Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Meski selama ini buah jeruk mudah ditemukan, tapi tahuhkah Anda apa saja manfaat yang dimilikinya?

Jika tidak tahu, jangan tinggalkan website kami ya guys karena KonsulGratis.com akan membahas apa saja Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan.

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

‘BUAH JERUK’

Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah yang sering di jumpai di pasar-pasar tradisional sampai swalayan. Alasan mengapa sering dijumpai dengan mudah, karena tanaman buah jeruk ini banyak dibudidayakan.

Mereka sering mengkonsumsi buah jeruk ini secara langsung, sebagai pencuci mulut atau diolah menjadi bahan makanan produk lainnya.

Sejarah Buah Jeruk

Menurut para ilmuwan, tanaman jeruk asalnya berasal dari Pegunungan Himalaya. Konon saat itu pohon jeruk ini juga tumbuh di salah satu daerah Tiongkok yaitu Yunnan dan Myanmar

Sekitar 4 juta yang lalu, daerah Himalaya dan sekitarnya sedang dilanda perubahan iklim hingga membuat tanaman di Himalaya mencari tempat lain yang lebih layak.

Berkat adanya perubahan iklim tersebut, membuat tanaman jeruk ini menyebar ke daerah Australia dan Asia. Hingga pada abad ke-15, tanaman jeruk ini dibawa oleh para pedagang Portugis dari Italia ke Eropa.

Kemudian dibawa ke Amerika pada abad ke-16 oleh bangsa Spanyol dan pada akhirnya pada abad ke-17 tanaman jeruk ini dibawa dan tumbuh di daerah Hawai.

Jenis-jenis Buah Jeruk

a) Grapefruit

Buah jenis jeruk ini memang memiliki isi yang banyak namun rasanya agak pahit dari pada jenis buah jeruk lainnya. Sehingga sangat baik apabila

b) Mandarin

Buah jeruk mandarin mungkin sangat tak jarang didengar oleh Anda. Ia memiliki rasa yang begitu manis dan mudah dikupas.

Hingga mereka menjadikan buah jeruk mandarin ini, sebagai makanan ringan yang bagus di bawa untuk bekerja, sekolah atau perjalanan sehari anak-anak Anda.

c) Clementine

Sebenarnya, buah jeruk Clementine ini hasil dari hibdrida antara jeruk manis dan jeruk mandarin. Sehingga buah jeruk ini menghasilkan rasa yang lezat, bergizi, mudah di kupas dan mudah di bawa kemana-mana.

d) Lemons & Limes

Kedua jenis jeruk ini memang memiliki rasa asam dan dosis antioksidan yang sama dari vitamin C. Dan biasanya orang-orang sering menambahkan beberapa perasan jus jeruk ini pada makanan seperti salad untuk menambah rasa.

Nilai Kandungan pada Buah Jeruk

Dalam 100 gram buah jeruk, ternyata memiliki nilai kandungan nutrisi seperti :

  • Kalori 47
  • Air 87%
  • Gula 9,4 g
  • Serat 2,4 g
  • Lemak 0,1 g
  • Jenuh 0,02 g
  • Protein 0,9 g
  • Omega-3 0,01 g
  • Omega-6 0,02 g
  • Lemak trans 0 g
  • Karbohidrat 11,8 g
  • Polyunsaturated 0,03 g
  • Tak jenuh tunggal 0,02 g

10 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan

Buah jeruk memang memiliki serat tidak larut, sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan kita dan membantu memenuhi tujuan Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Selain itu, mengkonsumsi buah jeruk juga akan membantu Anda dalam mengatur kadar glukosa dalam darah dengan baik.

2. Menjaga kesehatan hati

Dalam sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam The Journal of Agricultural and Food Chemistry, menunjukan bahwa buah jeruk mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu Anda menurunkan kada kolesterol LDL jahat dan trigliserida secara alami sehingga baik untuk kesehatan hati.

3. Membantu meredakan pilek

Menurut penelitian, mengatakan bahwa buah jeruk mengandung sejumlah vitamin yang dapat mempersingkat durasi gejala Anda saat merasa tidak sehat.

4. Menurunkan risiko stroke

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Norwich Medical School, mengatakan bahwa buah jeruk mengandung kandungan flavanon yang dapat membantu mengurangi mengurangi stroke iskemik 19% pada wanita.

Bahkan mereka menyarankan mereka untuk mengkonsumsi jus buah jeruk atau jus buah-buahan agar tubuh Anda mendapatkan kandungan flavanon dalam jumlah yang maksimum dari buah-buahan.

Baca juga : Pantangan dan Makanan Sehat Penderita Stroke

5. Melindungi dari serangan kanker

Sebuah studi yang dilakuka di Harvard menemukan bahwa buah jeruk mengandungan beberapa komponen seperti vitamin C, folat, flavonoid dan karotenoid sehingga mampu mengurangi risiko kanker esofagus secara signifikan.

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Buah jeruk memang kaya kandungan vitamin dan beberapa senyawa seperti minyak esensial, flavonoid dan karotenoid yang memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda secara alami.

7. Mengurangi risiko pembentukan batu ginjal

Lebih hebatnya lagi, buah jeruk ternyata mampu meningkatkan kadar sitrat dalam air seni.

Maka dari itulah, konsumsi beberapa gelas limun segar sepanjang hari agar risiko pembentukan batu ginjal tidak mudah terjadi.

8. Menghindari dari masalah penyakit kardioviskular

Buah jeruk memang dikemas dengan kandungan kalium dan potasium elektrolit, sehingga bisa mengurangi tekanan darah tinggi, jantung koroner pada orang dewasa dan risiko stroke.

Disamping itu, zat kalium juga akan membantu Anda memberikan efek baik bagi tulang yang berkaitan dengan usia.

Selain itu, komponen-komponen tersebut memiliki sifat antiangiogenik yang akan membantu Anda dalam mencegah pembentukan pembuluh darah baru yang mana hal tersebut dapat menyebarkan kanker ke area lain.

9. Menjaga kesehatan mata

Memang semua orang telah meyakini bahwa buah jeruk ini kaya kandungan vitamin C.

Dengan adanya vitamin tersebut, ternyata bukan hanya menjaga kesehatan pembuluh darah di mata Anda saja. Melainkan akan membantu mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak di masa usia lanjut.

10. Mengurangi tingkat stress

Vitamin C ternyata tak hanya berfungsi untuk memerangi masalah kesehatan mata saja.

Melainkan dapat meningkatkan hormon kortisol dan menjaga peningkatakan tekanan darah selama situasi kecemasan tinggi, sehingga dapat mengurangi stress dengan alami.

Itulah beberapa manfaat dari buah jeruk yang harus kamu ketahui saat ini. Namun ingat ya guys, meskipun buah jeruk akan memberi Anda banyak nutrisi.

Tapi tetap Anda harus ingat bahwa untuk memperoleh manfaat dari buah jeruk ini dengan baik, maka Anda harus pintar dalam memilih buah jeruk yang bagus, tepat dan menyimpannya dengan baik agar tidak mudah membusuk.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat beraktivitas kembali 

Sumber

    http://bobo.grid.id/read/08681137/dari-mana-jeruk-berasal?page=all

    https://www.healthline.com/nutrition/foods/oranges#section8

    https://source.colostate.edu/types-citrus-fruits/

    https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-citrus-fruits-for-skin-hair-and-health/#gref

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P