Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Radang Usus

Hallo bertemu kembali di situs KonsulGratis.com

Pada kesempatan yang berbahagia ini, tim kami akan selalu menginformasikan tentang dunia makanan untuk radang usus yang bertema ” Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Radang Usus “.

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Radang Usus

Radang usus merupakan suatu kondisi ketika organ usus sedang mengalami inflamasi ataupun peradangan.

Datangnya penyakit ini, sering kali di kaitkan untuk menjelaskan dua jenis penyakit seperti kolitis ulseratif dan penyakit crhon.

Dimana kedua kondisi seperti ini, dapat di sebabkan oleh peradangan kronis pada bagian gas trointestinal.

Adapun juga, tampaknya ada dua masalah lain yang dapat di kaitkan dengan radang usus, yaitu kolitis collagenus dan kolitis limfosistik.

Sehingga, ketika kedua kondisi tersebut dapat dipadukan. Maka dapat dikenal dengan istilah kolitis mikroskopik.

Tak hanya itu saja, gejala yang dapat memunculkan terjadinya penyakit radang usus biasanya akan tumbuh dan menghilang selama beberapa waktu dengan sesuai tingkat keparahannya suatu gejala.

Akan tetapi, kebanyakan orang-orang yang menderita penyakit ini dapat mengalami rasa sakit pada bagian perut dengan disertai nafsu makan yang berkurang.

Nah bagi anda yang sedang menderita radang usus sebaiknya jangan berpikir yang aneh-aneh dulu.

Karena, hal seperti ini dapat segera di sembuhkan apabila penderitanya mendapatkan asupan makanan yang sehat  dan menghindari beberapa makanan penyebab radang usus supaya dapat mendukung dalam proses penyembuhan.

Namun, untuk lebih lengkapnya lagi berikut merupakan ada beberapa daftar makanan yang harus anda hindari sebaik mungkin.

Pantangan Makanan Penderita Radang Usus

  • Mie instan

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Radang Usus

Mie instan ialah makanan pertama yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit radang usus.

Sebab, didalam mie instan mengandung zat yang dapat merusakan pencernaan. Umumnya, kondisi seperti ini akan muncul apabila anda sering mengosumsi mie instan secara terus menerus.

Akan tetapi, apabila anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka sebaiknya hindarilah makanan tersebut sebaik mungkin.

  • Olahan susu

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Radang Usus

Sering mengosumsi produk yang terbuat dari olahan susu seperti es krim, keju dan yoghurt.

Ternyata semua makanan yang di olah dengan memanfaatkan bahan tersebut, didalamnya mengandung laktosa yang mampu dalam menimbulkan peningkatan gas, sembelit, pencernaan menjadi terganggu dan pembesarannya penyakit radang usus.

Akan tetapi, jika anda ingin mengosumsinya imbangilah makanan tersebut dengan memperbanyak minum air putih.

  • Kacang-kacangan

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Radang Usus

Seperti yang telah kita ketahui bahwa, kacang-kacangan ini mengandung nutrisi. Tapi, mereka juga kaya akan lemak dan protein yang dapat memperburuk terhadap organ pencernaan anda.

Dimana, struktur kacang-kacangan yang keras ini, akan kesulitan untuk dicerna yang sewaktu-waktu akan menyebabkan iritasi pada perut.

  • Pisang muda

Pisang ketika akan dimasak, memang sangat baik sekali untuk pencernaan. Akan tetapi, apabila anda mengosumsi pisang muda ketika sedang radang usus, maka dapat mengakibatkan konstipasi dan juga dapat menjadi ke parahan terhadap radang usus.

Hal ini dibuktikan karena, pisang yang belum di masak didalamnya mengandung banyak zat tepung yang sangat sulit untuk di cerna.

Selain itu, pisang muda juga mengandung pektin yang mampu menyerap air dari dalam saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan sembelit dan menimbulkan efek pada radang usus.

Oleh karena itu, untuk menghindari beberapa masalah yang membuat kondisi organ usus anda menjadi buruk. Maka dari itu, jadikanlah daftar makanan ini sebagai bahan daftar makanan yang harus di hindairi.

  • Daging merah

Daging merah mengandung lemak dan zat besi yang sangat tinggi, dimana kedua kandungan tersebut membuat makanan akan kesulitan untuk dicerna oleh usus.

Untuk itu, jika anda mempunyai kebiasaan sering mengosumsi daging setiap harinya.

Alangkah baiknya, hindari makanan tersebut. Sebab, jika dibiarkan dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan pada usus.

  • Kafein dan alkohol

Apabila anda ingin segera sembuh dari penyakit yang sedang diderita, sebaiknya kedua zat ini harus anda jauhi sebaik mungkin.

Sebab, selain dapat memperburuk terhadap penyakit ternyata minuman ini juga dapat melemahkan dinding usus.

Anjuran Makanan Penderita Radang Usus

  • Mengosumsi makanan serat

Ketika anda sedang didiagnosis menderita radang usus, maka sebaiknya konsumsilah semua makanan yang didalamnya mengandung kaya akan serat.

Karena, makanan yang mengandung banyak serat ini mampu menenangkan sistem pencernaan.

  • Perbanyak mengosumsi air putih

Terkadang, ketika kita melihat pasien yang menderita diare akibat radang usus. Maka mengosumsi air putih merupakan salah satu cara yang sangat penting.

Terlebih lagi, bagi anda yang sedang menderita radang usus. Maka mengosumsi air putih juga solusi cara yang bisa membantu anda dalam mengobati radang usus.

  • Terapkan pola diet sehat dan seimbang

Melakukan diet sehat dan seimbang, memang dapat memberikan banyak manfaat positif bagi pencernaan anda.

Salah satunya ialah untuk menghindari anda supaya tidak terserang penyakit radang usus.

Karena, datangnya penyakit rata-rata dapat timbul dari pola makan yang salah ataupun mengosumsi makanan yang tidak sehat.

Oleh karena itu, jika anda ingin terhindari dari beberapa penyakit seperti penyakit radang usus ini. Sebaiknya, perhatikanlah asupan makanan sehat dan bergizi.

Itulah beberapa informasi tentang Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Radang Usus . Sekian dan kami ucapkan terimakasih kepada anda yang sudah berkunjung di situs kami ini.

Sumber

    https://www.alodokter.com/radang-usus

    https://www.merdeka.com/sehat/atasi-penyakit-radang-usus-dengan-6-tips-sehat-ini.html

    https://www.halodoc.com/5-makanan-yang-harus-dihindari-pengidap-radang-usus

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P