Gejala dan Faktor Penyebab Malaria

Ohayo sobat KonsulGratis.com.. Spesial untuk hari ini tim memiliki ide yang sangat bagus.. Bagaimana jika kali ini kita kupas informasi seputar “Gejala dan Faktor Penyebab Malaria” ?? Apa kalian setuju sobat ?

Jika kalian setuju, yuk langsung kita simak informasinya dibawah yuk guys..

Check result and happy reading ya guys.. 😉

Gejala dan Faktor Penyebab Malaria

Apa itu malaria ?

Malaria adalah sejenis penyakit tropis yang disebarkan oleh nyamuk-nyamuk yang tidak bertanggung jawab.

Jika, penyakit ini tak segera mendapatkan upaya penanganan yang tepat dan cepat. Maka besar kemungkinan ia akan menimbumbulkan suatu kondisi yang sangat fatal.

Faktanya.. Cukup dengan 1 gigitan nyamuk saja, seseorang bisa terinfeksi oleh penyakit malaria.

Sampai saat ini saja, malaria masih menjadi masalah global yang signifikan. Pada tahun 2015 saja, ditemukan kasus malaria diseluruh dunia dalam jumlah sekitar 214 juta kasus yang menewaskan 438.000 penderitanya.

Tahukah Anda ?

Nyamuk Anopheles yang telah terinfeksi oleh parasit plasmodium adalah biang kladi dari penyakit malaria yang ditularkan kepada manusia.

Bahkan telah disebutkan, ada lebih dari 100 jenis parasit plasmodium yang bisa menginfeksi berbagai jenis spesies.

Perbedaan parasit yang menginfeksi, akan berpengaruh terhadap seberapa cepat penyakit tersebut berkembang, menimbulkan gejala, memperburuk serta meningkatkan keparahan kondisi dari penyakit itu sendiri.

Namun meskipun demikian, hanya ada 5 jenis parasit plasmodium yang sangat umum dan dapat menginfeksi manusia, yang diantaranya termasuk :

  1. Plasmodium vivax
  2. Plasmodium falciparum
  3. Plasmodium malariae
  4. Plasmodium ovale
  5. Plasmodium knowlesi (jenis yang kurang umum).

Beberapa ada yang menyebabkan malaria dalam kondisi yang ringan dan beberapa lainnya menyebabkan penyakit malaria dalam kondisi yang jauh lebih buruk.

Nah, infeksi plasmodium falcifarum sendiri adalah salah satu infeksi penyakit malaria yang paling parah bahkan hingga mengakibatkan kematian pada penderitanya.

Begitu nyamuk Anopheles yang terinfeksi menggigit manusia, maka parasit tersebut berkembang biak dan tinggal pada organ hati. Sesaat sebelum ia benar-benar menimbulkan gejala dan menghancurkan sel darah merah.

Gejala Penyakit Malaria

Pada dasarnya waktu antara infeksi dan kapan gejala mulai muncul (masa inkubasi) adalah 7 – 18 hari. Dan kondisi tersebut akan sangat dipengaruhi oleh jenis parasit yang menginfeksi.

Meskipun demikian, pada beberapa kasus lain yang lebih jarang. Masa inkubasi penyakit malaria bisa terjadi hingga satu tahun sebelum ia benar-benar menunjukkan gejalanya.

HATI-HATI !! Pasalnya, gejala awal penyakit malaria hampir sama dengan gejala flu seperti :

  1. Demam
  2. Meriang
  3. Muntah
  4. Nyeri otot
  5. Diare
  6. Kelelahan
  7. Merasa tubuh tidak fit.

Gejala-gejala yang sangat umum tersebut, seringkali sulit untuk di identifikasi sebagai penyakit malaria.

Namun gejala penyakit malaria umumnya muncul dalam siklus 48 jam. Nah, selama siklus ini berlangsung, seorang penderita mungkin akan merasa sangat kedinginan hingga menggigil.

Kemudian ia akan mengembangkan suhu tinggi (demam) yang disertai dengan keringat dan kelelahan yang sangat parah.

Penyebab Penyakit Malaria

Malaria adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit plasmodium yang masuk kedalam tubuh melalui gigitan nyamuk Anopheles.

Jangan salah !! Parasit plasmodium ini hanya bisa disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina yang kerap melakukan aksinya di malam hari. Ya, mereka lebih sering menggigit manusia diantara waktu senja hingga terbit fajar.

Faktanya, tak hanya nyamuk saja. Namun seorang penderita penyakit malaria juga memiliki kemungkinan untuk menularkan parasit plasmodium tersebut pada nyamuk yang menggigitnya.

Namun meskipun demikian, penyakit malaria tidak bisa ditularkan dari satu orang ke orang lainnya.

Lantas bagaimana penyakit malaria bisa berkembang ?

Setelah seseorang digigit oleh nyamuk, maka parasit akan mulai masuk kedalam aliran darah untuk kemudian tinggal dan berkembang di dalam organ hati.

Nah ketika infeksi tersebut telah berkembang di dalam organ hati, maka ia akan kembali ke dalam aliran darah dan melakukan penyerangan terhadap sel darah merah.

Sehingga secara berkala, sel-sel darah merah yang telah terinfeksi akan pecah dan melepaskan lebih banyak parasit pada sel darah merah lainnya.

Umumnya, sel darah merah yang telah terinfeksi akan pecah dalam kurun waktu 48-72 jam. Dan setiap kali mereka pecah, maka penderita akan mengalami demam, kedinginan dan berkeringat.


Komplikasi

Malaria termasuk pada golongan penyakit yang sangat serius dan bisa berakibat sangat fatal jika tak segera mendapatkan upaya pengobatan dalam waktu yang cepat dan tepat.

Pasalnya, pengembangan komplikasi penyakit malaria yang sangat parah dapat terjadi dalam beberapa jam atau dalam beberapa hari pertama setelah gejala muncul.

Adapun beberapa komplikasi dari penyakit malaria, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Anemia
  2. Malaria serebral (penyakit malaria yang mempengaruhi otak bahkan hingga menyebabkan kerusakan otak permanen)
  3. Gagal hati dan penyakit kuning
  4. Gagal ginjal
  5. Hipohlikemia
  6. Pembengkakan dan pecahnya limpa
  7. Sindrom gangguan pernapasan akut
  8. Edema paru
  9. Dehidrasi.

Sementara, wanita hamil yang mengidap penyakit malaria juga dapat mengembangkan komplikasi yang sangat serius, termasuk :

  1. Kaguguran
  2. Kematian ibu
  3. Terhambatnya pertumbuhan bayi di dalam kandungan
  4. Kelahiran bayi prematur
  5. Berat badan rendah
  6. Bayi lahir dalam keadaan meninggal.

Nah, untuk mencegah kondisi yang mengerikan tersebut. Maka seorang penderita malaria memerlukan upaya pengobatan yang tepat dan cepat.

Sumber

    https://www.nhs.uk/conditions/malaria/symptoms/

    https://www.nhs.uk/conditions/malaria/causes/

    https://www.nhs.uk/conditions/malaria/complications/

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P