Gejala dan Faktor Penyebab Alzheimer

Hallo teman.. Salam rindu dan selamat bergabung kembali dengan kami tim KonsulGratis.com..

Nah.. Hanya untuk teman saja kali ini, kami ingin memaparkan informasi perihal apa-apa saja yang menjadi “Gejala dan Faktor Penyebab Alzheimer

Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik ya teman.. 😉 Check result and Happy reading.. 😉

Gejala dan Faktor Penyebab Alzheimer

Apa itu Alzheimer ?

Alzheimer adalah sejenis penyakit yang menggambarkan suatu kondisi kelainan progresif pada sel saraf otak yang menyebabkan kematian sel otak secara bertahap.

Penyakit Alzheimer sendiri merupakan salah satu penyebab paling umum dari demensia yang kerap mengakibatkan perubahan prilaku, cara berpikir dan cara bersosialisasi.

Tahukah Anda ?

Tanda atau gejala awal penyakit Alzheimer yang muncul umumnya melupakan suatu peristiwa atau percakapan yang baru saja dilalui.

Dan seiring dengan perkembangan penyakit, seorang penderita Alzheimer akan mengalami kerusakan memori yang lebih buruk bahkan hingga kehilangan kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari.

Sementara, obat-obatan yang disebut-sebut memiliki khasiat untuk memperbaiki gejala atau memperlambat perkembangan penyakit hanya bersifat sementara waktu saja.

Meskipun demikian, terkadang upaya pengobatan tersebut juga dapat membantu memaksimalkan fungsi dan mempertahankan independensi untuk sementara waktu juga.

Gejala Penyakit Alzheimer

Kehilangan memori adalah gejala utama dari penyakit Alzheimer. Adapun tanda atau gejala awal dari penyakit ini ialah melupakan peristiwa atau percakapan yang baru saja terjadi.

Ketika penyakit Alzheimer ini berkembang, maka gangguan ingatan akan semakin memburuk dan gejalanya pun akan turut mengalami perkembangan.

Perubahan sel-sel otak terkait penyakit Alzheimer dapat menyebabkan beberapa masalah bermunculan, termasuk :

  1. Ingatan

Pada dasarnya, setiap orang mungkin mengalami penyimpangan memori, seperti lupa meletakkan kunci atau lupa nama seorang kenalan barunya adalah hal yang normal.

Namun, lain halnya dengan penyimpangan memori yang diakibatkan oleh penyakit Alzheimer. Karena ia akan terus-menerus berlanjut dan memburuk seiring dengan berjalannya waktu.

Terlepas dari itu, seorang penderita Alzheimer juga dapat :

  • Meminta untuk mengulang pertanyaan dan bertanya secara berulang-ulang
  • Melupakan janji
  • Salah menaruh barah secara terus-menerus atau menaruh barang di tempat yang tidak seharusnya
  • Tersesat ditempat yang kerap dikunjungi
  • Melupakan nama benda bahkan nama anggota keluarganya
  • Kesulitan untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk mengidentifikasi suatu objek dan mengekspresikan pikiran.
  1. Berpikir dan Konsentrasi

Penyakit Alzheimer dapat menyebabkan seseorang kesulitan dalam berpikir dan berkonsentrasi terutama tentang konsep abstrak seperti angka.

  1. Membuat Keputusan

Seiring dengan berkembangnya penyakit Alzheimer pada seseorang, maka kemampuan seseorang tersebut dalam memberikan penilaian atau membuat keputusan akan mulai menurun.

Sehingga seorang penderita Alzheimer, akan sulit merespon masalah sehari-hari secara tanggap, seperti situasi mengemudi yang tak terduga atau kebakaran diatas kompor.

  1. Perubahan Kepribadian dan Prilaku

Permasalahan yang tengah terjadi pada otak seorang penderita Alzheimer sejatinya dapat mempengaruhi prilaku dan suasana hari mereka.

Masalah tersebut, mungkin termasuk :

  • Depresi
  • Apati
  • Mengasingkan diri dari dunia sosial
  • Perasaan tidak percaya pada orang lain
  • Delusi (seperti mempercayai sesuatu telah dicuri)
  • Perubahan kebiasaan tidur
  • Agresivitas dan lebih mudah marah
  • Moody.
  1. Mempertahankan Suatu Hal

Faktanya, ada banyak hal yang dilakukan oleh penderita Alzheimer dalam waktu yang lebih lama dari biasanya ketika gejala penyakit tersebut mulai memburuk.

Termasuk seperti membaca, mendengarkan buku, bercerita dan mengenang kembali, mendengarkan musik, bernyanyi, menari, mengerjakan keterampilan tangan.

Kondisi ini tentu saja, merupakan salah satu hal yang diakibatkan oleh bagian-bagian sel otak yang memang telah dikemudikan oleh penyakit Alzheimer.

Baca Juga : Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Alzheimer

Penyebab Penyakit Alzheimer

Para ilmuan banyak yang percaya bahwa kebanyakan kasus penyakit Alzheimer diakibatkan oleh kombinasi genetik, gaya hidup dan lingkungan yang mempengaruhi sel otak.

Namun, untuk penyebab pasti dari penyakit Alzheimer bahkan sampai saat ini belum diketahui sepenuhnya. Namun pada intinya, masalah protein otak yang gagal berfungsi seringkali mengganggu kinerja sel otak.

Bahkan kondisi tersebut kerap kali mengakibatkan lepasnya serangkaian peristiwa-peristiwa beracun, sehingga berimbas pada kerusakan neuron dan hilangnya koneksi antara sel hingga kematian sel.

Sementara itu, kerusakan akibat penyakit Alzheimer sering di mulai di wilayah otak yang mengambil tugas untuk mengontrol memori.

Akan tetapi prosesnya sangatlah lambat bahkan hingga bertahun-tahun sebelum penyakit tersebut benar-benar menunjukan eksistensi gejala awalnya.

Faktor Resiko

Selain itu, para ilmuan juga banyak yang percaya bahwa beberapa kondisi berikut ini memainkan peranan yang sangat besar dalam menimbulkan penyakit Alzheimer pada seseorang :

  1. Usia

Bertambahnya usia adalah salah satu alasan terbesar meningkatnya resiko seseorang untuk terkena penyakit Alzheimer. Namun perlu diperhatikan, bahwa Alzheimer bukan bagian dari proses penuaan.

Akan tetapi seiring dengan pertambahan usia, penyakit tersebut akan lebih mungkin untuk berkembang.

Salah satu studi juga menunjukan bahwa setiap tahun ditemukan 2 kasus baru dari 1.000 orang yang berusia 65-74 tahun, 11 kasus baru dari 1.000 orang yang berusia 75-85 tahun, 37 kasus baru dari 1.000 orang yang berusia >85 tahun.

  1. Riwayat Penyakit Keluarga

Resiko tertinggi kemunculan penyakit Alzheimer dipegang oleh genetika keluarga.

Ya, seseorang dengan mekanisme genetika Alzheimer didalam ruang lingkup keluarganya memiliki resiko penyakit Alzheimer yang jauh lebih tinggi.

  1. Gender

Dari banyaknya kasus yang terjadi, ternyata gender juga memiliki pengaruh yang cukup besar menimbulkan penyakit Alzheimer.

Salah satu fakta juga menunjukan bahwa wanita dengan penyakit alzheimer umumnya bisa hidup lebih lama dibandingkan dengan pria yang mengidap penyakit alzheimer.

Ya, seseorang dengan mekanisme genetika Alzheimer didalam ruang lingkup keluarganya. Akan memiliki resiko penyakit Alzheimer yang jauh lebih tinggi.

  1. Sindrom Down

Faktanya, banyak sekali orang-orang dengan sindrom down mengembangkan penyakit Alzheimer pada tubuhnya.

Tanda ataupun gejala dari penyakit Alzheimer pada penderita sindrom down sendiri akan muncul hingga 10-20 tahun lebih cepat dibanding dengan penderita Alzheimer tanpa sindrom down.

  1. Penyakit Kognitif Ringan

Gangguan kognitif yang ringan sama hal nya dengan adanya penurunan fungsi daya ingat atau keterampilan lainnya.

Selain itu, penyakit Alzheimer juga merupakan salah satu penyebab yang mendasari terjadinya demensia pada seseorang.

  1. Trauma Kepala

Orang yang pernah mengalami trauma kepala atau pernah melakukan operasi kepala. Sehingga secara tidak langsung, hal tersebut akan mengakibatkan seseorang rentan terkena Alzheimer.

  1. Gaya Hidup dan Kesehatan Jantung

Salah satu hasil penelitian menunjukan bahwa faktor resiko terkait penyakit jantung juga akan berimbas pada meningkatnya resiko penyakit Alzheimer.

Faktor-faktor tersebut ialah meliputi :

Komplikasi

Ketika penyakit Alzheimer mulai mengalami perkembangan pada tahap akhir, perubahan sel didalam otak akan mulai mempengaruhi fungsi fisik seperti menelan, kontrol usus, keseimbangan dan kandung kemih.

Kondisi-kondisi tersebut tentu saja akan meningkatkan kerentanan terhadap beberapa masalah, seperti :

  1. Menghirup makanan atau cairan ke paru-paru
  2. Patah tulang
  3. Luka baring
  4. Pneumonia dan berbagai jenis infeksi lainnya
  5. Dehidrasi
  6. Malnutrisi.
Sumber
    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/alzheimers-disease/symptoms-causes/syc-20350447

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P