Cara Alami Mengobati Benjolan Di Leher

Hallo sobat konsulgratis.com, semoga kalian yang membaca artikel ini selalu diberi kesehatan. Amiinn.

Sobat menderita kelenjar getah bening, tidak tahu cara mengobatinya ? Takut akan efek sampingnya,,?

Sebaiknya kita simak dulu yuk artikel kami  Cara Alami Mengobati Benjolan Di Leher” agar sobat lebih tau dan paham mengenai masalah kesehatan ini.

Cara Alami Mengobati Benjolan Di Leher

Benjolan dileher dapat menimbulkan nyeri dan bisa juga bisa tidak menimbulkan nyeri/ rasa sakit ketika di pegang.

Benjolan ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius akan tetapi umumnya tidak menimbulkan bahaya apapun.

Penyebab Benjolan

Penyebab adanya benjolan pada bagian leher ini dikarenakan kelenjar getah bening mengandung sel-sel pembantu tubuh, dalam melawan infeksi atau serangan sel ganas (kanker).

Ketika tubuh sakit maka kelenjar ini akan membesar, hal ini bertujuan untuk membantu melawan infeksi.

Pembengkakan kelenjar ini terjadi ketika tubuh terserang infeksi, seperti infeksi tenggorokan, infeksi gigi, campak, Tbc, lupus dan sifilis.

Benjolan ini akan mengecil/ kempis dengan sendirinya saat kondisi kesehatan tubuh mulai membaik. Selain itu penyebab pembengkakan kelenjar tiroid di leher di pengaruhi oleh hal berikut :

  • Pembengkakan Kelenjar Tiroid

Kelenjar ini terdapat pada bagian leher tepat depan tenggorokan, karena beberapa sebab kelenjar ini membengkak dan menimbulkan benjolan di leher.

Kondisi ini dikenal dengan penyakit gondok, penyakit ini disebabkan oleh beberapa hal seperti kekurangan yodium, kelenjar kurang aktif atau terlalu aktif dan kanker tiroid.

  • Batu Di Kelenjar Ludah

Pada air liur kita terdapat bahan kimia yang bisa mengendap dan membentuk batu kecil. Batu tersebut bisa menyumbat aliran air liur kedalam mulut dan menyebabkan benjolan dileher.

  • Kanker

Umumnya benjolan pada leher ini bersifat jinak, namun jika telah menginjak usia 50 tahun resiko penyakit kanker menjadi lebih besar/ tinggi.

Benjolan dileher bersifat kanker ini dapat menyerang seseorang yang memiliki gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Bukan hanya itu saja bisa jadi kondisi seperti ini pertanda bahwa anda menderita leukimia (kanker darah putih), limfoma non hodgkin, kanker paru-paru serta kanker payudara.

  • Pertumbuhan Kulit Berlebih

Kondisi seperti ini tidak menimbulkan rasa sakit dan berbahaya. Kadang skin tag ini dapat terpuntir dan putus akibat kehilangan pasokan darah.

Gejala Benjolan di Leher

Benjolan yang berbahaya atau tidak menimbulkan gejala yang berbeda, artinya kita bisa membedakan jenis benjolan apa yang diidap. Kriteria tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Benjolan diiringi demam, nyeri, sulit menelan, sesak napas, berat badan turun, denyut jantung meningkat, suara serak, darah pada air liur atau perubahan kulit di sekitar benjolan.
  • Benjolan tidak kunjung mengecil
  • Benjolan menjadi terasa keras atau menjadi tidak bergerak ketika di setuh.

Makanan yang Baik Untuk Penderita Kelenjar Getah bening

Rumput Laut Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kelenjar Getah Bening

  • Rumput Laut

Jenis sayuran ini ternyata memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi tubuh dengan baik sehingga bagian tubuh bebas dari racun berbahaya.

Selain itu rumput laut dapat mengeliminasi cairan berlebih pada jaringan tubuh dan kelenjar getah bening penyebab pembengkakan.

  • Bawang putih

Salah satu bumbu dapur ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, sebab bawang putih ini memiliki kemampuan untuk melawan mikroba berbahaya bagi tubuh.

Selain itu mampu mengeluarkan toksin (racun) dalam tubuh dan  membantu melancarkan sirkulasi darah.

  • Kunyit

Jenis rempah ini mampu meredakan inflamasi, selain itu kunyit dapat mengencerkan darah yang mengental dan melancarkan peredarannya.

  • Jahe

Rempah ini bisa digunakan sebagai makanan atau minuman, jahe dapat meningkatkan dan menyehatkan fungsi sistem kelenjar getah bening.

  • Makanan Mengandung Vitamin A

Vitamin ini memiliki peran besar sebagai pendukung kelenjar getah bening agar tetap sehat.

Makanan yang mengandung vitamin a dapat membantu pengeringan cairan disekitar usus kecil. Contoh makanan dengan kandungan kelenjar getah bening diantaranya : Ubi jalar, Labu, Wortel, Minyak Ikan.

  • Gandum utuh

Didalamnya terkandung mineral, vitamin, dan anti-oksidan tinggi, sehingga jika dikonsumsi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara aman dan ampuh.

Contoh makanan ini seperti millet, barley, beras merah, dan oat meal, biji-bijian ini makanan paling sehat selama kelenjar getah bening bermasalah.

  • Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau baik untuk penderita kelenjar getah bening sebab didalamnya mengandung klorofil. klorofil merupakan kandungan baik dalam dedaunan maupun sayuran sebagai alat pendetoks tubuh.

Sayuran jenis ini diantaranya yaitu : daun dandelion, brokoli, lobak hijau, rumput gandum, rumput jelai, sawi dan kangkung.

  • Makanan Mengandung Lemak Sehat

Bagi penderita kelenjar getah bening mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal sangat baik untuk asupan harian demi memelihara dan perkembangan sel-sel tubuh.

Makanan yang mengandung lemak sehat di antaranya : ikan tuna, ikan mackarel, kacang macadamia, ikan halibut, ikan herring, almond, walnut, ikan sarden, dll.

Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Getah Bening

Durian Pantangan Makanan Untuk Penderita Kelenjar Getah Bening

  • Buah Mengandung Alkohol

Beberapa jenis buah ada yang mengandung alkohol sehingga buah ini harus di hidari penderita, alkohol ini dapat merangsang tumbuhnya sel kanker maka dari itu hindari makanan seperti buah anggur, kelengkeng, nanas, durian, nangka dan duku.

  • Makanan di Awetkan

Jenis makanan yang diawetkan memiliki kandungan senyawa kimia yang bisa berubah menjadi karsinogen aktif, dengan alasan seperti itu makanan ini harus di hindari.

  • Makanan di Bakar

Makanan yang dibakar biasanya ada bagian yang hangus, bagian tersebut mengandung karsinogen, maka dari itu makanan ini harus dihindari oleh penderita.

  • Daging Unggas

Saat di ternakan unggas di berikan suntikan hormon, dengan tujuan agar unggas tersebut dapat meningkat dengan cepat. Suntikan tersebut diduga dapat menimbulkan masalah penyakit kanker prostat dan kanker kelenjar.

  • Seafood

Makanan laut atau seafood ini harus dihindari oleh penderita sebab didalam seafood mengandung tinggi lemak yang dapat merangsang perkembangan kanker. Makanan tersebut diantaranya : cumi, kerang, kepiting dan udang.

  • Kankung dan Sawi putih

Dua jenis sayur ini tidak boleh dikonsumsi, sebab sayuran ini mengandung zat yang dapat mengurangi efektivitas kerja obat yang sedang di konsumsi.

  • Cabai

Rempah ini harus dihindari oleh penderita sebab dapat merangsang aktivitas bawah sadar yang membuat oksigen dalam tubuh menurun.

Cara Alami Mengobati Kelenjar Getah Bening

Pengobatan kelenjar getah bening ini bisa dilakukan dengan cara medis atau non-medis.

Pengobatan Medis

Pengobatan Medis Kemoterapi

Pengobatan ini harus dilakukan secara sungguh-sungguh, kontinyu dan patuh pada aturan, maka hasilnya akan berhasil dan efektif.

Contoh pengobatan medis dilakukan secara bertahap yaitu :

  • Kemoterapi
  • Operasi
  • Radiasi
  • Transplantasi
  • Terapi eksperimental

Pengobatan medis memiliki efek samping pada pasien seperti demam, mual, muntah, kerontokan rambut, berkeringat di malam hari, penurunan berat badan dan sering kelelahan.

Pengobatan Non-Medis

Penderita bisa mengkonsumsi obat non-medis berupa ramuan herbal yang di buat sendiri atau di dapat dari apotik.  Pengobatan non medis di rumah yang bisa dilakukan yaitu :

  • Bawang Putih

Bawang Putih Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Salah satu jenis bumbu dapur ini memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang bisa mengurangi pembengkakan. Dengan adanya sifat tersebut membuat bawang putih baik sebagai pengobatan.

  • Memijat Lembut dengan Madu

Pijatan dan Madu Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Cara ini sebaiknya dilakukan oleh seseorang yang sudah berpengalaman, setelah itu oleskan madu dan pijatanlah secara lembut hal ini dapat membuat kelenjar getah bening lebih tenang dan pembengkakan berkurang.

  • Kunyit dan Susu

Kunyit dan Susu Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Dengan cara mengkombinasikan kedua bahan ini dapat meringankan peradangan karena bersifat anti-inflamasi.

  • Kompres Air Hangat

Kompres Hangat Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening dapat dikompres menggunakan air hangat. Dengan suhu yang hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah pada bagian yang bengkak serta mengurangi sakit yang disebabkan oleh bengkak.

  • Bunga Echinacea

Bunga Echinacea Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Jenis bunga ini mungkin masih asing didengar, dengan ciri warna bunga yang ungu ini didalamnya memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi tinggi.

Hal ini tentunya dapat memperkuat getah bening dan melawan infeksi dengan cara memurnikan darah juga kelenjar getah bening.

  • Lidah Buaya

Lidah Buaya Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Tanaman ini memiliki banyak sekali manfaatnya mulai dari rambut, kulit dan lain-lain. Lidah buaya ini dipercaya mampu mengatasi kelenjar getah bening bengkak sebab mengandung beberapa senyawa yang baik untuk menghilangkan sakit.

  • Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Minyak kelapa ini dapat mengobati kelenjar getah bening yang bengkak, sebab di dalamnya mengandung anti-inflamasi, anti-virus dan anti-bakteri yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Kunyit

Kunyit Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Tanaman satu ini bersifat anti-inflamasi untuk mencegah peradangan, selain itu sifat analgesik dan anti-oksidannya mampu mengurangi bengkak, nyeri, dan melawan infeksi sehingga proses penyembuhan menjadi mudah.

  • Cuka Apel

Cuka Apel Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Sifat asam didalamnya dapat meningkatkan produksi pH tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Cuka apel juga dapat mencegah bengkak kelenjar getah bening.

  • Daun Mint

Daun Mint Obat Alami Kelenjar Getah Bening

Sifat mint didalamnya mampu memberikan efek dingin dan sejuk, sensai tersebut cocok untuk penyakit kelenjar getah benin. Cara pengolahannnya :

  • Ambil daun mint beberapa lembar secukupnya
  • Tumbuk dan campurkan satu gelas air hangat
  • Setelah itu minum dan rasakan sensasi dingin yang memiliki fungsi mengobati kelenjar getah bening.

Sekian sobat informasi dari saya seputar kelenjar getah bening, jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman sosial media anda.

Sumber :

    https://mediskus.com/herbal/obat-kelenjar-getah-bening-bengkak-alami

    https://halosehat.com/makanan/makanan-sehat/makanan-yang-dianjurkan-untuk-penderita-kelenjar-getah-bening

    https://www.alodokter.com/benjolan-di-leher-bisa-jadi-tanda-penyakit-serius

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P