16 Cara Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil (Morning Sickness)

Hai Bunda! Apakah Bunda sering mengalami mual (morning sickness) saat hamil di pagi hari atau pada waktu tertentu? Bagaimana rasanya bund? Pasti sangat melelahkan bukan?

Nah, kebetulan sekali nih Bund! Kali ini kami tim KonsulGratis.Com akan memberikan informasi seputar kehamilan yang kali ini mengenai 16 Cara Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil (Morning Sickness).

Pastinya Bunda penasarankan apa saja caranya?? Tanpa menunggu lama lagi, langsung aja kita bahas artikel nya, lets go… 😉

16 Cara Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil (Morning Sickness)

Hamil merupakan kabar gembira yang paling dinantikan pada setiap hidup wanita. Saat hamil banyak sekali hal sukacita yang dilewati dan terjadi pada setiap hidup seorang wanita.

Diantaranya yang seringkali ditemui adalah rasa mual yang terutama cukup sering terjadi di pagi hari yang lebih dikenal dengan morning sickness.

Bagi wanita, fase terberat pada masa awal kehamilan yaitu mengalami rasa mual atau morning sickness. Bahkan beberapa wanita bisa saja mengalami rasa mual dengan waktu yang lebih lama.

Misalnya mual tidak cuma terjadi pada pagi hari saja, atau rasa mual yang selalu hadir walaupun kehamilan telah melalui 3 bulan pertama.

Yang menyebabkan rasa mual itu sendiri yaitu perubahan hormon, perubahan metabolisme, riwayat dan obesitas.

Saat sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim, lalu tubuh wanita akan menghasilkan hormon Human Choronic Gonadotropin. Hormon inilah yang diduga menyebabkan rasa mual.

Bagaimana cara mengatasi rasa mual saat hamil?

Mual pada waktu kehamilan memang membuat tidak nyaman dan tidak enak, selain itu bisa menurunkan nafsu makan.

Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa macam perawatan yang bisa dilakukan dirumah ataupun medis seperti berikut ini.

16 Cara Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil (Morning Sickness)

  1. Perbanyak Istirahat

Jika Anda sedang hamil, memang disarankan untuk memperbanyak istirahat. Istirahat bisa membuat tubuh menjadi rileks dan mampu meminimalisir gejolak hormon yang bisa mengakibatkan perut terasa mual.

  1. Bangun tidur dengan perlahan

Ketika bangun tidur, sebaiknya bangunlah secara perlahan-lahan. Jika Anda bangun dengan tergesa-gesa, maka ada sebuah sentakan yang dapat mengagetkan tubuh Anda dan juga dapat membuat Anda merasa mual.

  1. Memperbanyak aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat mengurangi gejala mual yang serius, karena aktivitas fisik bisa memperlancar sistem metabolisme tubuh Anda sehingga Anda dapat terhindar dari mual.

Tapi, pilihlah aktivitas ringan yang tidak membuat Anda terlalu cape. Bukan aktivitas fisik yang berat, karena itu tidak baik bagi kandungan Anda.

  1. Jalan-jalan di taman

Latihan olahraga ringan seperti jalan-jalan ditaman atau di sekitaran Anda bisa membantu meringankan berbagai gangguan pada masa kehamilan, termasuk morning sickness.

Gunakan jam makan siang Anda untuk keluar sejenak di area kantor, kemudian berjalan-jalan disekeliling kantor untuk merefresh kelelahan mata karena kerja atau aktivitas lain.

Atau Anda juga bisa lakukan hal ini di pagi hari sambil menghirup udara segar di taman dekat rumah Anda.

  1. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik juga bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa mual saat hamil, terutama bagi yang sering mabuk berat dan berpergian.

Musik dapat membantu menyamakan mekanisme pendengaran yang halus dan sensitif di telinga bagian dalam.

  1. Menulis diary

Catat dengan baik waktu-waktu pada saat Anda mengalami mual, sehingga Anda bisa menyadari kapan waktu yang aman terbebas dari rasa mual.

Anda juga bisa menuliskan makanan apa saja yang dapat mencegah morning sickness, sehingga Anda bisa merencanakan jadwal makan Anda, yang jelas saja amat penting untuk tahap kehamilan.

Buku harian ini sangat bermanfaat untuk mengindentifikasi penyebab rasa mual sehingga Anda dapat menghindarinya.

  1. Jangan terlalu sering di depan komputer

Ukuran tulisan yang kecil pada layar komputer dapat memicu Anda terkena gejala pusing dan ini juga bisa meningkatkan rasa mual Anda menjadi tambah parah.

  1. Terapi akupuntur

Sebuah studi membuktikan bahwa akupuntur dengan tusukan jarum khusus di titik-titik tertentu pada area tubuh, dapat membantu untuk membuat Anda terasa nyaman.

Juga bisa untuk mengatasi rasa mual, muntah dan gejala morning sickness lainnya dengan target tusukan pada seputar lengan.

  1. Pijat refleksi

Sebuah pijatan refleksi yang ditekankan pada bagian kaki dan tangan dapat diyakini berhubungan dengan berbagai macam organ tubuh sehingga bisa menangani rasa mual.

Mintalah bantuan ahli pijat refleksi yang berpengalaman dan bersertifikat untuk melakukan pijak titik-titik di kaki yang dapat membantu Anda untuk mengurangi mual muntah.

  1. Hirup aromaterapi

Basahi tisu dengan menggunakan minyak esensial-aromaterapi jeruk mandarin atau lemon untuk dihirup saat Anda merasakan mual.

Sebelumnya, Anda harus berkonsultasi dahulu karena ada beberapa jenis aroma yang sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan bahkan bisa membahayakan janin.

  1. Mengkonsumsi air jahe

Air jahe merupakan solusi alami untuk menghilangkan gejala mual. Selain itu, cairan jahe bisa menghindarkan ibu hamil dari kekurangan air atau dehidrasi.

  1. Minum teh mint

Tidak semua ibu hamil suka dengan air jahe. Beberapa riset yang pernah dilakukan juga mengkhawatirkan efek sari mengkonsumsi jahe secara berlebih selama kehamilan pada janin.

Untuk itu, mengapa Anda tidak coba dengan teh pepermint yang khasiatnya sama-sama baik untuk perut Anda.

  1. Minum teh cuka

Pada saat mengandung, kelenjar yang terdapat dalam mulut akan menghasilkan air liur lebih banyak dan ini dapat membuatmu terasa mual.

Untuk mengurangi rasa mual, Anda bisa coba campurkan 2 sampai 3 sendok teh cuka alias vinegar ke dalam secangkir air teh hangat, kemudian minum dan jadinya ramuan teh cuka ini sebagai teman sarapan pagi Anda.

Teh cuka dapat mengeringkan mulut dan juga dapat mengurangi rasa mual.

  1. Makan dengan porsi kecil namun sering

Morning sickness seringkali membuat nafsu makan Anda menurun. Tapi, ibu hamil harus tetap memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Ibu hamil tidak harus makan dengan porsi yang banyak, yang penting tetap selalu memenuhi kebutuhan gizi. Makanlah dengan porsi sedikit tapi sering dan terjadwal.

Makan dengan porsi sedikit akan menjaga kondisi perut dan bebas dari masalah mual yang disebabkan oleh kekenyangan juga keperluan gizi tubuh ibu hamil tetap terpenuhi.

  1. Hindari makanan pemicu mual

Ketika hamil, hindari makanan yang dapat memicu mual. Seperti makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan berminyak, serta makanan pedas.

Selain itu, hindari juga minuman yang bisa memicu mual. Salah satunya adalah kafein. Kafein terbukti cukup buruk bagi kehamilan, sebab bisa meningkatkan asam yang ada di dalam perut yang bisa memperparah rasa mual Anda.

  1. Minum multivitamin untuk kehamilan

Tablet vitamin untuk kehamilan sangat penting untuk ibu yang sedang mengandung. Anda bisa menggunakannya secara individual, tetapi vitamin khusus ibu hamil lebih baik hasil dari rekomendasi dokter kandungan Anda.

Itulah 16 Cara Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil (Morning Sickness) yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan terimakasih!!

Sumber

    https://www.kehamilanku.web.id/2014/03/16-cara-mudah-mengatasi-mual-saat-hamil-morning-sickness.html

    https://www.alodokter.com/cara-menghilangkan-mual-saat-hamil-yang-patut-anda-coba

    https://hamil.co.id/masalah-kehamilan/morning-sickness/cara-mengatasi-morning-sickness

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P