Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Hello good people!! Bertemu kembali dengan kami tim KonsulGratis.Com. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar apa saja Anjuran dan Pantangan Makanan bagi Penderita Kelenjar Tiroid.

Untuk Anda yang ingin hidup sehat dan sembuh dari kondisi yang satu ini, untuk itu simak baik-baik yah artikelnya 😉

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Tiroid adalah kelenjar kecil yang berbentuk kupu-kupu di pangkal leher. Kelenjar tiroid Anda mungkin kecil, tetapi itu adalah organ penting yang memiliki pengaruh besar pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tiroid bertugas untuk memompa hormon yang mengontrol pertumbuhan dan perkembangan, sementara juga mengatur segalanya mulai dari suhu tubuh dan detak jantung hingga metabolisme dan siklus menstruasi.

Ada dua masalah kesehatan tiroid utama yaitu :

  1. Hipotiroidisme adalah tiroid yang kurang aktif. Kurang aktif berarti kelenjar tiroid gagal menghasilkan cukup hormon tiroid yang dapat memperlambat metabolisme.

Tiroid yang lambat atau rusak dapat menyebabkan gejala seperti kenaikan berat badan, depresi dan kulit kering. Itu juga dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi dan tingkat energi untuk jatuh.

  1. Hipertirodisme adalah tiroid yang terlalu aktif. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat berkontribusi pada masalah serius termasuk kecemasan, kemurungan dan hiperaktif.

Melakukan diet adalah salah satu cara paling efektif untuk mengoptimalkan kesehatan tiroid dan menyeimbangkan hormon Anda.

Tiroid Anda membutuhkan nutrisi khusus untuk melakukan tugasnya dengan benar. Jadi jika Anda mengonsumsi makanan yang tepat, pada dasarnya Anda akan memberinya bahan bakar untuk meningkatkan produksi hormon.

Tetapi selain itu juga ada beberapa makanan yang mungkin harus Anda hindari untuk melindungi tiroid Anda. Dan, inilah Anjuran dan Pantangan Makanan bagi Penderita Kelenjar Tiroid.

Anjuran Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan tiroid.

Kacang Brasil

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Kacang-kacangan brasil yang kaya gizi penuh dengan selenium, mineral penting yang membantu mengaktifkan hormon tiroid dan secara bersamaan melawan stres oksidatif dan meredakan peradangan.

Yogurt

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Selain menyuplai banyak protein, kalsium, dan vitamin B, yogurt menduduki peringkat sebagai salah satu makanan paling kaya yodium yang tersedia.

Yodium sangat penting ketika datang ke produksi hormon tiroid. Dan karena itu juga merupakan makanan super probiotik, yang juga bermanfaat untuk usus Anda.

Hal ini penting, karena banyak masalah tiroid disebabkan oleh penyakit autoimun, dan penyembuhan sistem kekebalan Anda adalah semua tentang penyembuhan usus Anda.

Rumput laut

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Menjadikan rumput laut sebagai bagian rutin dari diet Anda dapat memiliki dampak yang kuat untuk kesehatan tiroid. Sayuran laut ini kaya akan banyak mineral yang penting untuk produksi hormon tiroid.

Selain kalium, vitamin K dan magnesium dalam rumput laut juga mengandung yodium untuk membantu mendukung kesehatan tiroid dan poduksi hormon.

Telur

Telur juga mengandung campuran nutrisi untuk mendukung tiroid, termasuk selenium, seng, yodium, vitamin D, dan zat besi.

Buah dan sayuran yang kaya antioksidan

Blueberry, tomat, paprika dan makanan lain yang kaya antioksidan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan bermanfaat bagi kelenjar tiroid. Makanan yang mengandung vitamin B, seperti biji-bijian juga dapat membantu.

Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Makanan yang harus Anda hindari untuk kesehatan tiroid.

  • Gluten

Sebagai protein utama dalam biji-bijian (gandum, barley, dan rye) gluten ditemukan berlimpah pada makanan barat.

Umumnya, mengonsumsi gluten tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang, tetapi hal ini dapat mengganggu penyerapan nutrisi dan memicu peradangan di usus bagi mereka dengan penyakit celiac.

Untuk itu, bagi sebagian orang perlu menghindari gluten sepenuhnya untuk mempertahankan fungsi tiroid.

  • Sayuran Cruciferous mentah

Makanan seperti brokoli, kale, bayam, dan kubis sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Namun, jika sayuran cruciferous itu masih mentah dapat melepaskan goitrogens, yaitu zat yang merusak kelenjar tiroid dan meningkatkan kebutuhan akan yodium.

Untuk hasil yang terbaik, jaga asupan makanan ini dalam jumlah yang sedang dan dimasak terlebih dahulu untuk menuai manfaat gizi sambil tetap mendukung kesehatan tiroid.

  • Kedelai

Makanan kedelai seperti tahu, edamame, dan kedelai yang mengandung isoflavon, merupakan senyawa yang bertindak sebagai goitrogens dalam tubuh Anda dan menghambat produksi hormon tiroid.

Hindari produk kedelai dan pilih makanan yang difermentasikan untuk meminimalkan konsentrasi senyawa goitrogenik dalam diet Anda.

  • Teh Hijau

Dalam kadar sedang, teh hijau bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat dan menyeluruh.

Namun, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau yang dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi dapat benar-benar mengubah fungsi tiroid dan membuang kadar hormon keluar dari kerusakan.

Oleh karena itu, jika Anda sedang menderita kelenjar tiroid dan ingin segera sembuh. Maka mulai sekarang ubah pola makanmu, dengan mengikuti tips-tips dari kami.

Itulah beberapa Anjuran dan Pantangan Makanan bagi Penderita Kelenjar Tiroid. Semoga bermanfaat dan terimakasih 😉

Sumber

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P