Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim yang Harus Diketahui Wanita

Ladies selamat datang di konsulgratis.com, khusus hari ini kami akan mengulas mengenai Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim yang Harus Diketahui Wanita.

Kanker serviks bagi wanita merupakan ancaman tersendiri. Bagaimana tidak penyakit berbahaya ini menjadi penyebab tertinggi kematian perempuan di Indonesia.

Namun tak perlu khawatir, ternyata penyakit ini masih bisa disembuhkan. Langsung saja yuk intip cara pengobatan kanker serviks rahim tersebut di bawah ini …

Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim yang Harus Diketahui Wanita

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi di dalam sel-sel serviks yang merupakan bagian terbawah dari uterus yang terhubung ke vagina.

Berbagai strain dari Human papillomavirus (HPV) dan infeksi menular seksual, memainkan peran penting dalam menyebabkan kanker serviks.

Ketika terkena HPV, sistem imun tubuh seorang wanita biasanya akan mencegah virus untuk melakukan hal-hal berbahaya.

Namun dalam kelompok kecil wanita, virus tersebut bertahan selama bertahun-tahun, berkontribusi pada proses yang menyebabkan beberapa sel pada permukaan serviks berubah menjadi sel kanker.

Anda dapat mengurangi resiko mengembangkan sel kanker dengan melakukan screening  test dan menerima vaksin yang dapat melindungi serviks dari serangan infeksi HPV.

Apa Sebenarnya yang Menyebabkan Kanker Serviks Rahim?

Kanker serviks bermula ketika sel sehat memperoleh perubahan genetik (mutasi) yang menyebabkan sel tersebut berubah menjadi sel abnormal.

Sel-sel sehat tumbuh dan berkembangbiak pada tingkat yang telah ditetapkan, dan akhirnya akan mengalami kematian pada waktu yang ditentukan pula.

Sel kanker tumbuh dan berkembangbiak diluar kendali namun mereka tidak mengalami kematian. Akumulasi sel abnormal tersebut akan berbentuk massa (tumor).

Sel kanker dapat menyerang jaringan di dekatnya bahkan tumor tadi dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) di tempat lain dalam tubuh.

Sampai saat ini masih belum jelas apa yang menyebabkan kanker serviks ini terjadi. Tetapi sudah bisa dipastikan bahwa HPV berperan penting dalam memicu kanker serviks.

HPV adalah virus yang sangat umum dan kebanyakan wanita dengan virus tersebut tidak pernah mengembangkan kanker serviks.

Hal ini menanandakan bahwa adanya faktor lain seperti lingkungan atau gaya hidup yang juga berkontribusi pada pengembangan kanker serviks ini.

Gejala dan Tanda-tanda Kanker Serviks Rahim

Pada kanker serviks tahap awal biasanya tidak akan menunjukan tanda atau gejala apapun.

Adapun tanda dan gejela akan muncul ketika kanker serviks memasuki stadium lanjut, seperti :

  • Perdarahan vagina setelah hubungan seksual, diantara siklus menstruasi ataupun setelah menopause.
  • Keputihan berdarah yang mungkin terlihat tebal dan berbau tidak sedap.
  • Nyeri panggul dan nyeri saat berhubungan seksual.

Bahaya dan Komplikasi Kanker Serviks Rahim

Komplikasi kanker serviks dapat terjadi sebagai efek samping pengobatan atau akibat dari kanker serviks stadium lanjut. Adapun bahaya yang mengancam penderitanya adalah:

  • Nyeri

Menderita kanker tidak selalu merasakan nyeri. Nyeri tersebut hampir tidak pernah menjadi gejala kanker tahap awal.

Bahkan orang-orang dengan kanker stadium lanjut tidak selalu merasakan nyeri. Jika kanker menyebar ke ujung syaraf, tulang atau otot biasanya menyebabkan rasa sakit yang parah.

Penting untuk mengatasi rasa sakit tersebut secara efektif serta bicarakan pada dokter Anda jika obat nyeri tidak membantu kondisi tersebut.

Namun sejumlah obat penghilang rasa sakit yang sering digunakan efektif untuk menghilangkan rasa nyeri.

Namun hal tersebut juga bergantunng pada kadar nyerinya. Obat-obatan tersebut dapat berkisar dari paracetamol dan obat peradangan non-steroid (NSAIDs), seperti ibuprofen.

  • Gagal ginjal

Ginjal dalam tubuh Anda bertugas menghilangkan limbah dari dalam darah. Limbah tersebut akan keluar dari tubuh dalam bentuk urin melalui tabung yang disebut dengan ureter.

Fungsi ginjal ini dapat dipantau dengan tes darah. Pada beberapa kasus, kanker serviks stadium lanjut, tumor kanker (pertumbuhan jaringan abnorkmal) dapat menekan ureter.

Sehingga menyebabkan aliran darah terhalang untuk keluar dari ginjal.

Penumpukan urin dalam ginjal dikenal sebagai hydronephrosis dan dapat menyebabkan ginjal membengkak dan meregang.

Kasus hydronephrosis yang parah dapat menyebabkan ginjal menjadi meregang yang dapat memicu ginjal kehilangan semua fungsinya. Dan kondisi inilah yang disebut dengan gagal ginjal.

  • Gumpalan darah

Kanker serviks, seperti halnya jenis kanker lain dapat membuat darah lebih kaku atau lengket dan membuatnya lebih rentan untuk membentuk gumpalan.

Beristirahat setelah operasi dan kemoterapi juga dapat meningkatakn resiko pengembangan gumpalan darah.

Kanker serviks stadium lanjut dapat menyebar ke pembuluh darah secara langsung yang juga dapat meningkatkan resiko pengembangan gumpalan darah.

Jenis gumpalan darah disebut dengan deep venous thrombosis (DVT) dapat terjadi dalam kasus kanker serviks.

DVT adalah gumpalan darah yang berkembang di dalam salah satu pembuluh darah dalam tubuh biasanya belokasi di kaki.

  • Perdarahan

Jika kanker menyebar ke vagina, usus atau kandung kemih maka dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan dan mengakibatkan perdarahan.

Perdarahan dapat terjadi dalam vagina, rektum atau mungkin darah dapat keluar ketika Anda buang air kecil.

Perdarahan minor sering kali dapat diobati menggunakan obat yang disebut dengan asam traneksamat, yang mendorong darah untuk membeku dan menghentikan pendarahan.

  • Fistula

Fistula adalah saluran abnormal yang berkembang di antara dua bagian tubuh.

Dalam kebanyakan kasus yang melibatkan kanker serviks, fistula berkembang diantara kandung kemih dan vagina.

Hal ini dapat mengakibatkan keluarnya cairan secara terus menerus dari vagina. Terkadang fistula dapat berkembang diantara vagina dan rektum.

Pembedahan biasanya diperlukan untuk memperbaiki fistula tersebut.

Meskipun operasi sering tidak mungkin dilakukan pada orang dengan kanker serviks stadium lanjut. Hal ini dikarenakan mereke terlalu lemah untuk menahan efek operasi.

Dalam kasus seperti itu, perawatan sering melibatkan penggunaan obat, krim dan losion untuk mengurangi jumlah kotoran dan melindungi vagina dan jaringan di sekitarnya dari kerusakan dan iritasi.

  • Keputihan

Komplikasi kanker serviks lanjut lainnya yang tidak biasa adalah keluarnya cairan berbau tidak sedap.

Pengeluaran cairan tersebut dapat terjadi karena sejumlah alasan seperti kerusakan jaringan, kebocoran isi kandung kemih atau usus dari vagina atau infeksi bakteri pada vagina.

Makanan yang Baik untuk Penderia Kanker Serviks Rahim

  • Winter squash

Labu berlipmah akan beta-karoten yang merupakan antioksidan yang akan di ubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Kandungan tersebutlah yang membuat sitem imun tubuh menjadi kuat dan mungkin menurunkan resiko kanker.

 Betakaroten sendiri adalah pemberi warna pada labu, sehingga Anda juga bisa mengonsumsi sayur dan buah berwarna kuning dan oranye yang menjadi tanda bahwa di dalamnya terdapat beta-karoten.

Umunya warna labu yang lebih cerah memiliki kandungan beta-karoten yang banyak.

  • Grapefruit merah muda

Senyawa kunci untuk menjaga kesehatan serviks disini adalah lycopene. Senyawa ini berasal dari keluarga karotenoid yang sama dengan beta-karoten.

“Lycopen dalam bentuk seupelem telah sering dijadilan pilihan pengobatan untuk mereka yang menderita infeksi HPV” kata Dr. Bello. “Mengolah tomat juga dapat memberikan kadar lycopene yang banyak”.

  • Brokoli

Vitamin yang dikenal sebagai folat umumnya diresepkan pada wanita untuk memastikan kesehatan sistem reproduksi mereka salama usia subur.

Selain itu, folat juga dapat membantu menjaga kesehatan leher rahim.

  • Paprika

Menurut Dr. ndungan vitamin C yang mampu mengatasi pilek juga sama efektifnya dalam menyembuhkan infeksi.

Hal tersebut dikarenakan vitamin C memiliki antioksidan yang dapat membunuh infeksi.

Dan hal tersebut juga berlaku unutk infksi HPV yang mana semakin cepat infeksi tersebut dibersihkan maka semakin baik pula untuk menjaga kondisi kesehatan.

Vitamin C juga sangat baik untuk memertahankan kesehatan sistem imun, yang dapat menjadi kunci untuk mencegah infeksi HPV.

  • Bayam

Seperti vitamin C, kandungan vitamin E juga memiliki sifat antioksidan yang dianggap dapat menjaga tubuh tetap kuat dan sehat.

“Bayam adalah pilihan yang tepat untuk para wanita karena kandungan nutrisinya yang banyak”.

“Memasak bayam dengan cara dikukus juga bisa membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik”. Ungkap Dr. Bello.

Makanan yang Buruk untuk Penderita Kanker Serviks Rahim

Berikut adalah daftar makanan yang dapat memperburuk kondisi kanker serviks, diantaranya:

  • Makanan yang digoreng
  • Makanan yang dipanggang atau dibakar
  • Alkohol
  • Minuman bersoda
  • Gula dan makanan manis
  • Makanan dengan bahan pengawet
  • Buah-buahan yang mengandung alkohol

Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim yang Harus Diketahui Wanita

  1. Teh hijau

Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim dengan Teh Hijau

Sebuah studi yang dilakukan di A.P John Institute for Cancer Research mengonfirmasi bahwa teh hijau memainkan peran utama dalam mencegah atau mengobati kanker serviks rahim.

Herbal terapeutik tersebut memiliki senyawa aktif secara bilogis termasuk polifenol dan epigallocatechin-3-gallate, yang berfungsi untuk membatasi pasokan energi sel kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynaecological Cancer dan jurnal Photomedicine and Laser Surgery menyatakan bahwa teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada pasien kanker serviks.

  1. Kunyit

Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim dengan Kunyit

Dikenal karena sifat terapeutiknya, kunyit disebut-sebut sebagai agen yang mampu melawan sel kanker.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Herbal Medicine, Healing and Cancer, menyebutkan bahwa kehadiran curucumin dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Hal tersebut dilakukan dengan cara menghalangi angiogenesisi dan mengurangi apoptosis.

Cara tersebut dilakukan untuk menonaktifkan proses fisiologis. Dimana proses tersebut berperan dalam menciptakan pembuluh darah baru.

Pembuluh darah baru inilah yang memungkinkan tumor untuk tumbuh dengan menurtisi bahkan memberi oksigen pada sel kanker tersebut.

  1. Bawang putih

Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim dengan Bawang Putih

Ekstrak bawang putih mengandung beberapa antioksidan yang mampu menghambat dan menghancurkan pertumbuhan sel kanker serviks.

Selain itu, antioksidan ini menstimulasi sistem imun terutama sel darah putih dan membantu mengobati kanker serviks.

  1. Goldenseal

Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim dengan Goldenseal

Ekstrak goldenseal membantu pasien kanker serviks yang memiliki keluahan iritasi, pembengkakan atau infeksi pada jaringan vagina.

Untuk memperbaiki sirkulasi vagina, pasien dapat mengonsumsi goldenseal ini dalam bentuk kapsul, ekstrak atau teh herbal.

Selain itu, goldenseal juga membantu mengatasi efek samping kemoterapi dengan memertahankan sel darah putih.

  1. Astragalus

Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim dengan Astragalus

Astragalus memberikan perlindungan pada pasien kanker serviks dari radikal bebas. Yang mana radikal bebas dapat menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh.

Dengan astragalus yang memiliki sifat terapeutik kondisi tersebut bisa diatasi.

Biasanya astragalus ini dikonsumsi dalam bentuk kapsul, herbal atau direndam untuk dijadikan teh yang mampu mengatasi kanker serviks rahim.

  1. Lidah Buaya

Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim dengan Lidah Buaya

Ekstrak lidah buaya sangat membantu pasien kanker serviks karena dapat membantu menghindari proses racun karsinogenik tertentu.

Selain itu, lidah buaya dapat mencegah komplikasi kanker serviks salah satunya diare.

  1. Asam folat

Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim dengan Asam Folat

Menurut sebuah studi di University of Maryland Medical Center, wanita yang kekurangan asam folat dapat memperburuk kondisi meraka.

Sayuran hijau seperti bayam, sawi hijau, lobak putih, buah bit, kacang kedelai, kacang lima, hati sapi, ragi, susu, salmon, roti dan seral baik unuk dikonsumsi penderita kanker serviks.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengobati Kanker Serviks Rahim yang Harus Diketahui Wanita.

Menjaga asupan makan adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan kondisi kanker serviks rahim yang Anda derita.

Semoga artikel di atas bisa membantu Anda dalam menemukan referensi pengobatan untuk kanker serviks.

Sumber

    https://www.onlymyhealth.com/herbal-treatment-cervical-cancer-1351853483

    https://www.healthdirect.gov.au/complications-of-cervical-cancer

    https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cervical-cancer/symptoms-causes/syc-20352501

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P