Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Hallo semua penghuni KonsulGratis.com apakah kalian suka dengan buah alpukat?

Jika memang benar, pantengin terus ya artikelnya karena team konsul akan membahas Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan.

Untuk itu, mari kita simak semuanya dibawah ini ! Selamat membaca 🙂

Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

‘BUAH ALPUKAT’

Buah alpukat atau avokad (Persea americana) ialah salah satu tanaman buah yang sering tumbuh di pekarangan daerah-daerah tropis.

Ia memiliki batang tinggi 20 cm dengan panjang daun 12-25 cm. Bunganya berwarna hijau kekuningan dan memiliki ukuran 5-10 milimeter.

Selain itu, banyak diantara mereka yang mengaku bahwa buah alpukat ini bukan hanya sekedar buah biasa saja. Melainkan dijadikan sebagai salah satu alasan makanan .

Hal itu, lantaran buah alpukat memiliki rasa yang enak dan juga mengandung lemak baik bagi kesehatan tubuh.


Sejarah Buah Alpukat

Menurut sejarah, tanaman alpukat ini berasal dari daerah Meksiko dan Amerika Tengah.

Awalnya, suku asli Nahua disana sering mengkonsumsi buah alpukat ini dan orang-orang disana sering menyebutnya dengan nama “ahuacatl” atau disebut buah zakar.

Para peneliti menduganya bahwa orang Nahua menyebutnya dengan sebutan seperti itu, lantaran buah alpukat memiliki kandungan fungsi sebagai penambah gairah seksual.

Sedangkan menurut Magnus Pharao Hansen, PhD, menelitinya bahwa kata ahuacatlini berasal dari bahasa asing hingga orang-orang di Amerika menyebutnya dengan kata “nuts”.

Sementara orang-orang Spanyol menyebutnya dengan sebutan aguacate. Namun begitu orang didaerah lain mulai mengenal buah ini sehingga kesulitan dalam mengucapkannnya.

Maka orang Amerika lebih sering menjualnya dengan nama “alligator pear” dan “avagato pear”. Sampai akhirnya buah alpukat disebut Avocado.

Dan menurut salah satu penelitian buah alpukat dari Eropa, mengatakan bahwa orang yang pertama memperkenalkan buah tersebut adalah Martin Fernandez de Enciso.

Ia adalah seorang tentara Spanyol yang mana sejak ini buah alpukat sangat terkenal oleh beberapa penduduk di dunia.

Sementara di Indonesia sendiri, buah alpukat pertama kali diperkenalkan sejak abad ke-19 oleh bangsa Belanda dengan sebutan nama alpukat atau apokat.


Jenis-jenis Buah Alpukat

Keberadaan buah alpukat memang sangat tak asing lagi untuk didengar masyarakat Indonesia.

Selain ia memiliki rasa yang lembut hingga nyaman di lidah, ternyata buah alpukat juga memiliki variestas yang cukup banyak lho.

Berikut jenis varietas buah alpukat yang paling unggul dan banyak dibudidayakan, antara lain seperti :

  • Alpukat Wina

Buah alpukat wina memiliki bobot berat yang cukup besar dari biasanya yaitu 1,3-1,8 kg. Selain itu, ia juga memiliki rasa yang manis, gurih dan amat lembut dilidah pada saat dikonsumsi.

Dan buah ini cukup mudah ditemukan di Indonesia, lantaran jenis varietas buah alpukat sangat mudah hidup dengan optimal di daerah dalam ketinggian 100 meter diatas permukaan laut dan tanah yang gembur.

Sehingga tanaman alpukat ini bisa berbuah dalam usia menapaki angka 6-7 bulanan.

  • Alpukat Mentega

Alpukat mentega memiliki besar buah dengan berat 600 gram. Ia memiliki daging yang agak tebal dan juga memiliki kadar lemak 7.58% dan protein 1.37%.

Selain itu, ia memiliki tekstur yang kenyal tapi tak berair, warnanya kuning bersih tanpa cacat seperti halnya mentega.

Dan buah alpukat ini, bisa dibilang paling rajin lantaran setiap tahunnya bisa berbuah dan tingkat produksinya pun mampu menghasilkan 350 – 450 buah perpohon atau sekitar 225 kg pertahun.

  • Alpukat Mentega Miki

Sama seperti jenis alpukat mentega, mentega miki memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 400-600 gram.

Melainkan dari pada itu, alpukat mentega miki memiliki tekstur daging yang lembut dan rasanya pun getir saat umur panen.

Sementara itu, kelebihan buah mentega miki memiliki ketebalan kulit yang akan kuat hingga sulit ditembus oleh ulat buah. Dan tanaman buah alpukat ini juga sering tumbuh di dataran rendah dan beriklim panas dengan suhu 30-35 derajat celcius.

  • Alpukat Kendil

Disebut dengan buah alpukat kendil,lantaran alpukat ini memiliki bentuk yang sama seperti kendhil.

Alpukat kendil biasanya tumbuh di daerah dengan ketinggian sampai 1500 meter di atas permukaan laut, dengan tanah gembur, tak mudah tergenang air, tak perlu mengandung bahan organik yang banyak dan tanah yang subur.

  • Alpukat Tanpa Biji

Jenis apukat ini biasanya dinamakan Persea Americana, sebab memiliki varietas yang unggul lantaran memiliki karakteristik yang mana didalamnya tidak terdapat biji. Ia memiliki bentuk daun yang lonjong berwarna hijau dan batang cokelat.

Dan tanaman alpukat tak berbiji ini biasanya tumbuh dengan dataran tinggi sekitar 200-1000 meter diatas permukaan laut yang beriklim dingin antara suhu 20-25 derajat celcius.

  • Alpukat Aligator

Buah alpukat yang terakhir adalah aligator. Jenis alpukat ini memiliki buah yang luar biasa atau jumbo dengan bentuk lonjong memanjang seperti buah pir. Rasanya juga amat lezat lantaran dagingnya begitu lembut dan pulen.


Nilai Kandungan Gizi pada Buah Alpukat

Buah alpukat tak hanya enak dikonsumsi, namun memiliki nilai gizi yang cukup beragam. Berikut, beberapa nutrisi dalam satu buah alpukat dengan porsi  3,5-ons (100 gram) :

  • Folat: 20% dari DV
  • Vitamin C: 17% dari DV
  • Kalium: 14% dari DV
  • Vitamin B5: 14% dari DV
  • Vitamin B6: 13% dari DV
  • Vitamin E: 10% dari DV
  • Vitamin K: 26% dari nilai harian (DV)

Selain itu, buah alpukat juga mengandung sejumlah kecil zat lain seperti seng, fosfor, mangan, magnesium, tembaga, besi dan vitamin A, B1(tiamin), B2 (riboflavin) dan B3 (niacin).

7 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan tingkat tekanan darah Anda

Buah alpukat mengandung kalium penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Sementara kandungan potasium tinggi didalamnya, akan membantu Anda mendukung dan menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Buah alpukat mengandung minyak dam memiliki asam oleat tak jenuh tunggal sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, kandungan asam oleat yang dikandungnya juga mampu mencegah peradangan dan memiliki efek yang menguntungkan untuk membantu melawan kanker.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Buah alpukat memang kaya serat 7% sehingga bisa membantu menurunkan berat badan Anda dan menjaga kesehatan metabolik secara alami.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Sejumlah penelitian, mengatakan bahwa nilai gizi yang tergantung pada buah alpukat memang mengandung lemak yang sangat rendah.

Sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung yang disebabkan akibat kolesterol dan trigliserida dalam tubuh meningkat.

Baca juga : Pantangan dan Makanan Sehat Pederita Kolesterol

  1. Mencegah risiko dari sindrom metabolik

Menurut penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi buah alpukat secara rutin ternyata lebih sehat dari pada orang yang tidak memakan buah ini sama sekali.

Hal itu lantaran buah alpukat mengandung nutrisi yang jauh lebih tinggi sehingga bisa menurunkan risiko sindrom metabolik secara alami

  1. Menjaga kesehatan mata

Menurut studi menunjukan bahwa buah alpukat mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang sangat penting bagi kesehatan mataSehingga mata Anda terjauhi dari risiko penyakit degenasi makula dan katarak.

  1. Membantu melawan penyaki kanker

Beberapa penelitian tabuh menunjukkan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat pada buah alpukat ternyata mampu melawan dan mencegah penyakit kanker prostat sekaligus menurunkan efek samping dari berjalannya kemoterapi.

Dari ke-7 manfaat diatas, apakah Anda masih mau mengkonsumsi buah alpukat? Jangan biarkan tubuh Anda mudah terserangi penyakitnya, sebab mengkonsumsi buah-buahan seperti alpukat ini sangat diperlukan sekali untuk menjaga kesehatan tubuh.

Maka dari itulah, tambahkan porsi buah alpukat ini pada menu makanan Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan salam sehat 🙂

Baca juga : Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan

Sumber

    https://lifestyle.kompas.com/read/2017/06/30/162154320/asal.nama.alpukat.ini.mungkin.membuat.anda.tidak.nyaman

    https://www.bibitbuahku.com/jenis-alpukat-unggul.htm

    https://www.healthline.com/nutrition/12-proven-benefits-of-avocado#section13

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P