Gejala dan Faktor Penyebab Rubella

Hallo rekan dan rekanita KonsulGratis.com.. Apa kabar ? We’re hope you always fine.

Verywell, hanya untuk kalian saja.. Kali ini kami ingin membeberkan informasi perihal apa-apa saja “Gejala dan Faktor Penyebab Rubella

Ada yang tau ? Atau justru kalian ingin tahu ? Bagaimana ? Mau tau apa mau tau banget nih ? Ok, dari pada membuang waktu, kita langsung cus ke pokok pembahasanya aja yuk ??

Check result and Happy reading sobat.. 😉

https://farm5.staticflickr.com/4892/46893965962_50d90d97d7.jpg

Apa itu Rubella ?

Rubella atau yang juga dikenal dengan istilah campak Jerman atau “campak tiga hari” merupakan suatu infeksi virus menular yang menyebabkan ruam serta beberapa gejala lainnya.

Akan tetapi, banyak anak-anak yang mengalami penyakit rubella dengan gejala yang sangat ringan. Sehingga mereka tidak menyadari kehadiran penyakit ini pada tubuh mereka.

Tahukah Anda ?

Penyakit rubella juga disebut-sebut sebagai suatu penyakit yang lebih ringan dan tidak bertahan lama jika dibandingkan dengan penyakit campak pada umumnya.

Namun sangat disayangkan, rubella adalah sejenis penyakit yang akan menimbulkan resiko kesehatan yang begitu signifikan untuk seorang wanita yang tengah dalam masa kehamilan.

Pasalnya, seorang wanita hamil yang memiliki penyakit rubella terutama di awal trisemester pertama. Maka janin sangat beresiko untuk mengalami keguguran atau mungkin mengalami cacat lahir yang parah.

Sementara, setelah seseorang sekali mendapatkan penyakit rubella. Maka ia akan memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut bahkan hingga seumur hidup.

Faktanya..

Rubella adalah penyakit yang bisa dicegah. Pada tahun 1969, program vaksinasi telah membantu menurunkan kasus penyakit rubella secara drastis.

Ya, sampai saat ini vaksin rubella masih menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk membantu mencegah dan menurunkan resiko penyakit rubella pada seseorang.

Terlepas dari itu, sangat disayangkan sekali hampir sekitar 25-50% penderita rubella tidak menyadari bahwa tubuh mereka telah diserang oleh penyakit tersebut.

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa seseorang bisa bersentuhan langsung atau terinfeksi oleh penyakit rubella bahkan tanpa sadar.

Fakta-fakta Perihal Penyakit Rubella

  1. Virus penyebab penyakit rubella dapat melewati plasenta dan mempengaruhi janin di dalam kandungan.
  2. Pada setengah kasus dari total keseluruhan kasus penyakit rubella umumnya tidak menunjukan gejala. Namun ada beberapa kasus yang disertai dengan gejala seperti demam, pilek, ruam dan sakit kepala.
  3. Selama kehamilan, penyakit rubella dapat menjadi sindrom rubella bawaan yang menjadi penyebab mendasar tuli pada bayi belum lahir.
  4. Vaksinasi adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut.

Gejala Penyakit Rubella

Pada dasarnya, gejala yang paling umum dari penyakit rubella ialah ruam. Jika ruam telah muncul, maka warnanya akan menjadi merah muda pucat atau lebih muda dibandingkan ruam penyakit campak.

Dalam bahasa latin sendiri, rubella memiliki arti “sedikit merah”. Nama tersebut merujuk pada warna ruam yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut.

Gejala penyakit rubella sendiri umumnya muncul setelah 2 sampai 3 minggu infeksi masuk ke dalam tubuh.

Untuk gejala ruam nya sendiri, ia kerap dimulai pada wajah dan dapat bergerak atau menyebar ke seluruh anggota badan. Dan setelah 3-5 hari, ruam tersebut akan mulai memudar dan menghilang.

Lain halnya dengan ruam pada penyakit campak umum, ruam pada penyakit rubella ini kerap disertai dengan rasa gatal yang mengganggu.

Selain itu, kondisi tersebut juga kerap disertai dengan beberapa gejala lain termasuk :

  1. Hidung tersumbat dan hidung berair
  2. Sakit kepala
  3. Demam ringan
  4. Sakit tenggorokan
  5. Batuk
  6. Sakit sendi
  7. Pembengkakan kelenjar getah bening
  8. Mata yang memerah dan meradang
  9. Peradangan saraf.

Meskipun sejatinya penyakit rubella dapat menyerang usia berapapun, namun penyakit tersebut jarang terjadi pada bayi atau orang yang telah menginjak usia 40 tahun ke atas.

Namun, seseorang yang mengidap penyakit rubella pada usia yang lebih tua biasanya akan memiliki gejala yang jauh lebih parah.

Sementara pada anak-anak sendiri, umumnya penyakit rubella berkisar antara ringan bahkan gejala hampir tidak terlihat sama sekali.

Untuk mereka (anak-anak) gejala ruam kemerahan umumnya merupakan tanda yang pertama kali muncul. Biasanya mereka dimulai dari wajah yang bisa menyebar hingga ke seluruh tubuh.

Penyebab Penyakit Rubella

Rubella adalah sejenis penyakit yang diakibatkan oleh virus rubella. Virus tersebut dapat menyebar dengan cara yang sama dengan virus lainnya. Yaitu melalui tetesan air hidung.

Selain itu, virus penyebab penyakit rubella tersebut juga bisa menular melalui cairan mulut yang beterbangan di udara pada saat penderita bersin, batuk, atau hanya sekedar bicara.

Sebelum mulai menimbulkan gejala, virus penyebab rubella tersebut dapat mengalami masa inkubasi sekitar 12 sampai dengan 23 hari.

Seseorang yang telah terinfeksi virus penyebab penyakit rubella bisa menularkan penyakitnya tersebut bahkan 10 hari sebelum gejala tersebut mulai menunjukkan eksistensinya.

Komplikasi

Komplikasi paling umum dari penyakit rubella ialah adanya perkembangan bentuk artritis ringan yang bisa hilang dengan sendirinya meski dengan atau tanpa upaya pengobatan.

Namun, penyakit rubella yang menyerang orang yang lebih dewasa ternyata bisa menyebabkan perkembangan infeksi virus lainnya termasuk infeksi telinga.

Komplikasi yang lebih jarang namun sangat serius dan dapat terjadi pada penderita rubella ialah trombosit rendah dan ensefalitis (infeksi otak).

Terlepas dari itu, seorang wanita hamil tetap memegang resiko komplikasi penyakit rubella yang jauh lebih serius. karena wanita hamil dengan penyakit rubella bisa mengalami keguguran.

Selain itu, beberapa masalah juga bisa timbul pada anak-anak yang lahir dari ibu dengan penyakit rubella, seperti :

  1. Cacat sumsum tulang belakang
  2. Ketulian
  3. Katarak
  4. Kelainan jantung
  5. Masalah perkembangan
  6. Pertumbuhan yang melambat.

Nah, itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui perihal Gejala dan Faktor Penyebab Rubella. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Sumber

    https://medbroadcast.com/condition/getcondition/rubella

    https://www.cdc.gov/rubella/about/symptoms.html

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/164504.php

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P