Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Hallo sobat konsulgratis, kali ini kita akan membahas masalah kesehatan yang mungkin sering kita rasakan yaitu Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung” sebelum ke inti pembahasan kita bahas dulu, “Apa itu perut kembung ?”

Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Perut kembung merupakan kondisi dimana adanya penumpukan gas pada bagian lambung dan usus, akibatnya perut terasa penuh dan pada beberapa kasus terlihat bengkak.

Perut kembung umum terjadi pada orang dewasa dan anak-anak dan lebih seringkali menyerang pada wanita di bandingkan pada pria.

Gejala Perut Kembung

Perut kembung biasanya menimbulkan beberapa gejala yang susah untuk di kenali, akan tetapi sering kali di deskripsikan sebagai berikut :

Penyebab Perut Kembung

Perasaan kembung pada bagian perut dapat di sebab oleh kondisi kesehatan lain seperti asam lambung atau irritable bowel syndrome.

Namun terlepas dari kondisi penyakit tersebut berikut ini merupakan gejala umum yang sering terjadi :

  • Ketika makan sambil berbicara
  • Kebiasaan merokok
  • Mengkonsumsi makanan berlebihan
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau akibat meminum minuman bersoda.
  • Saat makan dengan porsi besar cara makannya terlalu cepat
  • Akibat mengunyah permen karet
  • Makan dengan porsi berlebihan

Bahaya Perut Kembung

Perut kembung yang timbul bisa menjadi tanda penyakit lain yaitu sebagai berikut :

Penyakit Crohn

Penyakit ini terjadi akibat adanya peradangan kronis pada bagian sistem lapisan pencernaan. Crohn ini dapat menyebabkan usus tersumbat, perut mengalami kembung parah, penurunan berat badan, mual, muntah dan diare setelah makan.

Kanker Ovarium

Perut kembung dapat menjadi gejala penyakit kanker ovarium, namun di sertai dengan gejala lainnya seperti nyeri pada bagian panggul dan merasa kenyang.

Kanker Pankreas

Penyakit kanker pankreas selain menimbulkan gejala perut kembung juga di sertai dengan keluhan cepat merasa kenyang dan nyeri panggul.

Kanker Rahim

Penyakit ini merupakan salah satu kondisi kesehatan yang berbahaya gejala yang timbul pada penyakit ini yaitu perut kembung, pendarahan pada vagina, keputihan, nyeri saat buang air kecil dan nyeri panggul.

Kanker Perut

Kondisi perut kembung yang di sertai dengan mual, perasaan kenyang di bagian atas perut, sakit perut parah, gangguan pencernaan dan penurunan berat badan merupakan gejala penyakit kanker perut.

Perut kembung yang terasa dalam jangka waktu  yang lama atau sering sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dokter. Sebab di khawatirkan kondisi yang anda alami tersebut merupakan salah satu gejala dari 5 penyakit kanker diatas.

Pantangan Makanan Penderita Perut Kembung

Makanan Pemanis Buatan Pantangan Makanan Penderita Perut Kembung

Makanan Mengandung Pemanis Buatan

Dalam beberapa makanan mengandung jenis pemanis tambahan yang tidak dapat di cerna baik oleh tubuh. Zat tersebut lama-lama akan menumpuk pada perut lalu akhirnya membuat perut terasa kembung.

Susu

Seseorang yang memiliki kesulitan mencerna laktosa ketika mengkonsumsi susu dapat meningkatkan resiko perut kembung.

Laktosa merupakan sejenis gula yang terdapat pada produk susu, cara yang dapat dilakukan agar laktosa di cerna dengan baik yaitu tubuh memerlukan enzim tertentu. Kekurangan enzim dapat menyebabkan pembentukan gas pada saluran pencernaan.

Makanan Asin

Kadungan sodium tinggi yang ada dalam makanan dapat menyebabkan retensi cairan (kondisi dimana air tidak bisa keluar dari tubuh). Dampaknya ketika air tertampung terlalu banyak menyebabkan perut akan terasa kembung/ penuh.

Kubis

Dalam kubis mengandung zat gula yang di hasilkan melalui proses cerna fermentasi bakteri, dalam proses tersebut dapat menghasilkan gas berlebih yang dapat membuat perut anda terasa kembung.

Makanan Baik Untuk Penderita Perut Kembung

Timun Makanan Baik Untuk Penderita Perut Kembung

Timun

Timun mengandung querticetin yang bersifat sebagai anti-oksidan serta mampu membantu mengempiskan perut begah dan bengkak.

Kandungan siliki, vitamin C, dan asam kafeat dalam timun memiliki fungsi sebagai pencegah retensi cairan dalam tubuh.

Yogurt

Probiotik dalam yogurt dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik yang dapat meredakan perut kembung. Dengan mengkonsumsi yogurt efeknya akan lebih cepat dalam mengatasi perut kembung.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki khasiat sebagai perangsang sistem pencernaan dan membuang kelebihan cairan dalam tubuh.

Didalamnya terkandung allicin yang dapat bekerja dengan protein alami sebagai pengurai berbagai zat dalam tubuh.

Pepaya

Buah sehat ini mengandung enzim papain yang dapat membantu protein dalam saluran pencernaan. Pepaya mengandung serat dan zat anti-radang yang dapat mempercepat proses melegakan perut begah.

Kunyit

Dengan kunyit dapat menenangkan sistem pencernaan dengan cara mengusir gas yang ada dalam tubuh.

Semangka

Kalium dalam semangka memiliki sifat diuretik sehingga membuat ginjal terpacu untuk membuang air seni. Cara tersebut dapat cepat mengempiskan perut begah akibat gas atau cairan berlebih.

Selain itu didalam buah semangka mengandung 92% air, elektrolit dan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna berbagai zat seperti pemanis tambahan.

Seledri

Jenis sayuran hijau ini memiliki manfaat untuk meredakan perut kembung, cara kerja sayur saledri ini dengan mengendalikan gas berlebih dalam saluran pencernaan.

Kemampuan lainnya seledri dapat membersihkan tubuh dari berbagai racun, zat berbahaya, dan mencegah penumpukan makanan atau cairan.

Pisang

Buah pisang terdapat banyak sekali kandungan kalium, kandungan tersebut bisa melawan efek samping dari kelebihan makanan asin. Kalium bekerja dengan cara menetralkan kadar sodium dalam tubuh dan mencegah retensi cairan.

Selain kaya akan kandungan kalium pisang mengandung serat larut yang bisa melancarkan saluran pencernaan sehingga makanan yang menumpuk dapat lebih cepat terurai.

Jahe

Rempah jahe ini memiliki kandungan protease (zingibain) yang berkhasiat ampuh untuk melawan gas berlebih dalam perut.

Asparagus

Asparagus memiliki sifat diuretik yang baik untuk digunakan sebagai obat pembengkakan, penyimpanan air pramensturasi dan rematik.

Buah Bit Merah

Buah bit merah memiliki sifat anti-inflamasi dalam betalain yang membuat bit berwarna merah. Kandungan kalium di dalamnya juga dapat membantu menghilangkan cairan yang berlebih dalam tubuh.

Cranberry

Mengkonsumsi jus buah cranberry dapat mencegah dan mengobati gangguan pada bagian kandung kemih. Sifat di uretik buah ini dapat memberikan keuntungan khusus untuk mengeluarkan cairan tanpa menghilangkan kalium.

Daun Parsley

Daun parsley ini dapat mengurangi reabsotpsi natrium dan garam kalium dalam ginjal, sehingga dapat meningkatkan kadar urin dan mengurangi perut kembung.

Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Minum Teh Herbal

Minum Teh Herbal Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Cara ini sangatlah ampuh untuk mengatasi masalah perut kembung, hanya dengan membuat teh biasa namun di beri tambahan jahe yang sudah di geprek/ di pipihkan.

Banyak Gerak

Banyak Gerak Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Ketika perut anda merasakan begah, kembung lakukan saja cara sederhana yaitu dengan berjalan kaki/ berolahraga selama 10-15menit. Cara ini dapat mengendurkan otot usus sehingga geraknya lancar dalam mengalirkan kelebihan gas dalam perut.

Kompres Air Panas

Kompres Air Panas Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Rendam waslap bersih dalam air panas kemudian peras kelebihan airnya, setelah itu tempelkan waslap tersebut pada bagian perut selama 10-15 menit. Dengan melakukan cara tersebut dapat meredakan rasa nyeri, kram begah dan perut kembung.

Kentut

Kentut Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Cara ini mungkin memalukan jika terjadi di tempat umum dan terdengar olah orang lain. Namun cara ini sangat lah ampuh dan alami dalam mengeluarkan gas berlebih dalam perut.

Minum Air

Minum Air Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Makanan yang tidak dicerna dengan benar menyebabkan perut kembung berlebihan. Cara untuk mengatasi kondisi seperti itu yaitu dengan minum beberapa gelas air putih untuk membantu menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

Kurangi Asupan Garam

Kurangi Asupan Garam Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Cara untuk mengatasinya cukup dengan mengkonsumsi makanan atau minuman segar rendah kandungan garam.

Minum Sebelum Makan

Minum Sebelum Makan Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Minum air sekitar 30 menit sebelum makan dapat membantu mencegah perut kembung serta dapat mencerna makanan lebih baik.

Jangan Mengunyah Permen Karet

Jangan Mengunyah Permen Karet Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Jika anda terbiasa mengunyah permen karet sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut, sebab kebiasaan tersebut dapat menyebabkan perut kembung akibat penumpukan gas.

Pijatan

Pijatan Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Mungkin banyak yang meremehkan cara ini, akan tetapi cara ini di percaya dapat mengurangi gas atau udara di bagian saluran cerna.

Lakukan pemijatan pada bagian sekitar perut kemudian keluarkan gas dengan cara melalui buang angin atau sendawa.

Merilekskan Tubuh

Merilekskan Tubuh Cara Alami Mengatasi Masalah Perut Kembung

Jika anda mengalami perut kembung cobalah untuk berbaring terlentang di kamar dalam keadaan gelap.

Dengan cara merelakskan tubuh dapat membantu meredakan gejala perut kembung kronis, sebab anda dapat bebas mengeluarkan gas dengan tenang.

Itulah beberapa cara alami dan sederhana yang bisa anda prakterkan di rumah, jangan lupa untuk share artikel ini jika anda menyukainya.

~`Terimakasih`~

Sumber :

    https://www.indopos.co.id/read/2018/01/21/124487/awas-jangan-anggap-remeh-perut-kembung-bisa-tanda-bahaya

    https://doktersehat.com/tips-sederhana-atasi-perut-kembung/

    https://hellosehat.com/penyakit/perut-kembung/

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P