Kanker Paru-paru – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Kanker paru-paru adalah penyakit mematikan. Kenali apa itu Penyakit Kanker Paru-paru – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya disini 😉

Kanker Paru-paru – Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Kanker paru-paru adalah penyebab nomor satu kematian akibat kanker pada pria dan wanita di AS dan seluruh Indonesia.

Tahap kanker paru-paru mengacu pada sejauh mana kanker sudah menyebar di dalam tubuh.

Paru-paru adalah 2 organ sepon yang terdapat di dalam dada yang berfungsi untuk mengambil oksigen pada saat orang menarik napas kemudian melepaskan karbondioksida saat mengeluarkan napas.

Orang yang merokok memiliki risiko terbesar untuk terkena kanker paru-paru, meskipun penyakit ini juga bisa terjadi pada orang yang tidak pernah merokok.

Jenis Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru juga dikenal sebagai karsinoma bronkogenik karena penyakit ini timbul dari bronkus di dalam paru-paru.

Secara luas, kanker paru-paru diklasifikasikan menjadi 2 yaitu kanker paru-paru sel kecil (SCLC) dan kanker paru-paru non sel kecil (NSCLC).

Klasifikasi itu didasarkan pada penampilan mikroskopis dari sel tumor itu sendiri, khususnya pada ukuran sel.

Kedua jenis kanker tersebut tumbuh dan menyebar dengan cara yang berbeda dan mungkin mempunyai pilihan pengobatan yang berbeda juga, sehingga mengetahui perbedaan di antara keduanya itu penting.

  1. SCLC terdiri sekitar 20% kanker paru-paru dan merupakan kanker paru-paru yang paling agresif dan paling cepat berkembang.

SCLC sangat terkait dengan merokok, hanya 1% dari tumor ini terjadi pada bukan perokok.

  1. NSCLC adalah kanker paru-paru yang paling umum, terhitung sekitar 80% dari semua kanker paru-paru.

NSCLC dapat dibagi menjadi beberapa jenis utama yang dinamai berdasarkan jenis sel yang ditemukan dalam tumor seperti berikut :

  • Adenokarsinoma adalah jenis NSCLC yang paling sering terlihat di AS dan terdiri hingga 50% dari NSCLC.
  • Karsinoma bronkioloalveolar adalah subtipe adenokarsinoma yang sering berkembang di berbagai tempat di paru-paru dan menyebar di sepanjang dinding alveolar yang sudah ada sebelumnya.
  • Karsinoma sel skuamosa sebelumnya lebih umum daripada adenokarsinoma saat ini, mereka menyumbang sekitar 30% dari NSCLC.
  • Karsinoma sel besar, kadang-kadang disebut sebagai karsinoma tidak berdiferensiasi, adalah jenis NSCLC yang paling jarang.

Apa penyebab dan faktor risiko Kanker Paru-paru?

Merokok

Insiden kanker paru-paru memang sangat berkaitan erat dengan merokok, jumlah yang mencapai hingga 90 persen penderita kanker paru-paru timbul akibat dari penggunaan tembakau.

Perokok pasif

Bahkan jika Anda tidak merokok sekalipun, risiko untuk terkena kanker paru-paru tetap meningkat jika Anda terpapar oleh asap rokok di berbagai tempat tinggal maupun bekerja.

Paparan serat asbes

Serat abses merupakan serat silikat yang dapat bertahan seumur hidup di dalam jaringan paru-paru sesudah terpapar oleh abses, yang juga bisa mengembangkan kanker paru-paru akibat dari merokok.

Paparan gas radon

Gas radon ialah gas radioaktif alami yang merupakan produk peluruhan alami uranium yang biasa memancarkan jenis radiasi pengion yang diketahui sebagai penyebab dari kanker paru-paru.

Kecenderungan keluarga

Sebagian besar penyakit kanker paru-paru memang berhubungan dengan merokok, namun penyakit ini juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya.

Seperti diantaranya: kerentanan genetik individu yang bisa berperan dalam penyebab kanker paru-paru.

Penyakit paru paru

Adanya riwayat penyakit paru-paru tertentu terutama penyakit paru obstruktif kronik dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko untuk mengembangkan penyakit kanker paru-paru.

Riwayat kanker paru-paru sebelumnya

Korban kanker paru-paru mempunyai risiko lebih besar untuk terkena kanker paru-paru kedua dibandingkan dengan populasi umum yang mempunyai kanker paru-paru pertama.

Polusi udara

Polusi udara yang berasal dari kendaraan, industri maupun pembangkit listrik juga bisa meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mengembangkan kanker paru-paru pada individu yang terpapar.

Terpapar knalpot diesel

Knalpot yang berasal dari mesin diesel terdiri atas gas dan jelaga (partikel). Terdapat banyak pekerjaan yang sering terpapar oleh knalpot diesel diantaranya: supir truk, pekerja kereta api, pekerja garasi, dan beberapa pekerja pertanian.

Sebuah studi mengenai pekerja yang terpapar oleh knalpot diesel menunjukan peningkatan risiko kanker paru-paru yang kecil tapi signifikan.

Gejala Kanker Paru-paru

Penyakit kanker paru-paru biasanya memang tidak mengakibatkan timbulnya tanda maupun gejala pada tahap awal.

Tanda dan gejala penyakit ini biasa terjadi hanya pada saat penyakitnya sudah lanjut.

Tanda dan gejala kanker paru-paru diantaranya:

  1. Batuk darah
  2. Sesak nafas
  3. Sakit dada
  4. Suara serak
  5. Sakit tulang
  6. Sakit kepala
  7. Berat badan menurun
  8. Batuk tak kunjung sembuh

Bahaya Kanker Paru-paru

Penyakit kanker paru-paru yang tidak segera diobati bisa menyebabkan timbulnya komplikasi seperti berikut:

Sesak nafas – Penderita kanker paru-paru  bisa mengalami sesak nafas apabila kanker tumbuh menghalangi bagian saluran udara utama.

Batuk darah – Kanker paru-paru juga bisa menyebabkan pendarahan di dalam saluran napas, yang bisa mengakibatkan penderita batuk darah (hemoptisis).

Rasa sakit – Kanker paru-paru lanjut yang menyebar hingga ke lapisan paru-paru atau ke area tubuh lain, seperti tulang bisa menyebabkan rasa sakit.

Cairan di dada (efusi pleura) – Kanker paru-paru bisa mengakibatkan timbulnya cairan menumpuk di ruang yang mengelilingi paru-paru yang terkena di rongga dada (ruang pleura).

Kanker yang menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis) – Kanker paru-paru sering menyebar hingga ke bagian lain dari tubuh, seperti otak dan tulang.

Setelah kanker paru-paru menyebar hingga ke luar paru-paru, umumnya kanker tersebut tidak dapat disembuhkan.

Perawatan tersedia hanya untuk mengurangi tanda dan gejala dan untuk membantu penderita hidup lebih lama.

Sumber

    https://www.medicinenet.com/lung_cancer/article.htm#what_are_the_types_of_lung_cancer

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lung-cancer/symptoms-causes/syc-20374620

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P