Pantangan dan Makanan Sehat Penderita Batuk

Hallo selamat datang di situs KonsulGratis.Com.

Pada kesempatan yang masih diberikan umur yang panjang, kali ini tim kami akan membahas tentang Pantangan dan Makanan Sehat Penderita Batuk

Pantangan dan Makanan Sehat Penderita Batuk

Sekilas tentang batuk

Batuk merupakan tindakan refleks umum yang berperan dalam membersihkan tenggorokan dari lendir ataupun iritasi benda asing.

Meskipun, kemunculannya batuk ini tergolong kedalam suatu penyakit yang jarang terjadi. Akan tetapi, ketika batuk sudah berlangsung kurang dari tiga minggu, maka dapat disebut batuk akut.

Sedangkan, batuk yang berangsur antara 3 dan 8 minggu kemudian membaik pada akhir periode tersebut. Maka dapat disebut sebagai batuk sub-akut.

Sebagian besar, penyakit batuk ini akan mengalami kesembuhan yang tidak harus melakukan pengobatan.

Namun, jika batuk yang sedang anda derita terus saja kambuh dalam kurun waktu satu bulan. Maka hal pertama yang harus anda lakukan ialah, segeralah lakukan penangan dan perawatan secepat mungkin.

Tapi apakah anda tahu bahwa, penyebab batuk tersebut bisa di sebabkan dari diri kita sendiri. Pasalnya, sering kali kita mengalami batuk ini di akibatkan dari pola hidup yang tidak sehat dan tidak menjaga pola makan.

Sehingga, ketika anda pergi ke dokter sering kali dokter menyarankan untuk mengosumsi makanan apa saja. Namun, kita hampir tidak memperhatikan makanan apa saja yang sudah disarankan dokter.

Oleh sebab itu, untuk mempersingkat waktu dalam proses penyembuhan. Disini ada beberapa daftar makanan yang harus anda hindari dan konsumsi sebaik mungkin.

Pantangan Makanan Penderita Batuk

  • Jus

Pantangan dan Makanan Sehat Penderita Batuk

Menurut para ahli kesehatan, seseorang yang sedang mengalami batuk sebaiknya harus menghindari berbagai macam minuman jus.

Sebab, didalam minuman jus ini mempunyai kadar gula tinggi yang dapat mengurangi kapasitas sel darah putih dalam mengatasi penyakit.

Selain itu, asam dalam jus juga dapat mengiritasi tenggorokan anda yang membuat anda akan mengalami radang tenggorokan.

Baja Juga : Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Radang Tenggorokan

  • Kentang goreng

Pantangan dan Makanan Sehat Penderita Batuk

Mungkin kita semua tahu bahwa, semua cemilan yang digoreng tidaklah sehat. Oleh sebab itu, selama anda sedang mengalami batuk sebaiknya hindari semua makanan yang di goreng ataupun di proses.

Karena, makanan tersebut dapat mengakibatkan peradangan yang sewaktu-waktu akan membuat daya tahan tubuh anda menjadi lemah.

  • Makanan cepat saji

Pantangan dan Makanan Sehat Penderita Batuk

Seperti yang telah kita ketahui bahwa, makanan cepat saji ini tergolong kedalam jenis makanan yang tidak mempunyai nilai gizi sehat.

Sehingga, untuk menghindari beberapa bahaya ketika anda sedang batuk, sebaiknya jadikanlah makanan ini sebagai daftar makanan yang harus anda hindari.

Hal ini dibuktikan karena, makanan tersebut tidak akan melakukan apapun untuk meningkatkan daya tahan tubuh, malah makanan tersebut akan membuat pencernaan anda menjadi terlambat.

  • Kafein

Kafein merupakan salah satu minuman yang dapat membuat batuk anda menjadi lebih kronis.

Untuk itu, apabila anda saat ini mempunyai kebiasaan sering mengosumsi alkohol lalu sedang batuk, sebaiknya hindarilah minuman jenis ini guna untuk mempercepat proses penyembuhan.

Makanan Sehat Penderita Batuk

  • Air putih

Ketika anda mulai terserang batuk, maka anda sebaiknya harus banyak mengosumsi air putih.

Karena, hanya dengan rajin mengosumsi air putih saja, lendir yang terdapat pada tengorokan anda akan mulai pudar dan mengencer.

Oleh sebab itu, konsumsilah air putih dalam sehari minimal 8 gelas supaya tubuh anda tetap sehat dan mencegah tenggorokan agar tidak kering.

  • Kaldu

Kaldu tulang ternyata mampu dalam mengurangi kadar lendir di saluran pernafasan, meningkatkan detoksifikasi, menenangkan semua otot-otot dan meningkatkan daya imun tubuh.

Terlebih lagi, ketika anda sedang terserang batuk, sebaiknya cobalah untuk mengosumsi sup dengan berpaduan kaldu hangat.

Anda bisa memanfaatkan kaldu ini dalam beraneka macam sayuran, yang kaya akan vitamin dan mineral.

  • Teh jahe

Mengosumsi teh jahe ketika anda sedang batuk, nyatanya dapat mampu sekali dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Dimana jahe ini mempunyai sifat antibakteri dan anti jamur yang dapat menangkal radikal-radikal jahat penyebab batuk.

Adapun juga, efek mengosumsi teh jahe juga dapat membuat tenggorokan anda menjadi lebih tenang dan rileks.

  • Makanan probiotik

Satu-satunya efek samping dari kekurangan probiotik ialah terserangnya penyakit batuk. Makanan pribiotik ini mempunyai peran penting dalam mendukung kekebalan tubuh dan meredakan batuk.

Anda bisa temukan makanan probiotik ini dalam cuka sari apel, kombucha, yogurt dan miso. Jadi, ketika tubuh anda sedang kekurangan probiotik sebaiknya konsumsilah makanan tersebut.

  • Makanan yang mengandung vitamin C

Sering diabaikan, ternyata makanan ini dapat membantu dalam mendukung proses penyembuhan penyakit yang sedang anda derita saat ini.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa, semua makanan yang didalamnya mengandung vitamin C ini sangat bermanfaat sekali sebagai antioksidan dalam membasmi kuman dan bakteri penyebab batuk.

Anda bisa dapatkan makanan ini dalam buah-buahan seperti jeruk, lemon, tomat, pepaya dan strawberry.

Itulah beberapa Pantangan dan Makanan Sehat Penderita Batuk yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu.

Sumber

    https://food.detik.com/info-sehat/d-4036102/sedang-terserang-batuk-coba-redakan-dengan-7-makanan-enak-ini

    https://recipes.timesofindia.com/articles/health/6-types-of-foods-you-should-never-eat-during-cough-amp-cold/fast-food/photostory/61219409.cms

    https://www.healthline.com/symptom/cough

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P