Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Hallo sahabat konsul, kembali lagi nih dengan team KonsulGratis.com yang siap memberikan informasi terhangat seputar dunia kesehatan Anda.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, team kami akan membahas Manfaat Kunyit untuk Kesehatan.

Bagi kalian sangat tak asing dong mendengar rempah yang satu ini? Maka dari itu, simak semuanya disini agar kalian tahu manfaat apa saja yang dimilikinya.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

“Kunyit”

Kunyit atau kunir merupakan salah satu tanaman rempah, yang sering dimanfaatkan untuk jadikan bahan masakan sekaligus sebagai obat herbal.

Selain itu, ia juga memiliki julukan rempah emas karena memiliki juta khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Disamping itu, kandungan didalamnya memiliki efek baik bagi kulit sehingga banyak yang menambahkan ekstrak kunyit ini sebagai bahan kosmetik.

Sejarah Kunyit

Kunyit memang merupakan salah satu tanaman yang memiliki sejarah sangat luas, sekitar lebih 4000 tahunan kunyit ini sudah dimanfaatkan oleh orang dari sejak dulu.

Terutama di bagian Asia Tenggara, kunyit bukan hanya dijadikan sebagai bumbu utama masakan saja. Melainkan sebagai komponen upacara religius.

Macam-macam Kunyit

a) Kunyit Merah

Kunyit merah merupakan salah satu kunyit yang banyak di jumpai bahan dipasar tradisional sekaligus.

Ia memiliki warna kuning kemerahan dan kulitnya agak kecokelatan. Biasanya orang-orang lebih sering menambahkan kunyit ini pada masakan untuk memperlezat rasanya.

Selain itu, kunyit merah jika diolah dan dikonsumsi akan dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit lainnya.

b) Kunyit Kuning

Tak kalah hebat dengan kunyit jenis ini yaitu kunyit kuning. Kunyit kuning memiliki aroma yang khas dan super lezat, sehingga cocok sekali digunakan sebagia bumbu rempah masakan.

c) Kunyit Hitam

Kunyit hitam memang sangat sulit ditemui, lantaran belum banyak yang membudidayakannya.

Padahal, kunyit hitam memiliki khasiat baik yang bisa kita manfaatkan untuk membantu kulit agar tetap kencang atau awet muda dan mampu mengatasi penyakit kista.

d) Kunyit Putih

Seperti namanya, kunyit ini memiliki kulit yang putih atau agak transparan. Meski jarang sekali ditemukan, namun temu ini sering diolah sebagai temu putri atau temu rapet.

Nilai Gizi yang Terdapat Pada Kunyit

Menurut hasil analisis gizi, dalam 100 gram kunyit ternyata mengandung beberapa nutrisi seperti :

  • 390 kkal
  • 3 g gula
  • 8 g protein
  • 10 g lemak total
  • 3 g lemak jenuh
  • 0 mg kolesterol
  • 0,2 g kalsium
  • 0,26 g fosfor
  • 10 mg sodium
  • 47,5 mg zat besi
  • 0,9 mg tiamin
  • 0.19 mg riboflavin
  • 4,8 mg niaci
  •  2500 mg potassium
  • 50 mg asam askorbat
  • 69,9 g karbohidrat total
  • 21 g serat makanan
  • asam lemak Omega-3
  • dan asam α-linolenat.

8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

1. Mencegah peradangan

Kunyit memang mengandung zat kurkumin yang dapat berguna untuk melawan dan mencegah peradangan.

Bahkan para ilmuwan menyimpulkan, bahwa kunyit mengandung kurkumin yang dipercaya bisa memainkan peran utama dalam mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh penyakit kanker, alzheimer, jantung dan sindrom metabolik.

2. Membantu membuang radikal bebas

Tak hanya itu, zat kurkumin yang terdapat pada kunyit memiliki efek sebagai antioksidan kuat. Sehingga bisa menetralisir radikal bebas yang ada didalam tubuh secara alami.

3. Mengurangi risiko dari penyakit otak

Meski kunyit lebih sering dijadikan sebagai bumbu dapur saja. Namun jangan salah, zat kurkumin didalamnya juga dapat menarik perhatian para peneliti karena zat tersebut mampu meningkatkan tingkat otak BDNF.

Dengan adanya hal itu, bisa membantu meningkatkan memori Anda dan membantu meningkatkan kecerdasan otak secara alami.

Maka dari itu, konsumsi ekstrak kunyit ini supaya pertumbuhan neuron baru bisa meningkat kemudian dapat melawan proses degeneratif di otak Anda.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian mengatakan bahwa zat kurkumin memang memiliki efektivitas yang kuat, sehingga bisa mengarahkan fungsi endotelial mengalami peningkatan dan mengurangi peradangan akibat penyakit jantung.

Bahkan salah satu studi yang memberikan 4 gram kurkumin perhari sebelum dan sesudah operasi kepada penderita yang menjalani operasi bypass arteri koroner, 65% mampu menurunkan risiko serangan jantung kembali secara alami.

5. Melawan penyakit kanker

Zat kurkumin memang dapat menyebabkan beberapa perubahan yang meningkat didalam tubuh dengan baik, seperti mampu membantu Anda mencegah atau mengobati dari penyakit kanker mengerikan.

Hal itu juga dinyatakan persis pada sebuah studi, bahwa memberikan 4 gram kurkumin (kunyit) pada penderita lesi di usus besar. 40% dapat mengurangi jumlah lesi yang mana bisa berubah menjadi pertumbuhan kanker.

6. Mencegah penyakit alzheimer

Seperti yang dikatakan tadi bahwa zat kurkurmin dapat menghalasi risiko dari penyakit otak. Lantaran zat kurkumin dapat melintasi sawar darah otak, sehinga bisa memperbaiki proses patologis akibat penyakit alzheimer

7. Mengobati Arthritis

Arthritis ialah suatu penyakit gangguan umun dan sering ditandai dengan sendi mengalami peradangan. Hal itu mungkin akan membuat Anda merasa linu dan kesemutan

Tapi dengan adanya zat kurkumin pada kunyit, bisa mengobati gejala tersebut secara efektif lantaran kunyit mempunyai sifat antiinflamasi yang sangat menenangkan.

8. Mengurangi depresi

Sebuah penelitian menunjukan bawha dari 60 orang yang mengalami depresi, ternyata bisa menurunkan gejala-gejala kondisinya dengan baik setelah mengkonsumsi kunyit.

Dan kunyit memang memiliki zat kurkumin yang sangat efektif untuk meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamine.

Bagaimana, mengejutkan bukan manfaat yang dimiliki kunyit? Meski dianggap sepele, namun jangan sampai Anda tidak merasakan manfaatnya yang sungguh luar biasa ini.

Maka dari itu, konsumsi ekstrak kunyit supaya tetap terlindungi dan bisa melawan bibit-bibit penyakit berbahaya.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa share ke temen-temen ya. Selamat beraktivitas kembali 

Sumber

    https://www.liputan6.com/citizen6/read/3156121/terungkap-ini-alasan-mengapa-kunyit-dijuluki-si-rempah-emas

    http://warungkita.net/macam-manfaat-dan-khasiat-kunyit/

    https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-turmeric#section8

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P