Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Apakah kalian mengenali buah melon? Tentu jelas dong mengenalinya.

Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membahas mengenai apa saja Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan.

Penasarankan? Yuk, simak langsung saja dibawah ini..

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

“Buah Melon”

Memang, saat ini buah melon sudah menjadi salah satu buah primadona dan sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Ia memiliki rasa yang begitu khas yaitu legit, manis, renyah dan memiliki aroma yang dapat membuat masyarakat menggemarinya.

Apalagi disaat cuaca panas atau musim kemarau, buah ini sangat mudah dan gampang untuk dicari. Selain memiliki rasa yang khas, para masyarakat biasanya sering menyediakan buah melon ini sebagai bahan makanan jamuan atau sebagai hidangan pencuci mulut.

Sejarah Buah Melon

Tercatat dalam sejarah, bahwa tanaman melon ini berasa dari daerah Mediterania (perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika).

Namun dalam buku catatan sejarah lainnya, mengatakan bahwa tanaman melon ini berasal dari lembah Persiah (Syiria).

Kemudian tanaman ini menyebar luar ke Amerika pada abad ke 14, yang ditanam di daerah Colorado, California, dan Texas secara luas.

Setelah itu, buah melon ini mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia, terutama bagian daerah tropis dan subtropis (Korea, Jepang, China, Jepang, Australia, Taiwan dan Indonesia).

Dan tercatat, bahwa buah melon di Indonesia sudah mulai berkembang semenjak sebelum tahun 1980 sebagai buah impor yang di konsumsi oleh tenaga-tenaga ahli asing yang tinggi di Indonesia.

Jenis-jenis Buah Melon

a) Honeydew

Honeydew merupakan salah satu jenis melon yang terbaik karena memiliki rasa yang begitu manis. Nyatanya, buah melon ini di Amerika Utara sangat terkenal sekali sehingga memiliki sebutan lain yang bernama Bailan.

Selain itu, ia memiliki kulit buah mulus yang berwarna krem atau kadang kuning kehijauan, dagingnya warna hijau pucat atau puti ke orange’an dan memiliki bentuk yang oval.

b) Cantaloupe

Cantaloupe merupakan jenis melon yang sangat laris di jual di pasaran Amerika Serikat. Mengapa diberi nama Cantalauope?

Karena jenis melon ini awalnya di temukan di Desa Catalupo, Italia pada tahun 1700-an dan ia memiliki ciri warna kulit yang tidak tebal, daging buahnya warna orange sehingga rasanya sangat manis dan harum saat matang.

c) Cavaillon

Sebenarnya, jenis melon Cavailon merupakan jenis melon yang se-tipe dengan Cantaloupe. Namun perbedaanya, melon cavailon ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

Buah melon jenis ini berasal dari Italia, kemudian menyebar ke darah Prancis teutama bagian Provence. Selain itu, tanaman melon ini sampai sekarang masih banyak di tanam di Amerika Utara.

d) Japanese Catalopue

Jenis melon Japanese Catalopue inilah merupakan jenis melon yang terfavorit di Indonesia.

Mereka banyak sekali di tanam di wiliyah Asia Tenggara dan Timur. Ia memiliki warna kulit yang tipis rapat, rasanya manis, renyah dan memiliki warna daging yang agak putih kekuningan.

e) Canary

Memang melon canary ini memiliki warna dan bentuk yang berbeda dengan jenis melon lainnya yaitu kulit berwarna kuning mulus, bentuknya lonjong dan buahnya warna putih.

Jenis melon ini dikenal sebanyak sebutan melon Golden dan Spanyol, yang aslinya berasal dari Persia tapi juga banyak di temukan di Amerika Serikat.

f) Persian

Jenis melon persian memang memiliki persamaan ciri dengan melon Cantaloupe. Namun yang jadi perbedaanya, melon persian ini memiliki ukuran yang lebih besar dari cataloupe.

g) Casaba

Kemudian melon casaba. Jenis tipe melon ini mungkin agak aneh untuk di lihat. Namun melon casaba ini merupakan jenis melon yang berasal dari daerah Kasaba, Turkey dan menyebar ke Amerika Serikat. 

Ia memiliki ciri warna kulit yang berwarna kuning pucat, dagingnya berwarna putih dan rasanya manis.

h) Crenshaw

Tipe melon ini sebenarnya hasil dari persilangan jenis melon antara Casaba dan Persian, sehingga disebut Crenshaw. Ia memiliki daging yang agak tebal, rasanya manis dan kulitnya berwarna kuning.

i) Ananas

Sebutan Ananas pada jenis melon ini merupakan istilah dai bahasa Prancis yaitu nanas. Hal itu dikarenakan tipe melon ini memiliki aroma dan rasa yang begitu mirip dengan buah nanas manis.

Ia memiliki ciri warna kulit yang berwarna kuning dan daging buahnya berwarna kehijauan dan putih.

j) Korean

Jenis melon korean ini juga disebut sebagai melon oriental. Kabarnya diduga jenis melon ini berasal dari India, kemudian menyebar ke Korea dan Jepang.

Sehingga orang Korea menyebutnya dengan Chamoe, Makuwa (Jepang) dam Tian Gua (China). Dan tipe melon korean ini memiliki ciri buah yang lonjong, daging garis putih memanjang, warna kulit yang kuning keemasan, dagingnya berwarna putih yang memiliki rasa manis dengan tektur renyah seperti buah pir.

Kandungan Nutrisi pada Buah Melon

Buah melon merupakan buah-buahan berair yang dikemas dan dilapisi beberapa nutrisi seperti antioksidan, mineral dan sejumlah vitamin.

Berikut, beberapa nilai gizi lainnya dari buah melon :

  • Energi 33 kcal
  • Protein 0,8 gr
  • Karbohidrat 8 gr
  • Serat 0,9 gr
  • Gula 8 gr
  • Zat Besi 0,2 mg
  • Kalium 267 mg
  • Kalsium 9 mg
  • Magnesium 12 mg
  • Natrium 16 mg
  • Vit.A 3.382 IU
  •  Vit.B6 0,1 mg
  • Vit.C 36,7 mg
  • Lemak 0,2 gr
  • Lemak Jenuh 0,1 gr
  • Lemak Tak Jenuh Ganda 0,1 gr

6 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

1. Antikanker

Buah melon bisa mencegah kanker, karena didalamnya mengandung karotenoid yang cukup tinggi. Sehingga mampu menurunkan risiko penyakit kanker paru-paru.

Maka dari itulah, konsumsi buah melon ini secara rutin untuk membunuh benih kanker yang menyerang tubuh Anda dengan efektif.

2. Menyehatkan jantung

Bisa menjaga kesehatan jantung, karena buah melon ini menyimpan kandungan adenosine. Adenosine inilah merupakan suatu antikoagulan, yang dapat menghentikan sel-sel darah membeku hingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, kadar air yang terdapat pada buah melon juga membantu menghaluskan darah di dalam tubuh dan memberi efek baik untuk meredakan mulas secara alami.

3. Menyembuhkan penyakit ginjal

Buah melon, memiliki sifat diuretik yang sangat bermanfaat dalam menyembuhkan penyakin ginjal.

Cukup dengan mengkonsumsi beberapa potong buah melon secara teratur di pagi hari dengan rutin, ginjal Anda akan tetap terjaga kesehatannya.

Tak hanya itu, jika Anda mengkombinasikannya dengan buah lemon juga efektif dalam mengobatu encok secara alami.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan air tinggi yang terdapat pada buah melon juga cukup efektif untuk memfasilitasi gerakan usus dengan halus dan mudah.

Sehingga membantu Anda dalam melancarkan proses pembuangan air tinja. Sementara kandungan mineral dalam buah melon, juga turut membantu menghilangkan kadar keasaman di lambung dengan baik.

5. Sumber energi

Tak hanya menyembuhkan penyakit, namun beberapa kandungan seperti vitamin B dalam buah melon akan membantu Anda untuk bisa memproduksi energi tubuh Anda dan membantu memproses gula dan karbohidrat didalam tubuh dengan baik.

6. Menurunkan berat badan

Seperti pada buah lainnya, melon juga membantu Anda menurunkan berat badan.

Hal itu dikarenakan buah melon mengandung kalori dan rendah sodium sehingga bisa membuat Anda merasanya kenyang dan terbebaskan dari kolesterol tinggi.

Dibalik rasanya yang begitu manis dan menyegarkan, apakah Anda masih ragu dengan buah ini?

Dengan adanya artikel ini, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan Anda dan bisa menyadarkan Anda dalam menjaga gaya hidup yang lebih sehat lagi dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti melon ini secara rutin.

Sumber

    http://macammelon.blogspot.com/2015/01/asal-usul-buah-melon.html

    https://belajartani.com/10-jenis-tipe-melon-yang-paling-banyak-ditanam-di-dunia/

    https://www.healthbeckon.com/melons-benefits/

    http://gizinutrisiku.blogspot.com/2016/05/kandungan-gizi-buah-melon.html

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P