Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Hai para pengunjung setia KonsulGratis.com kali ini team kami akan membahas apa saja Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan.

Pasti kalian tak asing bukan dengan buah tomat ini? Untuk itu, mari kita simak semuanya dibawah ini.

Selamat membaca..

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

‘BUAH TOMAT’

Mendengar kata ‘tomat’ biasanya orang menyangka bahwa tomat tersebut merupakan sejenis sayuran. Namun ternyata tomat malah termasuk dalam jenis buah-buahan yang sangat sehat.

Ia memiliki warna yang merah atau kadang ke’oranyean dan mereka lebih sering mengkonsumsinya secara langsung atau menjadikannya sebagai olahan minuman jus dan juga ditambahkan pada sajian makanan lainnya seperti sayur atau sup.

Sejarah Buah Tomat

Buah tomat atau Solanum lycopersicum ini memang sudah tersebar di negara-negara besar yaitu Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Diperkirakan tanaman tomat pertama kali dibudidayakan oleh suku Aztec dan Inca pada tahun 700 SM.

Sementara bangsa Eropa mengenal buah tomat ini pada tanggal 12 Oktober 1492, setelah Christopherus Columbus pulang berlayar dari Amerika kemudian tiba di Pantai San Salvador.

Di waktu yang sama, Ratu Isabella (dari kerajaan Castilia, Spanyol) memerintah Columbus untuk mencari rempah-rempah dan emas.

Namun nyatanya mereka pulang membawa biji-bijian seperti cabe, jagung dan salah satunya buah tomat.

Meski Ratu Isabella sempat merasa kecewa, tapi akhirnya dirinya menanam biji-bijian tersebut oleh para petani di Spanyol kemudian tanaman tersebut menyebar luas ke beberapa negara di Eropa.

Danmdisitulah, buah tomat ini mulai dikenal banyak orang sehingga beberapa negara memiliki nama julukan masing-masing seperti apel cina (Perancis) atau apel surga (Jerman).

Jenis-jenis Buah Tomat

Tomat memang merupakan jenis sayuran atau buah-buahan yang sangat berguna untuk memperlezat masakan atau membuat segar pada minuman jus.

Namun Anda juga jangan salah mencampurkan buah tomat dengan asal saja, karena tomat juga memiliki beberapa jenis sekaligus kegunaannya.

Berikut jenis-jenis buah tomat di Indonesia beserta kegunaannya antara lain seperti :

a) Tomat Hijau

Tomat ini memiliki warna hijau karena dipanen saat belum matang, sehingga menimbulkan rasa yang lebih jauh asam dibanding jenis buah tomat lainnya.

Disamping itu, ia juga memiliki kandungan air lebih sedikit, kulitnya kaku sehingga pada saat dimasak tomat ini tidak mudah layu atau lembek.

Dan jenis tomat hijau ini, biasanya sangat cocok apabila digunakan untuk pembuatan makanan padang seperti sambal ijo atau tumis cumi asin.

b) Tomat Ungu

Menurut hasil penelitian dari Origon State University, mengatakan bahwa tomat ungu ini merupakan hasil variestas yang cukup memukau perhatian orang-orang lantaran memiliki warna yang berbeda seperti biasanya.

Kelebihan dari jenis tomat ini, memang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu mengeluarkan radikal bebas didalam tubuh secara efektif.

c) Tomat plum

Hampir mirip dengan buah cherry, buah plum ini memiliki bentuk bulat namun agak lonjong.

Bila dikonsumsi, ia memiliki rasa yang lebih masam dibanding jenis tomat cherry. Selain itu, kulitnya lebih tebal sehingga sangat cocok digunakan untuk bahan pembuatan sambal.

d) Tomat Anggur

Meski sangat langka untuk ditemukan, tapi tomat ini memang benar-benar ada dan bentuknya seperti layaknya buah anggur merah merona.

Maka dari itu orang-orang lebih sering mengkonsumsi buah jenis tomat ini secara mentah atau ditambahkan pada masakan sehat.

e) Tomat Cherry

Seperti namanya, tomat ini memiliki bentuk dan warna yang sama seperti halnya buah cherry. Jenis tomat ini memiliki berat 10-20 gram sehingga sangat cocok digunakan dalam pembuatan salad.

f) Tomat Beef

Jenis tomat beef memang memiliki ukuran besar. Ia memiliki permukaan kulit tidak halus, lebih tepatnya memiliki lipatan yang banyak seperti buah labu.

Dan kegunaan buah tomat ini, biasanya ditambahkan pada isi sandwich atau sebagai pembungkus daging dan daun selada.

5 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Buah tomat memang memiliki kandungan senyawa yaitu lycopene, yang dapat mendukung Anda untuk meningkatkan penglihatan sekaligus melindungi mata dari penyakit degenerasi makula dan katarak.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Menurut USDA bahwa satu tomat mengandung 1,5 gram serat dan 6 ons cairan. Perihal ini, bisa kita manfaatkan untuk membantu Anda terhadap konstipasi seperti gangguan pencernaan.

  1. Membantu penyembuhan diabetes

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi tomat matang selama 30 hari, dapat menurunkan peroksidasi lipid dan membantu mengeluarkan radikal bebas dari kerusakan.

Sehingga risiko penyakit seperti diabetes, serangan jantung dan risiko stroke dapat terjauhi secara maksimal.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Sebuah studi pada tahun 2011, mengatakan bahwa tomat jika dikombinasikan dengan minyak zaitun dapat membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari dan produksi akibat kelebihan kolagen.

Bahkan para ilmuwan menyarankan untuk mengkonsumsi tomat karena terdapat lycopene, yang dapat meningkatkan penyerapan dari sistem pencernaan ke aliran darah Anda hingga kulit pun akan terlihat kencang, kuat dan awet muda.

  1. Melindungi dari penyakit kanker

Studi obervarional mengatakan bahwa ia menemukan senyawa lycopene yang dapat melindungi tubuh Anda dari serangan penyakit kanker terutama kanker prostat, perut, paru-paru dan ovarium.

Itulah sejumlah manfaat dari tomat yang harus kamu ketahui sejak dini.

Maka dari itulah, tambahkan tomat segar pada makanan sehat seperti salad atau sayuran agar tubuh bisa mendapatkan manfaat seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat dari kami team KonsulGratis.com

Sumber

    https://rhephi.wordpress.com/2007/10/01/sejarah-dan-perkembangan-tomat/

    https://blog.agromaret.com/2018/02/jenis-jenis-buah-tomat-dan-gambarnya-beserta-dengan-manfaatnya

    https://www.health.com/health-benefits-tomatoes

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P