Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Demam

Perubahan cuaca kerap kali membawa dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya yaitu demam. Tak hanya obat dan istirahat saja yang Anda butuhkan.

Namun, Anda juga memerlukan makanan sehat yang akan membantu dalam proses penyembuhan. Tapi, ada juga lho makanan yang justru akan memperparah demam, apa saja ya?

Penasaran? Untuk itu, yuk kita simak artikel mengenai Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Demam berikut ini.

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Demam

Demam adalah ketika suhu tubuh manusia naik di atas kisaran normal 36-37 C (98-199 F). Istilah lain untuk demam termasuk pireksia dan hipertermia terkontrol.

Saat suhu tubuh naik, orang tersebut mungkin merasa dingin sampai naik dan berhenti naik. Suhu tubuh normal orang dapat bervariasi dan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti makan, olahraga, tidur dan jam berapa hari itu.

Faktor yang mempengaruhi demam salah satunya ialah makanan. Anda mungkin tidak memiliki nafsu makan saat Anda demam.

Namun, penting untuk memasukkan sesuatu ke mulut Anda agar tubuh Anda diberi energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk memenangkan perang yang terjadi di tubuh Anda.

Tubuh manusia cenderung membakar lebih banyak kalori saat kita demam, yang berarti, jika kita tidak makan dengan baik ketika demam, tubuh kita akan kekurangan energi dan membuat kita merasa lemah.

Penting untuk mengkonsumsi makanan padat nutrisi ketika kita mengalami demam, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan membantu kita melawan penyakit.

Namun, penting juga untuk menghindari makanan tertentu dalam diet kita, karena dapat memperburuk kondisi dan menunda pemulihan.

Anjuran Makanan Penderita Demam

Ketika Anda demam, Anda harus memastikan bahwa Anda hanya memasukkan makanan yang ramah lambung ke mulut Anda, serta makanan yang kaya nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh Anda.

Jadi, inilah beberapa makanan yang harus Anda konsumsi jika Anda ingin merasa baik selama demam dan juga bangkit lebih cepat dari itu :

Sup ayam

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Demam

Ada beberapa alasan mengapa semangkuk sup ayam panas baik untuk Anda ketika Anda demam.

  1. Sup ayam dapat meningkatkan asupan cairan Anda secara keseluruhan, membantu menurunkan suhu tubuh Anda serta membuang racun.
  2. Sup ayam menyediakan protein bagi tubuh yang Anda butuhkan untuk penyembuhan yang dipercepat.

Unggas dan ikan

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Demam

Ketika Anda mengalami demam, tubuh Anda membutuhkan semua protein yang bisa dipulihkan dari tingkat yang jauh lebih cepat.

Beberapa sumber protein terbaik adalah unggas dan ikan, tetapi pastikan bahwa mereka dimasak terlebih dahulu untuk memudahkan pencernaan.

Ikan, khususnya yang berminyak, kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sayuran

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Demam

Tidak ada yang bisa memberi tubuh Anda nutrisi yang sangat dibutuhkan selain sayuran. Tetapi, sebelum mengonsumsinya, sebaiknya dimasak terlebih dahulu agar lebih mudah dicerna oleh perut Anda yang melemah.

Jika tidak, Anda hanya akan berakhir dengan sakit perut, ditambah tubuh Anda mungkin gagal menyerap vitamin dan mineral dalam sayuran sepenuhnya.

Buah-buahan

Sebagian besar buah-buahan mengandung vitamin C, yang merupakan sesuatu yang Anda butuhkan untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Banyak buah di atas daftar makanan terbaik untuk demam, termasuk jeruk, stroberi, semangka, nanas, kiwi, pisang dan blewah.

Yogurt Yunani

Dokter merekomendasikan konsumsi yogurt Yunani untuk siapa saja yang mengalami demam karena menyediakan tubuh dengan bakteri baik yang membantu memerangi mikroba penyerang yang menyebabkan infeksi.

Yoghurt Yunani juga merupakan sumber protein yang sangat baik yang membantu tubuh Anda sembuh secepat mungkin.

Air Kelapa

Air kelapa adalah hidrator tubuh yang sangat penting bagi siapa saja yang demam agar tetap terhidrasi.

Terutama jika Anda menderita diare ringan juga, asupan air kelapa dapat membantu menggantikan cairan vital dan elektrolit yang hilang.

Pantangan Makanan Penderita Demam

Saat demam, Anda dilarang makan makanan yang sulit dicerna karena sistem pencernaan Anda tidak dalam kondisi baik. Juga, Anda harus menahan diri dari makanan yang tidak mengandung vitamin dan mineral.

Jadi, berikut ini adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari :

  • Produk makanan yang sulit dicerna

Disarankan untuk menghindari daging merah, ikan, dan produk daging lainnya dalam diet selama demam, karena produk ini sulit dicerna.

Tubuh membutuhkan energi untuk melawan infeksi yang mendasarinya, dan untuk itu tidak disarankan makan makanan yang membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna.

  • Makanan berlemak

Makanan berlemak seperti junk food, gorengan, makanan berminyak yang tinggi kolesterol harus dihindari.

Ini karena, produk-produk ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan berasimilasi menciptakan ketidakseimbangan keseluruhan dalam tubuh.

Makanan dingin seperti es krim, permen es, dan minuman dingin harus benar-benar dihindari karena dapat memperburuk infeksi.

  • Alkohol

Batasi asupan alkohol dan juga menghindari merokok saat mengalami demam karena alkohol dan nikotin dapat mengganggu mekanisme penyembuhan alami tubuh.

Alkohol juga dapat bereaksi dengan obat lain yang mungkin dikonsumsi pasien, dan dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

  • Produk susu

Hal yang paling baik adalah menghindari produk susu (terutama produk susu yang tidak dipasteurisasi) ketika tubuh memiliki suhu tinggi.

  • Minuman

Minuman berkarbonasi, minuman bersoda, dan soda harus dihindari. Produk kafein seperti kopi dan teh harus dibatasi karena dapat mengganggu pola tidur, yang sangat penting untuk memberikan istirahat pada tubuh.

  • Makanan kaya serat

Makanan yang mengandung serat dapat mengganggu pencernaan dan menambah tekanan ekstra pada sistem pencernaan.

Makanan kaya serat meliputi oatmeal, roti gandum, sereal gandum utuh, sayuran mentah, dan lain-lain.

  • Makanan pedas

Makanan pedas dan makanan panas dapat menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan dan harus dibatasi saat mengalami demam.

Namun, beberapa orang percaya makanan pedas dapat memicu keringat dan membantu mengurangi suhu tinggi.

  • Makanan olahan

Makanan olahan seperti mie harus diminimalkan karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat menambah stres pada sistem pencernaan.

  • Hindari makanan yang terkontaminasi

Karena tubuh sudah berjuang melawan infeksi yang mendasarinya, kemungkinan tertular infeksi baru harus diminimalkan.

Penting untuk mencuci buah dan sayuran sebelum dimasak. Hindari asupan makanan mentah atau kurang matang. Air minum dari sumber yang dipertanyakan tidak boleh dikonsumsi.

Buah-buahan harus dicuci dalam air garam dan harus dibersihkan sebelum dimakan untuk membatasi asupan kuman dan pestisida yang disemprotkan padanya.

Selain menjaga pola makan, Anda juga harus menjaga pola hidup yang sehat. Seperti, mencuci tangan sebelum memasak atau sebelum makan.

Nah itu dia beberapa makanan yang baik dan buruk untuk demam. Apabila Anda mempunyai pendapat yang berbeda, silahkan tulis dikolom komentar dibawah ya….

Terimakasih, semoga bermanfaat 😉

Sumber

    https://www.geelongmedicalgroup.com.au/2018/02/foods-to-eat-when-you-have-a-fever

    https://www.epainassist.com/diet-and-nutrition/what-not-to-eat-when-you-have-a-fever

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P