Penyakit Psoriasis – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Pernah mendengar tentang Penyakit  Psoriasis?

Mungkin bagi sebagian orang, Penyakit  Psoriasis memang terdengar asing.

Meski demikian, kita tidak boleh menganggap remeh penyakit ini.

Dan untuk mengetahui apa itu Penyakit Psoriasis – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya jika tidak diobati

Simak ulasan selengkapnya berikut ini..

Penyakit Psoriasis – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Apa itu penyakit Psoriasis?

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun. Penyakit ini umumnya yang ditandai dengan ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik.

Peradangan dan kemerahan di area sekitar timbangan cukup umum terjadi. Sisik psoriatik khas berwarna keputihan perak dan berkembang dalam bercak merah tebal. Terkadang, tambalan tersebut juga akan retak dan berdarah.

Psoriasis adalah hasil dari proses produksi kulit yang dipercepat. Biasanya, sel-sel kulit tumbuh jauh di dalam kulit dan perlahan-lahan naik hingga ke permukaan.

Sehingga pada akhirnya, mereka jatuh. Siklus hidup khas sel kulit umumnya adalah satu bulan. Pada orang dengan psoriasis, proses produksi itu dapat terjadi hanya dalam beberapa hari.

Karena itu, sel-sel kulit tidak memiliki waktu untuk lepas. Produksi berlebih yang cepat ini menyebabkan penumpukan sel-sel kulit.

Psoriasis biasanya berkembang pada persendian, seperti siku dan lutut. Mereka bisa berkembang di mana saja pada tubuh, termasuk:

Jenis psoriasis kurang umum mempengaruhi kuku, mulut, dan area sekitar alat kelamin.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), sekitar 7,5 juta orang Amerika menderita psoriasis.

Biasanya hal itu dikaitkan dengan beberapa kondisi lain, termasuk:

Jenis-jenis penyakit Psoriasis

Ada lima jenis psoriasis diantaranya:

  1. Psoriasis plak

Psoriasis plak merupakan jenis psoriasis yang paling umum terjadi. AAD memperkirakan bahwa sekitar 80 persen orang dengan kondisi ini memiliki psoriasis plak.

Kondisi tersebut menyebabkan timbulnya bercak merah dan meradang yang menutupi area kulit.

Tambalan ini sering ditutupi dengan sisik atau plak keputihan perak. Dimana plak ini umumnya ditemukan pada bagian siku, lutut, dan kulit kepala.

  1. Psoriasis guttate

Psoriasis guttate sering terjadi pada kalangan anak-anak. Jenis psoriasis ini menyebabkan timbulnya bintik-bintik merah muda kecil.

Situs yang paling umum untuk psoriasis guttate termasuk diantaranya batang tubuh, lengan, dan kaki. Jenis bintik-bintik ini jarang menebal atau meninggi seperti psoriasis plak.

  1. Psoriasis pustular

Psoriasis pustular lebih sering terjadi pada kalangan orang dewasa. Ini menyebabkan lepuh berwarna putih yang berisi nanah dan area yang luas dari kulit yang meradang.

Psoriasis pustular biasa terlokalisasi pada area tubuh yang lebih kecil, seperti tangan atau kaki, namun juga bisa meluas.

  1. Psoriasis terbalik

Psoriasis terbalik menyebabkan area kulit merah, mengkilap, dan meradang. Bercak-bercak psoriasis terbalik berkembang di area bawah ketiak atau payudara, di selangkangan, atau di area sekitar lipatan kulit di alat kelamin.

  1. Psoriasis eritrodermik

Erythrodermic psoriasis merupakan jenis psoriasis yang parah dan sangat langka terjadi.

Bentuk psoriasis ini sering menutupi sebagian besar tubuh sekaligus. Kulit hampir tampak terbakar oleh matahari.

Sisik yang berkembang sering mengelupas pada sebagian besar atau lembaran kulit. Tidak jarang seseorang dengan jenis psoriasis eritrodermik mengalami demam atau mengalami sakit.

Jenis psoriasis ini bisa mengancam jiwa, sehingga individu perlu segera mengunjungi dokter.

Apa yang menyebabkan penyakit Psoriasis?

Dokter tidak mengetahui jelas tentang apa yang menyebabkan penyakit Psoriasis.

Tapi, berkat penelitian yang dilakukan selama beberapa dekade, mereka memiliki gagasan umum tentang dua faktor utama penyebab penyakit Psoriasis yaitu:

  • Faktor Genetika

Beberapa orang mewarisi gen yang membuatnya lebih mungkin untuk mengembangkan psoriasis.

Jika Anda mempunyai anggota keluarga yang memiliki gangguang langsung dengan kondisi kulit, maka risiko Anda untuk mengembangkan psoriasis lebih tinggi.

Akan tetapi, persentase orang yang memiliki psoriasis dan kecenderungan genetik kecil.

Sekitar 2 hingga 3 persen orang dengan gen mengembangkan kondisi ini, menurut National Psoriasis Foundation.

  • Sistem kekebalan

Psoriasis merupakan kondisi autoimun. Kondisi autoimun adalah hasil dari serangan tubuh itu sendiri.

Dalam kasus psoriasis, sel darah putih yang dikenal sebagai sel T menjadi keliru sehingga menyerang sel kulit.

Dalam tubuh yang khas, sel darah putih dikerahkan untuk menyerang dan menghancurkan bakteri yang menyerang dan melawan infeksi.

Serangan yang keliru ini menyebabkan proses produksi sel kulit mengalami overdrive.

Produksi sel kulit yang dipercepat menyebabkan sel-sel kulit baru berkembang terlalu cepat. Mereka didorong ke permukaan kulit, tempat mereka menumpuk.

Dimana hal ini menghasilkan plak yang paling sering dikaitkan dengan psoriasis. Serangan pada sel-sel kulit juga menyebabkan area kulit yang meradang merah.

Apa gejala penyakit Psoriasis?

Gejala psoriasis dari orang ke orang berbeda dan tergantung pada jenis psoriasis yang dialami.

Area psoriasis bisa sekecil beberapa serpihan pada kulit kepala atau siku, atau bahkan bisa menutupi sebagian besar tubuh.

Gejala psoriasis plak yang paling umum meliputi:

  1. Bercak merah, terangkat, kulit meradang
  2. Sisik putih perak atau plak di tambalan merah
  3. Kulit kering yang mungkin pecah dan berdarah
  4. Rasa sakit di area sekitar tambalan
  5. Sensasi gatal dan terbakar di sekitar bercak
  6. Kuku tebal dan diadu
  7. Rasa menyakitkan pada sendi dan bengkak

Tidak setiap orang akan mengalami semua gejala ini. Beberapa orang akan mengalami gejala yang sama sekali berbeda jika mereka memiliki jenis psoriasis yang kurang umum.

Kebanyakan orang dengan psoriasis mengalami “siklus” gejala. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala parah selama beberapa hari atau minggu, dan kemudian gejalanya mungkin hilang dan hampir tidak terlihat.

Kemudian, dalam beberapa minggu atau jika diperburuk oleh pemicu psoriasis yang umum, kondisinya mungkin kembali meningkat. Terkadang, gejala psoriasis hilang sepenuhnya.

Bahaya penyakit Psoriasis

Jika Anda menderita penyakit Psoriasis, Anda berisiko lebih besar untuk terkena penyakit tertentu termasuk:

Artritis psoriatik – Komplikasi psoriasis ini bisa menyebabkan kerusakan persendian dan hilangnya fungsi pada beberapa persendian, yang bisa melemahkan.

  • Kondisi mata – Gangguan mata tertentu juga bisa terjadi akibat psoriasis, seperti konjungtivitis, blepharitis dan uveitis.
  • Obesitas atau Kegemukan – Orang dengan psoriasis, terutama mereka yang memiliki penyakit yang lebih parah, lebih cenderung untuk mengalami obesitas.
  • Diabetes tipe 2 – Risiko diabetes tipe 2 meningkat pada orang dengan riwayat penyakit psoriasis.
  • Tekanan darah tinggi – Peluang mempunyai tekanan darah tinggi juga lebih tinggi untuk orang dengan psoriasis.
  • Penyakit kardiovaskular – Untuk orang-orang dengan psoriasis, risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular dua kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak menderita penyakit tersebut.
  • Sindrom metabolik – Kelompok kondisi ini termasuk diantaranya: tekanan darah tinggi, kadar insulin tinggi dan kadar kolesterol abnormal yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • Penyakit autoimun lainnya – Seperti: penyakit seliaka, sklerosis, dan penyakit radang usus yang disebut penyakit Crohn.
  • Penyakit Parkinson – Kondisi neurologis kronis ini lebih cenderung terjadi pada orang dengan riwayat penyakit psoriasis.
  • Penyakit ginjal – Psoriasis sedang sampai parah telah dikaitkan dengan risiko untuk terkena penyakit ginjal yang lebih tinggi.
  • Masalah emosional – Psoriasis juga bisa memengaruhi kualitas hidup, sebab psoriasis dikaitkan dengan rendahnya harga diri dan depresi.

Setelah mengetahui beberapa bahaya penyakit Psoriasis, Anda disarankan untuk selalu menjaga kesehatan diri dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

Sumber

    https://www.healthline.com/health/psoriasis#is-psoriasis-contagious

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/psoriasis/symptoms-causes/syc-20355840

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P