Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan

Apa yang kalian ketahui tentang buah kelapa? Memiliki air yang segar? Atau daging kelapa yang rasanya lezat saat dikonsumsi?

Mungkin hal itu sudah banyak di ketahui semua orang, namun apakah kalian tahu manfaat apa saja yang dimiliki buah kelapa untuk tubuh kita?

Jika tidak, jangan pindah situs ya..

 Karena pada kesempatan kali ini, www.konsulgratis.com akan membahas Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan !

Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan

Buah kelapa merupakan buah yang sudah terkenal, karena memiliki banyak khasiat dan manfaat yang sungguh luar biasa.

Mulai dari kulit, daging sampai air kelapanya sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, bagian dari pohonnya seperti daun, kayu dan rantingnya juga sangat bermanfaat untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Misalnya dibuat lidi, kulit daunnya dibuat ketupat, kayunya dibuat jembatan, rantingnya sebagai penghasil api, sebagai bahan bangunan, kerajinan tangan dan masih banyak lagi.

Makanya tak heran, jika banyak orang diantara mereka sering menyebutnya sebagai pohon seribu manfaat.

Dan mereka pun percaya, bahwa bagian buahnya ini akan menjadi kekuatan penyembuhan suatu penyakit secara alami.

Asal Usul Pohon Kelapa

Pada dasarnya, pohon kelapa merupakan anggota Arecaceae (keluarga palem) dan satu-satunya spesies dari genus Cocos.

Kata sebutan “Kelapa” ini, memang berasal dari kata Portugis dan Spanyol pada abad ke-16 yang berarti “Tengkorak”.

Dan kata sebutan itu, dikarenakan tempurung kelapa memiliki 3 lekukan yang menyerupai wajah manusia.

Namun sebenarnya asal usul pohon kelapa ini sangat penting dalam sebuah upacara sakrai dari Rishi di India.

Kandungan Nutrisi Buah Kelapa

Manfaat buah kelapa memang sudah tak diragukan lagi untuk kesehatan karena memiliki kandungan seperti :

  • Biotin
  • Riboflavin
  • Asam folat
  • Vitamin C
  • Asam nikotinat
  • Asam pantotenat
  • Kalsium 3,71 mg
  • Zat besi 0,53 mg
  • Fosfor 15,9 mg
  • Air 44,15 gr
  • Mineral 0,42 gr
  • Vitamin C 2,12 mg
  • Energi 36,04 kcal
  • Protein 0,53 gr

Jenis-jenis Buah Kelapa

Tahukah Anda? bahwa sebelumnya pohon kelapa memiliki batang yang sangat tinggi. Sehingga membuat masyarakat setempat, kesusahan untuk memetik buahnya.

Sampai-sampai, diantara mereka ada yang pernah jatuh dari pohon hingga beberapa orang meninggal dunia akibat jatuh dari pohon kelapa.

Namun, semenjak tahun 1970-an, di Indonesia sendiri sudah memulai membudidayakan pohon kelapa berukuran pendek untuk memudahkan para petani ketika memetiknya atau panen.

Dan berikut ini, beberapa macam buah kelapa unggul yang sering di budidayakan di Indonesia , antara lain seperti :

  • Kelapa Genjah Entol

Genjah dalam bahasa Indonesia berarti lekas berbuah. Dan jenis kelapa genjah ini sangat digemari para petani, karena bukan hanya memiliki batang yang pendek.

Namun jenis kelapa ini akan berbuah lebih cepat, kemungkinan selama 4-5 tahun pohon kelapa bisa menghasilkan buah.

  • Kelapa Pandan Wangi

Jenis kelapa ini memang terlihat unggul dan memiliki aroma wangi.

Sama seperti jenis kelapa genjah entok, kelapa ini memiliki batang pendek sepanjang 2 meter dan akan menghasilkan buah ketika sudah berumur 2 tahun.

  • Kelapa Kopyor

Jenis kelapa ini memang berbeda dengan jenis kelapa lainnya, karena kelapa kopyor dihasilkan dari kelainan genetika atau lebih indentik dengan pertumbuhan kelapa yang gagal.

Namun jangan salah, harga kelapa kopyor ini jauh lebih mahal malah harganya kadang mencapai 4-5 kali lipat dengan harga kelapa biasanya.

Dan hal itu mungkin dikarenakan kesulitan dalam menghasilkan bibit kelapa kopyor dibanding dengan bibit kelapa biasanya.

  • Kelapa Wulung

Kelapa wulung memang tidaklah jauh berbeda dengan jenis kelapa lainnya. Namun untuk membedakannya adalah kulit kelapanya yang memiliki warna kemerahan.

Namun sayangnya jenis kelapa wulung ini, sering terserang hama penyakit sehingga sangat minim sekali untuk ditemukan di pasaran.

  • Kelapa Hijau

Kelapa hijau merupakan salah satu diantaranya, yang sering mereka incah untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dan memang terbukti, bahwa kandungan didalamnya mampu sebagai detoks sehingga baik jika dikonsumsi pada mereka yang mempunyai penyakit untuk menjaga kesehatannya.

8 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan

  1. Mengurangi risiko diabetes

Buah kelapa memiliki serat tinggi, yang jika dikonsumsi sangat bik untuk memperlambat pelepasan glukosa dan mengangkutnya ke sel yang diubah menjadi energi.

Kondisi ini juga mampu mengilangkan stres pada pankreas dan mampu mengurangi risiko diabetes.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah kelapa terutama pada airnya memang memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lemah, sehingga mampu membasmi virus, bakteri, jamur dan parasit.

Selain itu, kandungan minyak yang terdapat pada buah kelapa juga mampu membantu melawan resistensi terhadap suatu virus atau bakteri yang menyebabkan suatu penyakit terjadi.

Konon, mengkonsumsi kelapa secara mentah dapat membantu mengobati infeksi tenggorokan, cacing pita, infeksi saluran kemih dan bronkitis.

  1. Mencegah epilepsi

Kandungan minyak yang terdapat pada buah kelapa, ternyata memiliki terapeutik yang dapat mengobati epilepsi pada anak-anak.

Dengan kandungan karbohidrat dan asam lemak didalamnya, akan membantu mereka untuk mengurangi tingkat kejang pada anak yang menderita epilepsi.

  1. Meningkatkan kolesteril HDL

Beberapa penelitian, menyebutkan bahwa minyak kelapa juga dapat meningkatkan kadar HDL dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Melindungi kulit Anda

Dalam sebuah studi, menunjukan bahwa minyak kelapa bila digunkan secara topikal ternyata mampu melindungi kulit dari efektivitas tabir surya, melembabkan kulit dan mencegah kerusakan rambut.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Tercatat pada sebuah studi tahun 2006, mengatakan bahwa kandungan keton yang terdapat pada minyak kelapa dapat memberikan sumber energi alternatif untuk sel-sel otak yang tidak berfungsi lagi.

Sehingga jika dikonsumsi, fungsi otak mengalami peningkatan sekaligus gejala penyakit alzheimer dapat tersamarkan dengan baik

  1. Mencegah dehidrasi

Air kelapa mengandung sejumlah eletrolit penting, yang mampu membantu dalam menjaga hidrasi dengan baik.

Dan sangat cocok, jika dikonsumsi pada mereka yang senang dalam berlatih kegiatan berat untuk mengganti eletrolit  hilang, meningkatkan respon imun dan memberikan hidrasi.

  1. Baik untuk kebersihan mulut

Orang mungkin jarang untuk melakukan hal ini, namun pada nyatanya air kelapa dapat dijadikan obat kumur untuk membasmi sejumlah bakteri yang ada dimulut.

Sekaligus mengurangi bau mulut dan meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan.

Itulah ulasan dari kami tentang Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan. Semoga Anda menyukai artikel ini dan jangan lupa share, like anda commet.

“Jika ada pertanyaan seputar artikel diatas, jangan sungkan ya untuk meninggalkan pesan pada kolom komentar dibawah situs ini..”

Sumber

    https://www.jualbenihmurah.com/blog/inilah-5-jenis-tanaman-buah-kelapa-unggul-berpostur-pendek-yang-paling-cocok-untuk-dibudidayakan-di-indonesia

    https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-coconut-for-skin-hair-and-health/#gref

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P