Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Parkinson

Wilujeng sumping and welcome back agains.. bersama kami KonsulGratis.com, sebagai salah satu situs penyaji informasi kesehatan terakurat dan terupdate tentunya.

Nah, sebagai ungkapan terimakasih kami untuk kalian.. Kali ini kami ingin menyajikan informasi yang sudah lama Anda tunggu-tunggu tentunya. Yaitu perihal “Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Parkinson

Well, happy reading anda enjoy ya sobat.. 😉

Gejala dan Faktor Penyebab Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson juga disebut-sebut sebagai kelainan gerakan. Tentu saja kondisi ini akan mempengaruhi fungsi sistem syaraf dan menimbulkan gejala yang akan semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Gangguan gerakan sejenis penyakit parkinson lainnya ialah cerebral palsy, ataxia, dan sindrom Tourette.

Lantas apa itu penyakit parkinson ??

Penyakit parkinson adalah suatu kondisi yang terjadi ketika adanya kelainan pada sistem saraf progresif yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan pergerakan atau diam.

Gejala dari penyakit parkinson ini akan mengalami perkembangan secara bertahap, dan terkadang gejala tersebut dimulai dengan tremor (getaran) yang nyaris tak terlihat.

Tak hanya tremor (getaran) saja, akan tetapi penyakit parkinson ini juga kerap menyebabkan kekakuan dan memperlambat gerakan penderitanya.

Tahukah Anda ?

Pada awal tahap kemunculannya, mungkin wajah akan sedikit memberi alarm dengan lebih sedikit atau justru kesulitan untuk berekspresi dan lengan yang tak berayun ketika berjalan.

Dan seperti yang telah disebutkan diatas bahwa gejala dari penyakit parkinson akan mulai mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu.

Faktanya..

Setiap penderita parkinson, umumnya tidak akan mendapatkan tanda ataupun gejala yang sama persis. Tanda awal sendiri mungkin bersifat ringan sehingga jarang diperhatikan.

Gejala Penyakit Parkinson

Gejala ataupun tanda dari penyakit parkinson kerap kali menyerang salah satu bagian sisi tubuh saja. Dan biasanya gejala yang memburuk juga akan terjadi pada bagian sisi tubuh tersebut.

Bahkan setelah gejala penyakit parkinson mulai menyerang dan mempengaruhi kedua bagian sisi tubuh.

Adapun tanda atau gejala dari penyakit parkinson ialah meliputi :

  1. Tremor (getaran)

Tremor atau getaran umumnya dimulai pada bagian tubuh anggota gerak seperti tangan atau jari tangan.

Kemungkinan besar gejala yang satu ini akan menyebabkan tangan bergetar ketika tidak melakukan pergerakan sama sekali.

  1. Gerakan Lambat (bradykinesia)

Seiring berjalannya waktu, penyakit parkinson akan menyebabkan gerakan seseorang dengan penyakit parkinson mulai melambat.

Sehingga untuk mengerjakan tugas-tugas rumah sederhana saja akan sulit dan memakan waktu. Bahkan, mungkin langkah penderita parkinson akan menjadi lebih pendek saat berjalan.

  1. Otot Kaku

Kekakuan otot pada bagian tubuh manapun bisa terjadi pada penderita penyakit parkinson. Bahkan kekakuan pada otot kerap kali disertai rasa sakit sehingga membatasi ruang gerak penderita.

  1. Postur dan Keseimbangan tubuh terganggu

Postur tubuh menjadi bungkuk adalah hal yang kerap kali terlihat pada seorang penderita parkinson. Selain itu, penderita parkinson juga mungkin akan mengalami masalah keseimbangan saat berdiri.

  1. Hilangnya Gerakan Otomatis

Seorang penderita parkinson juga mungkin akan mengalami penurunan kemampuan otomatis termasuk mengedipkan mata, tersenyum atau hanya sekedar mengayunkan tangan ketika berjalan.

  1. Tulisan Tangan Kecil

HATI-HATI !! Jika Anda melihat kata-kata pada tulisan sebelumnya berbeda dengan tulisan kali ini.

Maka kondisi tersebut bisa menjadi salah satu gejala penyakit parkinson yang jauh lebih dikenal dengan istilah (mikrografia).

  1. Hilangnya Aroma

Selain mempengaruhi otak, penyakit parkinson juga kerap kali menimbulkan masalah pada indera penciuman. Sehingga tak jarang seorang penderita parkinson kerap tak bisa membedakan aroma makanan dengan baik.

  1. Sembelit

Apakah Anda kesulitan untuk membuang sampah yang ada pada perut Anda ?? Ketika usus mulai kesulitan untuk bergerak dan mengerjakan tugasnya, maka kemungkinan itu adalah tanda awal parkinson.

  1. Kesulitan untuk Tidur

Apakah Anda kerap meronta-ronta atau memerankan mimpi ketika tertidur ? Gerakan mendadak pada saat tidur juga merupakan salah satu gejala dari penyakit parkinson.

  1. Kemampuan Bicara yang Berubah

Seorang penderita penyakit parkinson mungkin akan berbicara dengan lembut, cepat, sedikit menyentak dan timbul keraguan sebelum berbicara.

Penyebab Penyakit Parkinson

Pada dasarnya, penyakit parkinson akan membuat sel-sel saraf (neuron) tertentu pada jaringan otak akan mengalami kerusakan atau bahkan mati secara bertahap.

Banyaknya gejala yang diakibatkan oleh hilangnya neuron yang menghasilkan zat kimia pada jaringan otak yang disebut dengan dopamin.

Nah, ketika kadar dopamin di dalam jaringan otak mulai menurun, maka aktivitas otak abnormal pun tak bisa terelakkan hingga muncullah penyakit parkinson.

Baca Juga : Pantangan dan Anjuran Makanan untuk Penderita Parkinson

Faktor Resiko

Terlepas dari penyebab, ternyata beberapa hal berikut ini juga disebut-sebut memiliki peranan yang besar dalam menimbulkan penyakit parkinson termasuk :

  1. Gen

Pada dasarnya, penyakit parkinson adalah sejenis penyakit yang lebih cenderung dan kerap kali menyerang seseorang pada usia yang tidak lagi muda atau pada sekitar usia diatas 60 tahun.

Dan pertambahan usia sendiri, menjadi salah satu penyebab meningkatnya resiko penyakit parkinson pada seseorang.

  1. Lingkungan

Memiliki kerabat atau saudara atau justru orang tua dengan riwayat penyakit yang sama, akan lebih mungkin untuk meningkatkan resiko penyakit parkinson pada seseorang.

Akan tetapi, faktor resiko tersebut masih terbilang sangat kecil. Kecuali jika seseorang tersebut memiliki banyak kerabat atau keluarga dengan penyakit parkinson.

  1. Jenis Kelamin

Sejatinya, kaum pria memiliki resiko yang jauh lebih tinggi untuk terserang penyakit parkinson jika dibandingkan dengan wanita.

  1. Paparan Racun

Paparan herbisida dan atau peptisida yang tengah berlangsung, sedikit besarnya akan menyebabkan resiko penyakit parkinson menjadi meningkat.

Komplikasi

Menyebalkannya, adalah ternyata penyakit parkinson tidak selalu datang sendirian. Namun, kerap kali kehadirannnya disertai dengan beberapa masalah kesehatan lain, seperti :

  1. Kesulitan berpikir

Seorang penderita parkinson, mungkin akan mengalami masalah kognitif otak (demensia) dan kesulitan dalam berpikir. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada tahap akhir penyakit.

  1. Depresi

Tak jarang, seorang penderita penyakit parkinson juga akan mengalami depresi pada tahap-tahap awal penyakit.

  1. Masalah Menelan

Pada saat kondisi penyakit ini mulai berkembang, mungkin penyakit ini akan menyebabkan penderitanya kesulitan untuk menelan.

Sehingga air liur cenderung akan menumpuk di dalam mulut, bahkan hingga mengakibatkan terjadinya ngeces.

  1. Masalah Mengunyah dan Makan

Pada tahap akhir, penyakit parkinson bahkan bisa mempengaruhi jaringan otot yang berada di area mulut. Sehingga mengakibatkan seseorang tidak bisa mengunyah.

  1. Gangguan Tidur

Seseorang dengan penyakit parkinson juga sering kali mengalami masalah dalam tidurnya, termasuk untuk terjaga sepanjang malam.

  1. Masalah Kandung Kemih

Penyakit parkinson umumnya juga dapat mempengaruhi kesehatan kandung kemih hingga menimbulkan permasalahan, termasuk sulitnya mengontrol urin atau mengalami kesulitan untuk buang air kecil.

  1. Sembelit

Jika seorang penderita parkinson memiliki sistem pencernaan yang lambat, maka kondisi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya konstipasi (sembelit).

Terlepas dari itu, seorang penderita parkinson juga dapat mengalami beberapa kondisi berikut ini :

  1. Perubahan tekanan darah
  2. Disfungsi hidung
  3. Kelelahan
  4. Rasa nyeri
  5. Disfungsi seksual.
Sumber
    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/parkinsons-disease/symptoms-causes/syc-20376055

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P