Komplikasi – Definisi dan Penyakit Terkait

Salam sehat good readers, kali ini www.konsulgratis.com akan membahas mengenai gangguan kesehatan yang kerap ditakuti kebanyakan orang, yaitu komplikasi.

Jangan sampai kalian tidak tahu, ayo ketahui lebih jauh disini ,,

Komplikasi – Definisi dan Penyakit Terkait

Dalam dunia medis, komplikasi merupakan sebuah kondisi yang tidak diinginkan terjadi dari suatu penyakit maupun kondisi kesehatan tertentu.

Penyakit akan berubah menjadi komplikasi setelah kondisinya memburuk hingga menyebar dan berdampak buruk pada sistem organ lainnya.

Komplikasi juga kerap diartikan sebagai jenis penyakit gabungan dari berbagai jenis penyakit berat yang kerap dialami oleh manusia.

Sehingga kemungkinan lain yang dimaksud komplikasi ialah suatu kondisi terhadap seseorang yang tidak hanya memiliki 1 penyakit, melainkan mengalami beberapa penyakit secara bersamaan.

Penyakit Terkait Kondisi Komplikasi

Biasanya, komplikasi dapat terjadi akibat dari efek pengonsumsian obat kimia tertentu atau akibat tindakan medis. Salah satu jenis penyakit yang kerap berujung komplikasi paling umum adalah diabetes.

Perlu diketahui, bahwa sesungguhnya jenis obat-obatan tertentu malah mengandung bahan kimia yang bersifat menekan gejala dan tidak betul-betul menyembuhkan sebuah penyakit.

Melainkan justru dapat menimbulkan bahaya lanjutan dari penyakit tersebut. Bahkan menurut penuturan sejumlah dokter, mengonsumsi obat kimia memiliki efek samping yang dapat membuat tubuh merasakan sakit secara keseluruhan.

Adapun beberapa jenis penyakit yang bisa berujung pada komplikasi, diantaranya seperti di bawah ini :

Diabetes Mellitus

Kondisi penyakit diabetes dapat hadir bersamaan dengan serangkaian komplikasi stadium lanjut yang lebih parah. Seperti timbulnya penyakit gangren, kaki bengkak, infeksi, kebutaan dan lainnya.

Trombosit di Jantung atau Otak

Kondisi akibat penyakit ini dapat menimbulkan stroke atau infark miokard akut, yang dapat berupa komplikasi gangguan pembekuan darah, radang pembuluh darah, katup jantung buatan dan endokarditis.

Komplikasi Stroke

Kondisi penyakit stroke dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan hingga berisiko mengancam nyawa penderita itu sendiri.

Beberapa komplikasi yang dapat muncul akibat stroke ialah kerusakan yang mengganggu refleks menelan, menumpuknya cairan otak di dalam rongga otak, dan kelumpuhan akibat penggumpalan darah ti tungkai.

Komplikasi Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis dapat terindentifikasi setelah penyakit mengarah pada beberapa keadaan, seperti hiperkalemia, kelebihan cairan, gangguan mineral dan tulang, hipertensi, metabolik asidosis dan lainnya.

Komplikasi Asam Lambung

Karena termasuk jenis penyakit yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan kerap tak segera ditangani, asam lambung juga bisa menimbulkan komplikasi.

Seperti penyempitan saluran esofagus, luka pada lambung, bahkan hingga kanker esofagus.

Komplikasi Penyakit Jantung

Sebagian besar dari jenis komplikasi penyakit jantung dapat berupa kondisi yang bisa berisiko menjadi fatal. Seperti gagal jantung, stroke, serangan jantung, henti jantung, aneurisma, dan lain-lain.

Komplikasi Penyakit Hipertensi

Kondisi hipertensi yang dibiarkan terus menerus tanpa pengobatan, dapat menyebabkan komplikasi yang berakibat fatal. Seperti penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes, stroke, penyakit mata dan lain-lain.

Infeksi Darah

Kondisi ini akan terjadi sebagai jenis komplikasi dari luka atau abses akibat terkena infeksi.

Reaksi alergi

Ini merupakan beberapa jenis anestesi sebagai komplikasi dalam sebuah operasi.

Tulang Dada dan Tulang Rusuk Patah

Hal ini kemungkinan besar dapat membuat komplikasi pada seseorang yang menderita osteoporosis berat.

Eczema Vaccinatum

Merupakan jenis komplikasi vaksinasi cacar yang jarang dan sangat pada terhadap penderita eksim.

Disfungsi Ereksi

Disfungsi Ereksi dan inkontinensia urin yang mungkin mengikuti prostatektomi.

Komplikasi Obesitas

Kondisi ini bukan hanya sekedar kelebihan berat badan saja. Melainkan dapat berisiko menimbulkan penyumbatan terhadap pembuluh darah tubuh, sehingga dapat menimbulkan penyakit.

Banyak sekali jenis penyakit yang bisa terjadi akibat obesitas, meliputi hipertensi, stroke hingga serangan jantung.

Itulah sekilas penjelasan mengenai kondisi gangguan kesehatan tubuh komplikasi – definisi dan penyakit terkait. Semoga bermanfaat.

Sumber

    https://en.wikipedia.org/wiki/Complication_(medicine)

    https://doktersehat.com/cara-mengobati-penyakit-komplikasi-secara-alami/

    https://www.alodokter.com/penyakit-asam-lambung/komplikasi

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P