Cara Alami Mengobati Asam Lambung (GERD)

Halo sobat konsulgratis.com, kali ini kita akan membahas tentang “Cara Mengobati Asam Lambung (GERD)” yuk langsung saja simak informasinya.

Cara Mengobati Asam Lambung (GERD)

Gastroesophageal Refluax Disease (GERD) merupakan kondisi penyakit yang ditandai dengan terasa nyeri pada bagian ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

Esofagus atau yang kita kenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dengan lambung.

Penyakit GERD atau asam lambung ini merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat.

Penyebab Asam Lambung Naik

Asam lambung naik pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya bagian lower esophageal sphinchter (LES).

Les ini merupakan lingkaran otot bagian bawah dari esofagus, les berfungsi sebagai pintu otomatis yang terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung.

Setelah makanan tersebut masuk maka LES akan menutup, hal tersebut bertujuan untuk mencegah asam dan makanan yang ada pada lambung agar tidak naik kembali ke esofagus.

Jika LES menjadi longgar dan tidak dapat menutup dengan baik maka asam lambung dapat keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung.

Penyebab lain yang menyebabkan asam lambung yaitu :

  • Faktor keturunan
  • Stres
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Kelebihan berat badan
  • Hiatus hernia
  • Keadaan hamil
  • Gastroparesis
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak

Gejala Asam Lambung Naik

Ketika asam lambung naik maka tubuh akan merasakan beberapa gejala seperti :

  • Sensasi rasa terbakar dibagian dada
  • Nyeri ulu hati
  • Mulut/ kerongkongan tidak merasa enak
  • Kesulitan saat menelan makanan

Komplikasi Asam Lambung (GERD)

Asam lambung ini sering terjadi komplikasi esofagitis, esofagitis ini merupakan kondisi terjadinya peradangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan.

Pada kasus esofagitis dalam tingkat yang parah, penderita akan mengalami kesulitan menelan sebab adanya tukak.

Tukak ini terbentuk ketika lapisan dinding esofagus tererosi menjadi luka, pada kasus yang lebih parah asam lambung berubah menjadi kanker esofagus.

Makanan Yang Biak Untuk Penderita Asam Lambung

Melon

Buah ini mengandung pH 6.2 kandungan ini baik untuk mengatasi asam lambung, sayangnya melon sama halnya dengan pisang tidak semua orang sembuh atau mereda setelah mengkonsumsinya.

Pisang

Buah ini dapat dikonsumsi dalam keadaan masih segar, didalam pisang terdapat pH 5,6 yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung.

Namun sayangnya manfaat ini tidak dapat dirasakan oleh semua orang sebab sebagian kelompok kecil orang yang telah mengkonsumsi pisang  penyakitnya bertambah.

Semangka

Semangka merupakan tanaman yang berasal dari gurun setengah bagian selatan afrika, yang memiliki manfaat yang baik untuk mengobati asam lambung.

Oatmeal

Penderita penyakit ini memerlukan asupan serat agar dapat mengatasi masalah  penyakit asam lambungnya sendiri. Oatmeal dapat menyerap asam lambung sehingga dapat menurunkan gejala reflux.

Jahe

Rempah yang satu ini bukan hanya dapat memberikan rasa hangat pada tubuh, ternyata manfaat lainnya dapat mengurangi resiko naiknya asam lambung.

Dengan kandungan anti-inflamasi yang ada dalam jahe, dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah pencernaan dan menjadi pengobatan alami.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung penyembuh alami untuk mengobati penyakit asam lambung. Lidah buaya dapat berfungsi sebagai carian pengumpal dan pengental.

Sayuran Hijau

Jenis sayuran hijau seperti kembang kol, kentang, selada, timun, asparagus, brokoli dan buncis. Memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung.

Roti

Roti  dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung, roti memiliki kandungan gandum dan ragam makanan biji-bijian didalamnya.

Pasalnya roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh dan kesehatan lambung.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Makanan Yang Manis

Makanan manis ini dapat menggugah selera, namun jika lambung bermasalah makanan manis ini akan berbalik menjadi petaka bagi kesehatan tubuh.

Sebab dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula refinasi yang dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin yang dapat menyebabkan fluktasi gula darah.

Ketika gula darah meningkat kondisi perut dengan lambung sakit akan membuat perih pada bagian dalam perut.

Makanan Bersantan dan Makanan Mengandung Gas

Kedua jenis makanan ini tidak baik untuk di konsumsi penderita asam lambung. Sebab jika anda mengkonsumsinya dapat membuat asam lambung menjadi cepat naik.

Contoh makanan yang mengandung gas tinggi yaitu sayur sawi, kembang kol dan buah nangka.

Makanan Pedas

Makanan yang memiliki rasa pedas dapat membuat iritasi pada dinding lambung, makanan yang mengandung cabai, sambal, saus cabe, saus tomat, dan makanan yang membuat anda kepedesan.

Makanan Berasa Asam

Makanan dengan rasa yang asam ini ternyata dapat memicu refluks asam dan bisa memperburuk sakit lambung.

Beberapa makanan yang memiliki rasa asam diantaranya makanan diberi cuka, asinan buah dan sayur, acar dan beberapa buah lain yang memiliki rasa asam harus kalian hindari.

Cara Alami Obati Asam Lambung

Licorice

Tanaman licorice merupakan akar Glycyrrhiza Glabra atau yang kita kenal dengan akar manis.

Licorice efektif sebagai obat asam lambung naik, licorice dapat meningkatkan lapisan mukosa dari lapisan esophagus dimana efeknya dapat menahan efek iritasi asam lambung.

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal akan kaya manfaaatnya untuk menyembuhkan dan merawat gangguan pencernaan. Lidah buaya juga membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala refluks asam , seperti asam lambung naik.

Jahe

Rempah jahe memiliki efek gastroprotektif yang mana dapat mencegah asam dan pertumbuhan bakteri helicobacter pylori.

Dimana helicobacter pylori ini merupakan bakteri yang bersarang di perut dalam kondisi asam, kehadirannya bakteri ini dapat memperparah kondisi

Teh Chamomile

Dengan mengkonsumsi secangkir the chamomile memiliki efek untuk menanangkan saluran pencernaan. Lakukan cara ini sebelum tidur agar peradangan dalam perut lebih tenang dan membantu tidur lebih nyenyak.

Hindari Kebiasaan Tidak Sehat

Kebiasaan merokok, kebiasaan berbaring setelah makan merupakan contoh beberapa hal yang dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Maka dari itu penting untuk anda hindari kebiasaan tersebut guna mencegah munculnya penyakit asam lambung. Berilah waktu jeda setidaknya selama 3 jam untuk berbaring ketika selesai makan.

Tidak Memakai Pakaian Ketat

Menghindari memakai pakaian ketat pada bagian perut merupakan salah satu cara agar lambung tidak tertekan, sehingga isi dari lambung tersebut tidak naik ke kerongkongan atau muntah.

Maka dari itu agar anda lebih aman, gunakan pakailah pakaian  yang longgar sehingga hal ini dapat mengurangi resiko tersebut.

Masa Tidur Cukup

Refluks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh anda memproduksi hormone stress akibat dari kurang tidur.

Kondisi seperti ini jangan sampai anda mengabaikannnya sebab dapat menimbulkan komplikasi, menyebabkan penyakit menjadi kronis.

Dampaknya dapat menurunkan kualitas dan angka harapan hidup jika kebiasaan ini tidak terpenuhi.

Tidur Dengan Posisi Kepala dan Dada Lebih Tinggi

Lakukan posisi tidur dengan cara meninggikan bagian atas dari pinggang sampai kepala, dengan posisi tidur seperti ini baik untuk kondisi lambung.

Marshmallow

Mungkin sebagian orang masih mengganggap kalau marshmallow itu berarti permen, ternyata itu anggapan yang salah lo sob. Marshmallow ini aslinya merupakan tanaman yang banyak digunakan sebagai pengobatan alami.

Bagian daun dan akar marshmallow dapat digunakan untuk mengobati sakit maag, diare, konstipasi, nyeri pembengkakan selaput lendir dan peradangan pada lapisan lambung.

Tanaman ini mengandung bahan kimia yang dapat meredakan batuk dan membantu menyembuhkan luka, dengan cara mengurangi peradangan dan melawan mikroba tertentu

Menghindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Dengan cara menjaga makanan yang anda konsumsi di setiapharinya dapat mengurangi resiko asam lambung naik. Salah satu makanan yang tidak baik adalah makanan yang mengandung banyak lemak.

Makanan berlemak ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak dan beresiko naik ke kerongkongan.

Demikian beberapa cara alami yang bisa anda lakukan di rumah, intinya kesehatan ataupun penyakit bisa berawal dari kesalahan diri kita sendiri.

Maka dari itu ayo di tahun yang 2019 ini kita lebih menjaga kesehatan sebab menjaga lebih baik dari pada mengobati.

Sekian semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-teman anda agar artikel ini dapat memeberikan manfat ke orang banyak.

Sumber :

    https://www.alodokter.com/penyakit-asam-lambung

    https://kumparan.com/1hourmusic/9-makanan-yang-bisa-mengobati-asam-lambung

    https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/obat-asam-lambung-alami-herbal/

    Baca Artikel Terkait Lainnya:

    Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

    Konsultasikan Disini!!
    error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P