Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Migrain

Hallo sahabat Konsul semuanya! Di antara kalian ada yang sering mengalami migrain? Atau rentan kena migrain? Kalau kamu sering mengalaminya, sebaiknya segera perbaiki pola makanmu.

Untuk meminimalisir risiko terkena migrain, ada beberapa Anjuran dan Pantangan Makanan untuk Penderita Migrain.

Apa saja? Coba cek berbagai menu berikut ini…

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Migrain

Migrain adalah gangguan umum yang ditandai dengan sakit kepala berulang yang berdenyut yang dapat bertahan hingga tiga hari.

Beberapa gejala membedakan migrain dari sakit kepala normal. Mereka biasanya hanya melibatkan satu sisi kepala dan disertai dengan tanda-tanda lain.

Ini termasuk mual dan hipersensitif terhadap cahaya, suara dan bau. Beberapa orang juga mengalami gangguan penglihatan, yang dikenal sebagai aura, sebelum terkena migrain.

Setelah migrain Anda mulai, Anda mungkin sangat sensitif terhadap suara atau cahaya. Anda mungkin merasa mual dan muntah.

Rasa sakit ini dan gejala yang menyertainya dapat berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari.

Penyebab migrain yang mendasarinya tidak diketahui, tetapi hormon, stres, dan faktor makanan dapat berperan.

Sekitar 27-30% dari mereka yang menderita migrain percaya bahwa makanan tertentu memicu migrain mereka.

Mengapa makanan menyebabkan migrain?

Mengingat bahwa bukti biasanya didasarkan pada akun pribadi, peran pemicu diet paling kontroversial.

Namun, penelitian menunjukkan beberapa orang dengan migrain mungkin rentan terhadap makanan tertentu.

Ada beberapa makanan dapat memicu migrain, dan makanan lain dapat membantu melindungi Anda dari atau menyembuhkan serangan migrain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambahkan makanan tertentu yang membantu migrain dapat membangun pertahanan Anda.

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang dianjurkan dan yang harus dihindari oleh penderita migrain.

Anjuran Makanan Penderita Migrain

Mempertahankan diet Anda adalah salah satu pertahanan terbaik melawan migrain. Anda harus bekerja untuk memasukan makanan pencegahan ke dalam makanan Anda dan membatasi makanan yang memicu migrain.

Salmon

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Migrain

Salmon adalah salah satu makanan terbaik yang membantu migrain karena beberapa alasan.

  1. Salmon kaya akan asam lemak omega 3.

Omega 3 telah dikreditkan dengan sejumlah manfaat kesehatan termasuk mengurangi risiko kanker, mengurangi perandangan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan arteri Anda.

Salmon juga memiliki profil asam lemak omega 3,6,9 seimbang, menjadikannya makanan antiinflamasi yang sangat baik.

  1. Salmon mengandung mineral yang membantu memerangi peradangan.

Salmon bahkan mengandung vitamin B dalam jumlah tinggi, termasuk Riboflavin, yang telah terbukti secara klinis sebagai alat yang berguna untuk mengelola serangan migrain yang sering terjadi.

Dark Chocolate

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Migrain

Cokelat mengandung sejumlah besar magnesium. Magnesium adalah salah satu mineral yang paling umum digunakan untuk menajemen migrain, dan untuk alasan yang baik.

Magnesium ditemukan disemua jaringan tubuh Anda, termasuk otak. Dan salah satu sumber magnesium terkaya adalah cokelat hitam dengan setidaknya 70% kakao.

Buah ara

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Migrain

Kalium, dalam kombinasi dengan elektrolit lain, membantu tubuh Anda melawan peradangan. Elektrolit juga penting untuk memerangi dehidrasi, yang sangat berisiko bagi penderita migrain.

Buah ara sangat tinggi potasium yang dapat ditambahkan ke dalam diet Anda, dan dapat membantu memastikan Anda mendapatkan cukup nutrisi penting ini.

Udang

Udang mengandung antioksidan yang disebut astaxanthin. Astaxanthin membantu tubuh melawan peradangan, yang pada gilirannya membantu tubuh Anda mengelola serangan migrain.

Udang juga kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak omega yang juga membantu melawan peradangan.

Wortel dan ubi jalar

Wortel dan ubi jalar mengandung beta-karoten dan nutrisi lainnya dengan sifat anti-inflamasi. Ubi jalar kaya vitamin C, tembaga, mangan, asam pantotenat, niasin, kalium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan fosfor.

Sawi

Sawi adalah makanan “netral”, yang berarti mereka tidak memiliki risiko yang diketahui memicu migrain. Sawi juga sangat tinggi magnesium dan nutrisi anti-inflamasi lainnya.

Kubis

Kubis adalah makanan kaya nutrisi yang aman bagi penderita migrain. Kubis kaya akan magnesium, omega-3 dan serat, yang membuatnya seperti makanan super migrain.

Biji Gandum

Biji gandum adalah makanan netral lainnya yang aman untuk orang dengan migrain. Biji gandum kaya akan karbohidrat dan protein seimbang.

Biji gandum ini pun lembut pada saluran pencernaan menjadikan salah satu makanan yang membantu migrain.

Air

Kebanyakan orang tidak minum cukup air, yang dapat menyebabkan dehidrasi ringan. Dehidrasi adalah berita buruk bagi penderita migrain, karena merupakan salah satu pemicu yang paling umum.

Dianjurkan untuk minum air yang baik adalah 8 gelas perhari. Namun, jika Anda aktif atau ingin segera pulih dari migrain, Anda mungkin perlu lebih banyak lagi.

Pantangan Makanan Penderita Migrain

Ada beberapa faktor yang dapat memicu migrain, termasuk apa yang kita makan dan minum. Dan inilah beberapa pemicu umum yang dapat menyebabkan atau berkontribusi migrain pada beberapa orang.

  • Kafein

Terlalu banyak kafein atau tidak cukup kafein dapat menyebabkan migrain. Tetapi menurut Amerika Migraine Foundation, kafein sebenarnya dapat membantu menghentikan migrain yang datang.

Itu juga dapat menawarkan bantuan sakit kepala dengan penggunaan sesekali. Makanan yang mengandung kafein yaitu teh, kopi, dan cokelat.

  • Pemanis buatan

Banyak makanan olahan mengandung pemanis buatan. Mereka digunakan sebagai alternatif gula bagi mereka yang menderita diabetes. Tapi, pemanis ini bisa menyebabkan migrain.

  • Alkohol

Alkohol adalah salah satu produk yang lebih umum dianggap memicu migrain. Anggur merah dan bir dianggap sebagai pemicu bagi sekitar 25% orang yang mengalami migrain reguler.

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang merupakan kontributor signifikan dalam mengembangkan sakit kepala.

  • Cokelat

Menurut American Migraine Foundation, cokelat sebagai pemicu paling umum kedua untuk migrain setelah alkohol. Ini mempengaruhi sekitar 22% orang yang mengalami migrain.

  • Makanan yang mengandung MSG

Monosodium glutamat (MSG) adalah asam glutamat yang secara alami ada dalam tubuh kita. Ini dianggap aman untuk dimakan, tetapi beberapa penelitian menghubungkannya dengan migrain.

Ini dapat memicu migrain parah pada 10 hingga 15 persen dari mereka yang mengalami migrain. Pengawet lain juga dapat memicu migrain pada beberapa orang.

  • Daging yang diawetkan

Daging yang diawetkan termasuk daging deli, ham, hotdog, dan sosis, semuanya mengandung bahan pengawet yang disebut nitrat, yang menjaga warna dan rasa.

Makanan-makanan ini dapat melepaskan oksida nitrat ke dalam darah, yang diperkirakan melebarkan pembuluh darah di otak. Ada bukti bahwa oksida nitrat dapat menyebabkan atau berkontribusi pada migrain.

  • Keju tua

Keju yang sudah tua mengandung tyramine. Itu terbentuk ketika penuaan makanan menyebabkan pemecahan protein.

Semakin panjang keju, semakin tinggi kandungan tyramine. Tyramine terkait dengan migrain. Keju umum yang mengandung tyramine tinggi meliputi feta, keju biru, dan parmesan.

  • Makanan acar dan fermentasi

Seperti hal nya keju tua, makanan yang diasinkan dan difermentasikan dapat mengandung tyramine dalam jumlah tinggi. Makanan-makanan ini termasuk acar, kimchi, kombucha, acar okta, acar jalapenos.

  • Makanan beku

Mengonsumsi makanan beku dan minuman seperti es krim atau slushies dapat memicu rasa sakit yang menusuk di kepala.

Anda kemungkinan besar akan mengalami sakit kepala yang menjadi migrain jika Anda makan makanan dingin dengan cepat, setelah berolahraga atau ketika kepanasan.

  • Makanan asin

Makanan asin, terutama makanan olahan asin yang mungkin mengandung bahan pengawet berbahaya dapat memicu migrain pada beberapa orang.

Mengonsumsi sodium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan sakit kepala atau migrain.

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan dan harus dihindari oleh penderita migrain.

Selama waktu ini, Anda boleh mengonsumsi makanan atau minuman dari daftar “aman” dan menghindari makanan yang dianggap sebagai pemicu umum.

Sumber

    https://migraineagain.com/10-foods-that-help-migraine/

    https://www.healthline.com/nutrition/migraine-diet

    https://www.healthline.com/health/foods-that-trigger-migraines

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P