Penyakit Diabetes Melitus – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Apa Kabar Sobat Semuanya ??? Bertemu lagi dengan kami tim Konsulgratis.com. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel seputar Penyakit Diabetes Mellitus – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya.

Bagi Anda yang penasaran, yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Penyakit Diabetes Melitus - Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Diabetes mellitus merupakan suatu kondisi yang diartikan oleh kadar gula atau glukosa yang terus-menerus tinggi di dalam darah.

Terdapat beberapa jenis dari diabetes ini yang umum terjadi yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Selama dalam proses pencernaan, makanan akan dipecah menjadi komponen pada dasarnya. Karbohidrat akan dipecah menjadi gula sederhana, terlebih glukosa.

Glukosa adalah salah sumber energi yang sangat diperlukan bagi sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Untuk membantu memberikan energi menuju ke sel, glukosa ini harus meninggalkan aliran darah dan kemudian masuk ke dalam sel.

Sebuah organ yang terdapat di dalam perut yang disebut dengan pankreas akan menghasilkan hormon yang disebut dengan insulin.

Dimana hasil dari pankreas tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu glukosa agar bisa maduk ke dalam sel-sel dalam tubuh.

Pada kondisi orang tanpa seseorang tanpa diabetes, pankreas ini akan memproduksi lebih banyak insulin saat kadar glukosa darah meningkat misalnya saat sesudah makan.

Kemudian insulin tersebut akan memberi sinyal sel-sel tubuh untuk membantu mengambil glukosa.

Sedangkan pada penderita diabetes, kemampuan pankreas untuk membantu memproduksi insulin mauoun respon sel terhadap insulin akan diubah.

Diabetes mellitus ini mengacu pada sekumpulan penyakit yang biasa mempengaruhi bagaimana tubuh Anda dalam menggunakan gula darah atau glukosa.

Dimana glukosa ini sangat berperan penting untuk kesehatan. Sebab merupakan sumber energi penting untuk sel-sel yang membentuk otot dan jaringan.

Penyebab Penyakit Diabates

Penyebab penyakit diabetes yang mendasari sangat bervariasi menurut jenisnya. Namun, apa pun jenis dari diabetes yang Anda alami, itu bisa mengakibatkan kelebihan gula di dalam darah, dan terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius.

Kondisi diabetes tipe 1 dan tipe 2 temasuk ke dalam kondisi kronis. Berikut ulasan selengkapnya mengenai penyebab diabetes.

Penyebab diabetes tipe 1

Penyebab diabetes tipe 1 memang tidak diketahui secara pasti. Namun penyebab diabetes tipe 1 yang diketahui adalah :

Jika sistem kekebalan tubuh yang biasa berperan untuk melawan bakteri atau virus berbahaya, menyerang serta menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin di dalam pankreas.

Sehingga jumlah insulin yang dihasilkan menjadi sedikit bahkan tanpa insulin sama sekali. Sehingga alih-alih diangkut ke dalam sel-sel, dan gula mengalami peumpukan di aliran darah.

Diabetes tipe 1 ini diduga disebabkan oleh kombinasi antara kerentanan genetik dan faktor lingkungan.

Walaupun faktanya faktor-faktor itu masih belum jelas. Dan faktor berat badan tidak diyakini sebagai salah satu faktor penyebab dalam diabetes tipe 1.

Penyebab diabetes tipe 2

Penyebab diabetes tipe 2 terjadi akibat sel-sel Anda menjadi resisten terhadap aksi insulin, dan pankreas tidak bisa membuat insulin yang cukup untuk mengatasi resistensi.

Sehingga terjadi alih-alih pindah ke sel yang berada di tempat yang perlukan untuk energi, dan gula menjadi menumpuk di dalam aliran darah.

Persis mengapa hal ini terjadi tidak pasti, walaupun diyakini jika faktor genetik dan lingkungan ini memainkan peran dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Faktor kelebihan berat badan atau obesitas sangat terkait dengan perkembangan diabetes tipe 2 ini. Namun tidak semua orang dengan tipe 2 disebabkan akibat kelebihan berat badan.

Penyebab diabetes gestasional

Selama proses kehamilan, plasenta akan menghasilkan hormon untuk membantu mempertahankan kehamilan. Dimana hormon-hormon tersebut akan membuat sel-sel lebih tahan terhadap insulin.

Biasanya pankreas akan merespons dengan memproduksi cukup insulin ekstra untuk membantu mengatasi resistensi. Namun terkadang pankreas juga tidak dapat mengikuti.

Pada saat hal itu terjadi, glukosa yang masuk ke sel-sel menjadi terlalu sedikit sehingga banyak tinggal di dalam darah, dan mengakibatkan terjaidnya diabetes gestasional.

Gejala Penyakit Diabates

Pada awalnya penyakit diabetes ini mungkin tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun terkadang juga dapat diperoleh gejala lebih awal dengan cara melakukan tes darah urin.

Berikut merupakan gejala diabetes yang umum terjadi :

  1. Sering buar air kecil secara berlebihan
  2. Timbul rasa haus yang juga berlebihan sehingga menyebabkan seseorang perlu banyak minum cairan
  3. Berat badan menurun secara tiba-tiba
  4. Rentan terkena infeksi terutama pada infeksi ragi atau candida

Pada saat jumlah insulin yang terdapat di dalam darah terlalu rendah, sedangkan kadar gula menjadi sangat tinggi. Maka hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya beberapa komplikasi berbahaya bagi kesehatan.

Tubuh bisa menjadi terlalu asam yang bisa disebut dengan Ketoasidosis Diabetik. Selain itu juga bisa terjadi peningkatan gula darah menjadi sangat tinggi.

Sehingga membuat penderitanya menjadi mengalami dehidrasi berat yang biasa disebut dengan Sindrom Hiperosmolar.

Gejala atau tanda yang berasal dari komplikasi tersebut termasuk ke dalalm pemikiran yang membingungkan, yang bisa menimbulkan rasa kelemahan, mual, muntah, bahkan kejang dan koma.

Dalam kejadian beberapa kasus, ketoasidosis diabetik atupun sindrom hiperosmolar merupakan suatu tanda pertama jika seseorang telah menderita diabetes.

Perawatan penyakit diabetes juga dapat menghasilkan gejala bagi penderitanya. Terlalu mengkonsumsi banyak obat-obatan untuk penurun glukosa, relatif akan berpengaruh terhadap asupan makanan sehari-hari.

Sehingga bisa mengakibatkan kadar gula darah menjadi turun dan terlalu rendah yang biasa disebut juga dengan hipoglikemia.

Gejala dari hipoglikemia antara lain:

  1. Berkeringat
  2. Gemetaran
  3. Pusing
  4. Kelaparan
  5. Kebingungan
  6. Kejang
  7. dan kehilangan kesadaran

Bahaya Penyakait Diabetes

Akibat penyakit diabetes yang tidak dilakukan pengobatan dengan cepat dan tepat tentu akan menimbulkan terjadinya komplikasi yang akan berkembang secara bertahap.

Semakin lama Anda mengalami diabetes dan gula darah yang kurang terkontrol, maka semakin tinggi juga risiko untuk terjadi komplikasi.

Sehingga pada akhirnya, komplikasi diabetes pun mungkin akan melumpuhkan atau bahkan akan mengancam jiwa penderitanya.

Berikut ini adalah beberapa komplikasi yang terjadi akibat diabetes:

  1. Penyakit kardiovaskular termasuk: penyakit Angina, serangan jantung, stroke dan penyempitan arteri (aterosklerosis).
  2. Kerusakan saraf (Neuropati) termasuk: neuropati perifer, yang mempengaruhi pada saraf di kaki dan tangan.
  3. Kerusakan ginjal (Nefropati). Kondisi ini mengacu pada kerusakan yang terjadi pada ginjal.
  4. Kerusakan mata (Retinopathy) seperti katarak dan glaukoma.
  5. Kerusakan kaki yang meningkatkan risiko terjadi berbagai komplikasi kaki.
  6. Penumpukan lemak di dinding arteri (Aterosklerosis).
  7. Kondisi kulit termasuk infeksi bakteri dan jamur.
  8. Gangguan pada pendengaran.
  9. Penyakit Alzheimer.

Itulah sedikit ulasan mengenai Penyakit Diabetes Melitus, terimakasih telah berkunjung di situs kami semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.

Dan jika ada pertanyaan sekitar artikel diatas, silahkan Anda bisa mengisi kolom komentar yang ada di bawah situs.

Sumber

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/symptoms-causes/syc-20371444

    https://www.drugs.com/health-guide/diabetes-mellitus.html

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P