – Definisi dan Penyakit Terkait

Suara serak merupakan salah satu gejala yang ditandai degan perubahan pada suara dan bisa terjadi karena adanya masalah pada pita suara. Perubahan suara tersebut, bisa berupa suara lemah, parau, atau berat.

Suara menghasilkan getaran pita suara yang terdiri dari 2 cabang jaringan otot berbentuk huruf V. Vita suara ini berada pada laring, yaitu antara trakea dan antara dasar lidah.

Ketika berbicara, pita suara akan menyatu dan terdapat aliran udara dari paru-paru sehingga membuat pita suara bergetar.

Getaran tersebut kemudian menghasilkan gelombang suara yang melewati mulut, hidung, dan tenggorokan, sebagai resonansi yang merubah gelombang suara menjadi bunyi.

Kualitas bunyi suara yang keluar ditentukan dengan bentuk pita dan ukurannya. Perbedaan suara juga bergantung pada besarnya tekanan pada pita suara.

Terdapat banyak sekali kondisi yang bisa mengakibatkan suara serak ini, namun sebagian besar kasus terjadi akibat peradangan laring yang disebut dengan laringitis.

Meskipun bukankah suatu kondisi darurat, namun kondisi suara serak bisa berkaitan dengan kondisi yang lebih serius lainnya.

Gejala Suara Serak

Biasanya, suara serak ditandai dengan kondisi suara yang pecah atau kasar. Serta juga ditandai dengan perubahan volume atau nada suara.

Selain itu, suara serak juga kerap ditandai dengan kesulitan untuk mengeluarkan suara saat hendak berbicara.

Disamping itu, gejala lainnya juga bisa terasa meliputi tenggorokan yang mungkin saja terasa sakit, sensasi rasa terbakar dan perih, atau terasa gatal.

Penyakit Terkait Kondisi Suara Serak

Kemunculan suara serak bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi. Selain karena laringitis, beberapa kondisi lain yang menjadi penyebab suara serak meliputi :

Asam Lambung

Akibat kondisi naiknya kadar asam di dalam lambung menuju tenggorokan, bisa memungkinkan penderita mengalami suara parau.

Alergi

Alergi merupakan sebuah reaksi tubuh atau respon dari sistem imun terhadap zat asing yang biasanya tidak membahayakan.

Gangguan Tiroid

Kelenjar tidoid merupakan kelenjar kecil di area leher yang berguna pada hampir semua proses di dalam tubuh. Selain umumnya menimbulkan kesulitan menelan, kondisi ini juga menimbulkan beberapa gejala lainnya.

Cedera Pita Suara

Kondisi ini meliputi pendarahan akibat peradangan pada laring atau kotak suara. Pendarahan pita suara dapat menimbulkan hilangnya suara secara mendadak setelah berteriak atau latihan suara yang berat.

Hal ini bisa terjadi akibat robeknya salah satu pembuluh darah pada permukaan pita suara, sehingga jaringan lunak pada pita suara malah terisi oleh darah.

Batuk Rejan

Batuk rejan kerap kali menimbulkan gejala radang tenggorokan. Gejala batuk rejan juga kadang ada  ataupun lebih keras. Disamping itu, batuk rejan juga kerap memengaruhi suara menjadi serak.

Adanya Nodul dan Polip Pita Suara

Nodul pita suara merupakan pertumbuhan abnormal yang tak wajar pada kedua bagian pita suara, karena terlalu berlebihan dalam menggunakan suara.

Lama kelamaan, kondisi tersebut bisa memunculkan nodul yang membengkak dan lunak pada kedua bagian pita suara.

Nodul ini bisa terus membesar dan bahkan mengeras terus menerus jika Anda terus menerus menggunakan suara dengan berlebihan.

Sedangkan untuk polip bentuknya bisa bermacam-macam. Terkadang disebabkan karena penderita terlalu berlebihan dalam menggunakan suara yang muncul pada satu atau kedua pita suara.

Bentuknya memang mirip dengan nodul, yaitu seperti cabang tanaman yag tumbuh keluar, atau seperti lepuhan yang terisi oleh cairan.

Demikianlah pada artikel kali ini mengenai kondisi Suara Serak – Definisi dan Penyakit Terkait. Semoga berguna dan bermanfaat.

Sumber

    https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/penyebab-dan-mengobati-suara-serak/

    https://www.medicinenet.com/12_causes_of_respiratory_infections_slideshow/article.htm

    https://www.alodokter.com/suara-serak.html

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P