5 Mitos tentang Persalinan (Melahirkan)

Hallo guys ! Berjumpa lagi dengan kami KonsulGratis.Com yang selalu memberikan informasi-informasi terupdate, menarik, dan tentunya sangat bermafaat bagi Anda semuanya 😉

Kali ini saya akan membahas seputar kehamilan yang tentunya sangat cocok untuk kamu para wanita! Terutama untuk bumil yang baru pertama kali berpengalaman.

Pembahasan kali ini mengenai 5 Mitos tentang Persalinan (Melahirkan). Mitos ini masih sering dipercaya oleh sebagian masyarakat tentunya ibu hamil. Apa sajakah itu? Langsung saja, lets go…

5 Mitos tentang Persalinan (Melahirkan)

Melahirkan merupakan salah satu hal yang selalu ditunggu-tunggu oleh hampir semua wanita, tapi sekaligus juga merupakan yang sangat mendebarkan.

Apalagi bagi wanita yang baru kali ini akan melahirkan anak pertamanya. Mereka seringkali mendengar cukup banyak hal mengenai proses melahirkan.

Beberapa hal yang cukup sering terdengar bisa jadi merupakan sebuah fakta ataupun hanya sebuah mitos yang selalu dipercaya oleh kebanyakan orang.

Walaupun ilmu pengetahuan telah berkembang cepat, masih banyak pula mitos persalinan yang tersebar di masyarakat. Hal ini sering membuat pada ibu hamil jadi takut menghadapi persalinan.

Berikut ini merupakan beberapa mitos yang salah tentang proses melahirkan yang hingga saat ini masih dipercaya oleh kebanyakan orang.

5 Mitos tentang Persalinan (Melahirkan)

  1. Air ketuban pecah pertanda akan segera melahirkan

Akan sangat baik apabila mitos yang satu ini benar adanya. Karena pada saat air ketuban pecah, maka artinya bayi sudah dapat dipastikan akan lahir.

Tapi buktinya, ketuban yang pecah tak selalu mengisyaratkan bahwa Anda akan bersalin pada waktu dekat.

Dokter kandungan Laura Dean, M.D., dari Stillwater Medical Group di Minnesota, mengungkapkan bahwa kurang lebih 85% wanita tepat bersalin dalam waktu 24 jam selepas ketubannya pecah.

Tetapi, 15% wanita lainnya membutuhkan waktu 4 – 5 hari menjelang saat melahirkan.

  1. Pemberian induksi dapat memacu persalinan

Pemasangan induksi ternyata tak selalu mempercepat proses persalinan. Lantaran, setiap wanita mempunyai respon yang berbeda-beda terhadap induksi.

Wanita hamil yang sudah pernah mengalami pelebaran serta penipisan serviks akan cenderung lebih baik ketika merespon induksi, sehingga proses melahirkan jadi lebih mudah dan cepat.

Di sisi lain, beberapa wanita lainnya malah mengalami waktu melahirkan yang lebih lama dan lebih sakit sebab tubuhnya belum siap untuk melahirkan.

  1. Melahirkan selalu menyakitkan

Selama ini wanita selalu percaya dengan Mitos persalinan yang satu ini karena mitos ini yang paling banyak ditakutkan oleh para ibu hamil.

Sedangkan buktinya, tidak semua proses persalinan itu menyakitkan, lho. Setiap wanita memiliki batasan toleransi sakit yang berbeda-beda.

Semakin banyak penyambutan respons Anda saat melahirkan, lalu semakin mudah pula Anda menanggung rasa sakit saat melahirkan.

Saat ini pasien juga bisa memakai epidural yang mengurangi rasa sakit pada saat proses melahirkan.

Selain itu, saat ini ada juga beberapa proses persalinan paling baru yaitu water-birth yang diklaim dapat mengurangi rasa sakit ketika melahirkan.

  1. Memiliki panggul besar bisa mempercepat persalinan

Mitos kelahiran yang satu ini masih banyak dipercaya oleh sebagian ibu hamil. Sedangkan, wanita dengan panggul yang besar tak menjamin akan melewati persalinan yang mudah.

Walaupun dari luar nampak besar, tapi tidak sedikit wanita yang nyatanya mempunyai panggul yang kecil. Akhirnya, proses persalinan menjadi lebih lama dan sulit.

  1. Persalinan anak kedua lebih mudah

Memang, persalinan kedua, ketiga, dan selanjutnya biasanya berlangsung lebih cepat. Ini lantaran keadaan serviks, otot dasar panggul, dan jalan lahir sudah ‘terbuka’ dengan proses melahirkan anak pertama.

Biar semacam itu, ini bukan berarti kelahiran anak yang kedua juga tidak akan sengilu persalinan pertama.

Rasa sakit telah menjadi situasi yang normal saat bersalin, tetapi seenggaknya rasa sakit pada persalinan anak kedua cenderung tidak akan bertahan lama.

Itulah beberapa mitos yang berkaitan dengan persalinan (melahirkan). Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat Mom’s 😉 Jangan lupa share ok ?!

Sumber

    https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/mitos-persalinan-dan-faktanya/

    https://www.kehamilanku.web.id/2014/03/5-mitos-tentang-persalinan-melahirkan.html

Baca Artikel Terkait Lainnya:

Jika Ada Pertanyaan, Silahkan Isi Kolom Komentar Disini yaaa ...

Konsultasikan Disini!!
error: Jangan Copas!! Mikil Sendili Dong :P