Cara Alami dan Sederhana Mengobati Kutil

Hallo Sobat konsulgratis.com, kali ini kita akan membahas tentang “Cara Alami dan Sederhana Mengobati Kutil” agar lebih jelas dan mudah dipahami kita bahas dulu “apa itu kutil ?”.

Cara Alami dan Sederhana Mengobati Kutil

Kutil merupakan jenis penyakit di tandai tumbuhnya benjolan yang terbentuk dari kulit berlebih disebabkan oleh  virus.

Benjolan berlebih di kulit ini biasanya berwujud seperti kembang kol, kutil di kategorikan kedalam tumor jinak yang di sebabkan oleh virus. Virus ini dapat menginfeksi lapisan kulit atas dengan pertumbuhan yang sangat cepat.

Kutil Kelamin

Jenis kutil ini mengakibatkan timbulnya benjolan kecil lembut pada daerah kelamin disebabkan oleh human papilloma virus (HPV).

Kutil kelamin ini bisa menyerang pada lelaki atau perempuan, namun perempuan lebih rentan terkena HPV genital,

Kondisi awalnya pertumbuhan sangat lembut, tidak terdeteksi secara kasat mata, namun lama-kelamaan akan muncul seiring waktu yang di ketahui dengan sentuhan.

Kutil kelamin akan menimbulkan rasa sakit perih, gatal pada area kelamin dan rasa tidak nyaman. Hal ini berbahaya bagi perempuan sebab jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks dan vulva.

Gejala Kutil

Kebanyakan benjolan kecil hanya sebuah pertumbuhan kulit yang tidak menyenangkan. Terkadang jika kutil terjepit dapat berdarah jika benjolan terletak pada wajah dan kepala. Sedangkan kutil plantar dapat menyebabkan nyeri saat melangkah.

Penyebab Kutil

Kutil disebabkan oleh virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Penyakit ini dapat menular dari satu orang ke orang yang lain. Menggaruk dan mengorek kutil juga bisa menyebabkan infeksi.

Bagian kulit yang lembab karena berendam, luka atau pengaruh dari garukan memiliki resiko terinfeksi virus dan membentuk benjolan kulit berlebih di tubuh.

Makanan Yang Baik Untuk Mengatasi Kutil

Selada Makanan Yang Baik Untuk Mengatasi Kutil

Sayuran

Beberapa jenis sayuran seperti labu, tomat, selada atau ubi jalar memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan untuk membantu mengatasi kutil.

Kandungan dalam beberapa jenis sayur di atas kaya akan kandungan beta karoten yang diubah menjadi retinol dalam tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawn HPV.

Jahe

Salah satu jenis rempah ini memiliki sifat obat-obatan yang kuat, dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dapat membersihkan tubuh dari infeksi virus HPV.

Kunyit

Jika kalian suka membaca artikel kesehatan tentang pengobatan herbal, kunyit selalu tersebut dalam setiap pengobatan herbal.

Kunyit mengandung zat alami yang dikenal dengan kurkumin, kandungan tersebut bisa melindungi tubuh dari serangan HPV secara efektif selain itu dapat mencegah munculnya kanker serviks.

Jamur

Jenis jamur shitake dapat membantu tubuh dalam melawan efek buruk dari virus HPV sebab didalamnya mengandung sifat anti-virus.

Makanan jamur ini bisa mencegah timbulnya kutil yang jadi salah satu dari gejala utama kanker serviks.

Minyak Tea Tree

Dalam minyak ini memiliki sifat anti-mikroba dan anti-viral yang dapat membantu melawan virus HPV secara alami.

Minyak ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan berbagai infeksi virus dalam tubuh.

Bawang Putih

Senyawa alami allicin yang terdapat dalam bawang putih memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari patogen penyebab penyakit selain itu juga dapat melawan virus HPV.

Cara Alami Obati Kutil

Mengoleskan Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat asam yang dapat membunuh beberapa jenis bakteri dan virus penyebab kutil. Cara yang bisa anda lakukan cukup sederhana, hanya dengan mencelupkan cotton bud ke wadah yang berisi cuka apel.

Setelah itu oles-oles pada area kutil biarkan selama semalaman kemudian cuci bersih pada keesokan harinya.

Daun Zaitun

Di dalam daun zaitun mengandung antivirus, manfaatnya dapat mengurangi infeksi HPV, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, dan dapat melindungi tubuh dari berbagai macam virus termasuk HPV.

Cara pembuatannya :

  • Dengan cara dikonsumsi atau dengan cara memasukan satu sendok teh daun zaitun kedalam secakir air panas.
  • Saring air tersebut dan minum sebanyak 2-4 cangkir teh zaitun setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kulit Pisang

Bukan hanya buah nya yang memiliki manfaat untuk kesehatan, bagian kulit pisannya dapat digunakan untuk mengobati penyakit kutil.

Caranya oleskan kulit pisang bagian dalam ke bagian kulit yang terdapat kutilnya, lakukan cara tersebut secara rutin sampai kutil lepas dan menghilang.

Kapur Sirih & Detergen

Campuran kapur sirih dan detergen akan menghasilkan panas, panas tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan kutil

Cara membuatnya

  • Siapkan kapur sirih kemudian campur dengan detergen dengan takaran yang sama dengan kapur sirih.
  • Setelah itu aduk sampai merta, lalu oleskan pada bagian kutil dan biarkan sampai mengering.
  • Jika sudah mengering bersihkan menggunakan air hangat dan lakukan cara tersebut sampai kutil terangkat dan sembuh.

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak pohon teh, bahan ini dapat digunakan untuk menyembuhkan kutil kelamin, bahan ini sangat banyak manfaatnya salah satunya dapat menghilangkan jerawat.

Didalam bahan ini mengandung anti-virus, anti jamur, serta anti-septik yang bisa menyembuhkan infeksi HPV dan kutil dalam waktu yang singkat.

Cara penggunaannya hanya dengan mengoleskan tea tree oil pada bagian kulit yang di tumbuhi kutil, kemudian ulangi terus cara tersebut sampai mendapatkan hasil terbaik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Melawan kutil agar tidak tumbuh kembali bisa anda lakukan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti kerang, kiwi, pepaya, jahe, kacang almond, yougurt, bawang putih, dan biji bunga matahari.

Campuran Minyak kastor dan Baking Soda

Gunakan campuran kedua bahan tersebut dengan cara mengoleskannya menggunakan cotton bud. Atau dengan cara membasahi kapas dengan kedua bahan tersebut dan kemudian tempelkan pada bagian kulit yang ada kutilnya.

Setelah itu tutup menggunakan kassa atau plester, cara ini efektif untuk mengatasi kutil yang terdapat pada bagian wajah, tangan dan punggung.

Mengoleskan Vitamin C

Cara membuatnya :

  • Siapkan suplemen vitamin c 1-2 tablet
  • Setelah itu tumbuk obat tersebut sampai bubuk
  • Jika sudah bubuk campur dengan air sehingga berbentuk pasta
  • Oleskan pasta tersebut pada bagian kulit yang terdapat kutil.
  • Kemudian tutup menggunakan plester atau kain kassa,
  • Ketika malam hari lepaskan plester agar bagian tersebut bisa terkena udara
  • Lakukan cara ini sampai kutil sembuh.

Bawang Putih

Seperti yang telah di jelaskan di atas bawang putih mengandung allicin yang bisa menyembuhkan kutil.

Cara penggunaannya :

Langkah pertama

Lakukan pengujian pada bagian kulit, cara ini bertujuan untuk mengetahui apakah kulit anda sensitif atau tidak, caranya dengan menggosokan bawang putih pada kulit.

Jika terasa ruam setelah menggosokan bawang putih anda tetap bisa menggunakannya, namun jika ruam tersebut tidak kunjung hilang hentikan penggunaan.

Akan tetapi jika bersikeras untuk mengobati dengan bawang putih lakukan penempelan bawang putih kurang dari satu jam.

Langkah Kedua

Bersihkan area kulit yang terdapat kutil dengan cara mencucinya menggunakan air hangat dan sabun , kemudian keringkan dengan handuk.

Langkah Ketiga

Siapkan 1-2 siung bawang kemudian belah menjadi dua dan memarkan menggunakan bagian samping pisau.

Langkah Keempat

Tempelkan bawang putih yang telah di siapkan tadi pada bagian atas kutil kemudian tutup menggunakan kain kassa atau plester.

Hal yang harus anda perhatikan adalah jangan sampai bawang putih menempel pada area yang tidak ada kutil.

Langkah kelima

Apabila tidak terjadi hal yang diluar dugaan pada bagian kulit anda lakukan cara tersebut selama 3-4 minggu atau sampai kutil menghilang.

Langkah Terakhir

Jika terdapat sisa kulit kutil yang belum terangkat bersihkan dengan menggunakan batu apung. Caranya hanya dengan meyiapkan air hangat kemudian gosok-gosok menggunakan batu apung.

Itulah beberapa cara alami dan sederhana yang bisa anda praktekan sendiri di rumah, namun untuk lebih jelasnya segera hubungi dokter dan konsultasikan keluhan anda.

Sumber :

    https://hellosehat.com/penyakit/kutil/

    https://www.alodokter.com/buktikan-sendiri-cara-menghilangkan-kutil-secara-alami-di-sini

    https://id.wikihow.com/Menghilangkan-Kutil-Secara-Alami-dengan-Bawang-Putih

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P