Cara Alami Obati Gondongan

Hallo sobat Konsulgratis.com, kali  ini kita akan membahas tentang “Cara Alami Obati Gondongan “, Apakah kalian pernah mengalaminya ? untuk lebih jelas dan semakin paham kita cari tahu yuk “Apa itu Gondongan?”.

Cara Alami Obati Gondongan Tanpa Obat

Gondong, beguk, parotitis, mumps merupakan nama yang merujuk ke satu penyakit yang di kenal dalam bahasa indonesia yaitu gondongan.

Penyakit ini di timbul di sebabkan oleh adanya infeksi menular virus mumps, gondok menyebabkan bengkak dan nyeri pada bagian kelenjar parotis di antara telinga dan rahang.

Gondong ini dapat menular melalui cairan dari mulut, hidung dan tenggorokan penderita. Penyakit ini dapat menular 3-4 hari setelah pembengkakan di mulai.

Masa inkubasi gondong ini sekitar 14-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari. Pencegahan penyakit pada anak berusia 12 bulan- 4 tahun di lakukan melalui imunisasi (MMR).

Gejala Gondong

Beberapa gejala yang dapat timbul pada penderita yaitu sebagai berikut :

Komplikasi Gondongan

Penyakit gondongan ini dapat menimbulkan komplikasi atau bahaya di antaranya :

  • Peradangan pada testis
  • Keguguran
  • Radang ovarium
  • Radang pankreas akut
  • Radang otak
  • Gangguan pendengaran

Pantangan Makanan Penderita Gondok

  • Makanan dan Minuman Asam
  • Makanan Pedas
  • Makanan Keras
  • Makanan Olahan Pabrik
  • Makanan Berlemak

Makanan Baik Untuk Penderita Gondongan

Bawang Putih

Didalam Bawang putih terdapat kandungan selenium, selenium dapat membantu mencegah penyakit gondongan.

Daging Merah

Makanan daging ini mengandung zat besi yang dapat menghindarkan tubuh anda dari komplikasi gondongan.

Jamur

Bahan masakan jamur ini mengandung selenium yang memiliki khasiat untuk mencegah dan mengobati gondongan secara bertahap.

Bayam

Sayur bayam ini memiliki kandungan zat besi, protein, mineral dan vitamin yang sangat tinggi, kandungan tersebut mampu memberikan energi untuk tubuh.

Gandum

Makanan sehat mengandung karbohidrat ini sangat baik untuk penderita gondong, sebab dapat membantu meningkatkan proses kinerja tiroid dan membantu mengontrol keseimbangan hormon.

Tomat

Tomat ini mengandung likopen yang sangat tinggi di dalamnya, kandungan tersebut mampu bekerja sebagai anti-oksidan tubuh manusia.

Telur

Dalam telur mengandung protein tinggi dan senyawa lain yang cukup mudah untuk mencegah penyakit gondongan.

Pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa telur merupakan penghasil yodium dan zat besi yang dibutuhkan oleh penderita gondongan.

Cara Alami Obati Mengobati Gondongan

Menghindari Jus Buah

Buah terkenal akan kaya vitamin dan mineral akan tetapi pada penderita gondongan jus buah ini sangat tidak di anjurkan untuk di konsumsi. Sebab jus buah dapat menyebabkan kelenjar partoid membengkak dan akan terkena dehidrasi.

Jika tubuh mengalami dehidrasi maka aliran darah ke bagian kelenjar akan menjadi tidak lancar sehingga menyebabkan rasa nyeri dan linu semakin parah.

Mengkonsumsi Makanan Lunak

Dengan mengkonsumsi makanan lunak dapat membuat kondisi gondongan tidak semakin parah. Makanan seperti bubur lebih baik di konsumsi dibandingkan dengan makanan kasar.

Yodium

Kekurangan yodium dalam tubuh dapat memicu penyakit gondongan, maka oleh sebab itu salah satu caranya dengan mencukupi kebutuhan yodium.

Yodium dapat anda temukan dalam makanan sayur kaya akan yodium, selain itu anda bisa mengkonsumsi garam namun jangan berlebihan saat mengkonsumsinya.

Dandellion

Tanaman gulma cantik ini dapat mengobati gondongan, caranya dengan menggunakan bagian daun dandelion kemudian cuci bersih dan konsumsi sebagai lalapan.

Daun ini dapat berfungsi untuk menghilangkan  nyeri dan sakit akibat  pembengkakan pada kelenjar parotid.

Bawang Putih

Cara mengobati gondongan dengan bawang putih sangatlah mudah hanya dengan cara mencampurkannya kedalam masakan.

Kandungan dalam bawang putih ini dapat merangsang produksi glutathione dalam tubuh, Glutathione sendiri memiliki fungsi untuk menambah kinerja kelenjar parotid agar semakin baik kinerjanya dan membuat gondok mengempis secara bertahap.

Selada Air

Cara mengolahnya anda hanya cukup mengolah selada air tersebut menjadi sayur serta sebagai pelengkap bahan masakan. Salad air ini memilki kandungan yodium tinggi, dimana kandungan tersebut dapat meredakan keluhan gondongan.

Buah Nanas

Dalam nanas mengandung vitamin c yang dapat bermanfaat untuk mengecilkan gondongan secara cepat dan mudah.

Akan tetapi untuk menggunakan buah ini harus di lakukan secara hati-hati dalam mengkonsumsinya sebab getahnya dapat membuat gatal pada lidah.

Mengkudu

Mengkonsumsi buah mengkudu dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menormalkan tekanan darah tinggi dan mengatasi diabetes.

Mengkudu ini juga memiliki khasiat yang baik untuk menyembuhkan buah mengkudu caranya hanya dengan mengkonsumsi buah mengkudu sebanyak 3x sehari sampai gondongan sembuh.

Jahe

Rempah ini dapat di jadikan sebagai obat herbal alami yang di gunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, termasuk dapat mengobati gondongan.

Cara membuatnya yaitu sebagai berikut :

  • Ambil jahe sebanyak 2 rimpang berukuran besar
  • Setelah itu cuci bersih, cukup menggunakan air saja
  • Tumbuk jahe sampai halus
  • Kemudian setelah halus tambahkan air kedalam tumbukan jahe
  • Oleskan tumbukan jahe tersebut pada gondongan

Kompres Air Hangat

Sebab pembengkakan kelenjar parotid terasa nyeri dan berdenyut maka untuk mengurangi rasa sakit tersebut kompres dengan air hangat.

Caranya melakukannya yaitu :

  • Ambil handuk kecil dan bersih
  • Kemdian siapkan air hangat dalam baskom
  • Setelah itu celupkan handuk kedalam baskom dan peras
  • Tempelkan handuk tersebut pada bagian yang bengkak
  • Lakukan cara ini sebanyak 3x sehari atau sesering yang anda inginkan sampai rasa nyeri atau sakit mereda.

Istirahat

Penderita gondongan harus memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat, sebab kurang istirahat dapat memperburuk kondisi dan menurunkan sistem imun tubuh.

Banyak Minum

Hampir sebagian besar tubuh kita memerlukan air agar fungsi organ tubuh dapat bekerja dengan baik dan maksimal.

Kelanjar parotid ini merupakan organ tubuh yang sangat membutuhkan air dalam melakukan kinerjanya. Jika kelenjar tersebut dehidrasi dapat membuat gondongan semakin menyakitkan, maka banyak minum air putih itu penting sekali.

Itulah beberapa cara alami dan sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit gondongan. Jika sakit masih berlanjut segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber :

    https://id.wikipedia.org/wiki/Beguk

    https://www.alodokter.com/gondongan

    https://halosehat.com/penyakit/gondongan/cara-mengobati-gondongan

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P